Faktor Penyebab Karburator Motor Sulit Dinyalakan

Faktor Penyebab Karburator Motor Sulit Dinyalakan – Ada saatnya motor tiba-tiba saja sulit dinyalakan meskipun sudah memakai bantuan dari kick starter. Hal ini sering terjadi pada motor yang berusia sudah tua tahunnya atau untuk motor yang masih memakai karburator. Bahkan ternyata motor yang tidak mau menyala itu bisa terjadi bukannya tanpa sebab. Ada banyak alasan kenapa motor menjadi tidak menyala meskipun dengan menggunakan cara apapun.

karburator motor

Maka dari itulah, agar Anda bisa lebih mudah untuk memahaminya, sebaiknya Anda perhatikan dengan sebaik mungkin tentang beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa karburator motor ini bisa bermasalah dan tidak dapat menyala dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa tahu bagaimanakah langkah terbaik untuk mengatasi masalah pada motor Anda dengan sebaik mungkin.

Setidaknya dengan mengetahui langkah yang paling tepat inilah yang nantinya bisa membuat Anda lebih berhemat lagi tanpa harus datang ke bengkel terdekat.

Penyebab motor tidak bisa menyala untuk motor injeksi dan motor karburator itu hampir sama. Untuk motor yang masih menggunakan karburator itu umumnya mesinnya tidak dapat dinyalakan karena masalah dari kompresi, bahan bakar, dan juga dari pengapiannya. Jadi, Anda bisa melihat dari 3 hal tersebut ketika mesin motor Anda tiba-tiba saja tidak mau menyala meskipun sudah memakai bantuan dari kick starter.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Bila masalahnya dari kelistrikan dan juga pengapiannya, maka yang membuat motor sulit dinyalakan itu terjadi karena suplai arus listrik dan arus pengapiannya tidak bagus. Semuanya itu berasal dari akinya yang kurang bagus. Sehingga, hal ini membuat dinamo starter menjdi tidak dapat bekerja dengan baik. Maka dari itulah, sebaiknya selalu ingatlah bahwa dinamo starter itu mempunyai usia pemakaian juga.

Semakin lama, maka hal ini membuat dinamonya semakin tidak dapat bekerja dengan baik. Maka dari itulah, bila dalam sistem kelistrikan dan juga pada sistem pengapiannya ini tidak ada masalah, sebaiknya lakukan pengecekan dibagian sistem bahan bakarnya dengan baik. Karena sebenarnya kotoran yang dibawa oleh bahan bakar itu bisa menyebabkan terjadinya penyempitan oleh saluran pelepasan dari bahan bakar.

Untuk karburator motor, salah satu bagian motor yang berguna sekali untuk membuat bahan bakar bisa disemprotkan dengan baik adalah pada bagian main pilot dan juga jetnya. Saat keduanya telah tersumbat oleh kotoran, hal ini membuat proses pengabutannya menjadi tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya mesin motor menjadi sulit untuk dinyalakan.

Selanjutnya, tugas Anda adalah tinggal memeriksa dibagian kompresi motornya dengan seabik mungkin. Untuk melakukan pengecekan terhadap kompresi motor itu sebenarnya sangat mudah sekali! Karena Anda tinggal menutup saja lubang busi motor memakai ibu jar Anda, setelah itu cobalah untuk starter motor menggunakan kick starter dengan baik.

Bila ternyata tekanan yang dihasilkan cukup kuat, itu artinya kompresinya tidak ada masalah. Namun, bila ternyata tidak ada kelp yang bocor, maka stelen yang tidak sesuai atau dibagian sela kepala silinder yang sedang mengalami kebocoran ini bisa membuat kompresi motor menjadi lebih berkurang.

Nah, itu tadi adalah sedikit penjelasan kenapa karburator motor tidak bisa menyala meskipun sudah menggunakan kick starter sekalipun. Dengan memahami  apa yang membuat berapa hal di atas inilah diahrapkan agar Anda bisa lebih memahami tentang beberapa hal dari apa yang bisa menyebabkan motor tidak dapat menyala dan apa yang menjadi penyebab dari semua permasalahan yang terjadi mada motor Anda.

Faktor Penyebab Karburator Motor Sulit Dinyalakan | Sinta Rizki Fadila | 4.5