Cara Membersihkan Karburator Motor yang Benar

Cara Membersihkan Karburator Motor yang Benar – Seperti yang telah diketahui, bahwa karburator motor adalah salah satu bagina penting untuk sebuah kendaraan. Karena komponen yang satu ini merupakan asupan dari bahan bakar dan juga angin yang dicampur menjadi 1 agar menghasilkan proses pembakaran yang lebih baik. Maka dari itulah, jika Anda sering mendengar ada orang yang mengeluh karena pemakaian bahan bakar motornya boros, itu bisa saja terjadi karena karburatornya bermasalah dan tidak stabil atau rusak.

karburator motor

Akibatnya, hal ini bisa membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros. Maka dari itulah, kali ini akan kami berikan sedikit tips khusus agar karburator motor Anda menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Yaitu dengan cara membersihkannya dengan benar, seperti yang ada di bawah ini:

Siapkan Peralatan Khusus untuk Membongkar Karburator

Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Yaitu, obeng minus dan obeng plus, kunci 12, kunci 10, dan kunci 14. Setelah itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan tang, dan juga karburator cleaner. Karburator cleaner ini nanti berguna sekali untuk menyemprotkan bagian lubang yang telah tersumbat oleh kotoran. Dengan menggunakan alat inilah akan membuat semua kotoran yang ada di setiap sudut karburator bisa dibersihkan. Sehingga, kotoran yang mampet pada lubangnya bisa hilang, dan lebih bersih. Otomatis dengan cara inilah akan membuat asupan bahan bakarnya menjadi lebih sempurna dan lebih irit.

Bukalah Filter dan Rumah Filter Udaranya!



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk membukanya, Anda butuh kunci 12 dan kunci 10. Sehingga, Anda bisa melepas mur dan baut yang terdapat di rumah filter. Agar dapat mengendurkan bautnya, maka berhati-hatilah. Karena bisa berdampak buruk. Misalnya saja, baut bisa patah dan slek. Tentu saja ini bisa menjadi masalah baru bila bautnya sampai patah dan slek. Sehingga, hal ini bisa membuatnya makin sulit untuk dilepaskan.

Bukalah Baut Drainnya

Agar dapat membuka bagian ini, Anda butuh kunci pas atau shock yang berukuran sebesar 14 mm. Dengan menggunakan kunci inilah akan mempermudah Anda dalam membuka baut drainnya. Baut drain itu sendiri adalah sebuah baut penutup suplayer yang letaknya dibagian dalam karburator. Bila sudah, semprot suplayer dan juga baut setelan anginnya menggunakan carburator clener. Bila sudah disemprot sampai bersih sampai tidak ada kotoran lagi, barulah pasang baut itu lagi dan nyalakan mesinnya.

Atur Setelan Angin Karburator!

Bila baut karburatornya sudah dipasang, maka selanjutnya aturlah setelan angin yang telah masuk ke dalam karburator. Agar dapat mengaturnya, maka putar sebanyak 1.5 putaran. Setelah itu, bekap menggunakan telapak tangan sampai beberapa kali. Sehingga, semua kotoran yang tersisa dalam karburator bisa segera dibersihkan.

Semprot Karburator Menggunakan Carburator Cleaner sampai Bersih

Semprotlah karburator motor dengan menggunakan kaburasi cleaner. Sehingga, putaran mesinnya menjadi turun dan akan mati. Bila sudah berada dalam kondisi ini, sebaiknya naikkan putaran mesinnya. Caranya, bukalah skep gas. Bila mesin mati, maka segera nyalakan lagi sampai berulang kali. Sehingga, Anda bisa mengaturnya dengan tepat dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Aturlah Angin Lagi!

Cara terbaik untuk membersihkan bagian carburator motor adalah dengan cara menyetel anginnya lagi. Bila karburasinya sudah bersih, maka tutuplah bautnya sampai putaran mesinnya mau mati atau turun. Bila sudah, putar agar dapat membukanya. Setidaknya sebanyak 1.5 putaran. Lakukan sampai mendapat pengaturan yang terbaik dan stabil. Jadi, matikan mesinnya ketika putaran mesin yang paling tinggi sudah stabil.

Cara Membersihkan Karburator Motor yang Benar | Sinta Rizki Fadila | 4.5