Keseringan Begini, Kampas Rem Motor Ini Menggila, Lihat Yang Terjadi!

Keseringan Begini, Kampas Rem Motor Ini Menggila, Lihat Yang Terjadi – Rem motor merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan bagi para pengendara transportasi beroda dua. Dimana fungsinya akan sangat berpengaruh pada kenyamanan kendaraan saat dikendarai dan keselamatan Anda  saat mengendarai motor. Bila fungsinya terganggu dan mengalami kendala, maka ancaman bahaya pasti menghantui Anda !

kampas rem motor

Sudah pasti Anda  tidak ingin hal yang tidak diinginkan itu terjadi pada diri Anda  bukan? Maka dari itulah, Anda  perlu melakukan pengecekan motor secara rutin, agar setiap permasalahan yang mungkin saja terjadi bisa segera diatasi dengan cepat. Namun bagaimana jadinya jika Anda  telah melakukan pengecekan secara rutin, dan telah merasa melakukan dengan baik namun masih ada permasalahan kecil lainnya yang menjadi kendala bagi Anda ?

Baca Juga: Jangan ketinggalan Motor Sport Eksotis Ini, Suzuki RGR Dijamin Bikin Nangis!

Tapi, permasalah kecil apakah itu?

Pernahkah Anda  melakukan pengecekan untuk memastikan ketersediaan kampas rem  pada kendaraan motor? Yang rasanya baru saja Anda  lakukan, namun Anda  lakukan kembali karena telah habis. Tidak bisa dipungkiri hal yang satu inipun sering menjadi permasalahan yang dikeluhkan oleh pengendara motor, dimana diantaranya selalu mengeluhkan karena waktu pemakaiannya yang dirasa terlalu cepat habis, padahal pemakainya masih sewajarnya saja seperti aktivitas yang dilakukan biasanya.

Satu hal yang harus Anda  ketahui dari permasalahan ini adalah, faktor yang dapat mempengaruhi batas waktu habisnya kampas rem tersebut itu sebenarnya bukan hal soal pemakainya saja, tetapi juga dari jenis tingkatkan dari material yang dipakai, yang seharusnya untuk motor yang ada dipasaran Indonesia menggunakan jenis yang lembut.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Hal ini diperkuat dengan penyataan yang diungkapkan oleh pemilik dari BRT atau Bintang Rancing Team yaitu Tommy Huang “ Buat motor yang ada di Indonesia, biasanya kampas remnya berjenis soft“ ujarnya. Yang kembali disambung dengan pernyataan tambahan seperti ini “ Artinya karakteristik pengereman jadi enggak terlalu pakem. Sesuai dengan kemampuan dan karakteristik orang Indonesia “.

Namun apabila Anda  telah merasa menggunakan jenis yang tepat dan sesuai dengan apa yang dikatakan oleh ahlinya tadi, maka mungkin hal ini yang terjadi pada motor Anda  yang menjadi penyebab borosnya kampas rem motor Anda . Yaitu karena bahan dasar yang digunakan motor Anda  pada bagian kapas remnya, bukan tersurat dari material asbes. Coba sekarang Anda  cek.

Sebab menurut seorang kepala bengkel di Citayam Kota Depok, yang bernama Iwan Kuswanto, memang penyebab borosnya kampas rem pada motor Indonesia ini karena bahannya yang sudah tidak lagi terbuat dari asbes, karena memang bahan tersebut sudah dilarang penggunaannya.

Pelarangan ini bukan tanpa sebab dilakukan, karena memang bahan asbes dapat memberikan efek yang berbahaya saat dilakukan pengereman yang akan berdampak pada kesehatan seseorang. Itulah hal yang mendasari pelarangan penggunaan asbes, sebagai  material rem. Dapat diakui asbes adalah bahan terbaik untuk digunakan pada rem, namun apabila pemakainya justru lebih merugikan dan membahayakan apalah gunanya.

Maka dari itulah, para produsen mencari bahan selain asbes, yang pada dasarnya memiliki fungsi dan ketahanan layaknya penggunaan bahan rem dari  material asbes tersebut. Meskipun  memang bahan lain yang bukan dari asbes tersebut memiliki kekuatan cengkram yang baik dan lebih awet dalam penggunaan teramolnya, tetapi memang material asbes lebih unggul dan lebih kuat karena tidak mudah terkikis kampas pada rem motor.

Keseringan Begini, Kampas Rem Motor Ini Menggila, Lihat Yang Terjadi! | Sinta Rizki Fadila | 4.5