Kelebihan Serta Kekurangan Velg Racing dan Jari Jari

Pada saat ini sudah banyak pengguna sepeda motor yang hobby melakukan modifikasi pada motornya terutama pada bagian velg dan pastinya semuanya mempunyai ciri khas atau gaya tersendiri serta  memiliki kelebihan & kekurangan masing masing.


Orang memilih jenis velg racing ataupun jari jari pastinya berdasarkan selera atau desain yang ditawarkan agar lebih cocok dengan motor yang dimiliki oleh para pemiliknya. Sebagai salah satu contoh saya sendiri sebagai pengguna motor vixion yang hobby modifikasi saya lebih tertarik modif motor menggunankan jenis velg racing yang lebar dengan ukuran yang belakang 4.5 inci dan velg pada bagian depan menggunakan ukuran 3.0 inci,sedangkan untuk ban yang saya suka pasang yaitu pada ban bagian belakang saya menggunakan Corsa Platinum ukuran 150/60–17  sedangkan untuk ban pada bagian depan Corsa Platinum ukuran 110/60/17.

Di pasaran negara indonesia sudah banyak sekali velg yang dijual berdasarkan 2 jenis yaitu velg racing  atau palang yang istilahnya cast wheel dan untuk jenis yang ke 2 yaitu velg jari jari atau biasa di sebut  ruji.

Pada artikel yang saya tuliskan kali ini mengenai kelebihan serta kekurangan dari kedua jenis velg tersebut Coba anda perhatikan maka anda pasti sudah tahu bahwa perbedaan velg pada gambar di bawah adalah bentuk fisiknya.

Agar anda menjadilebih tahu maka akan saya jela skan mengenai ke 2 velg tersebut.

Velg Spoke Wheel / Ruji / Jari-Jari

Untuk velg jenis velg yang satu ini biasanya digunakan oleh pabrikan untuk motor yang masih berkapasitas  mesin 110 cc dan 125 cc atau pada tahun 2009 .Jenis velg ruji atau jari jari ini mempunyai daya tahan yang cukup kuat untuk menerjang jalanan yang tidak rata atau berlubang.

Karena kemampuan velg yang cukup tinggi maka jenis velg ini banyak digunakan untuk ajang balapan road race, off road mahkan juga motocross. Untuk ajang motor cross  kebanyakan menggunakan velg jari jari yang dikarenakan medan yang dilalui kebanyakan berlumpur, bebatuan dan lain sebagainya sehingga dibutuhkan jenis velg yang kokoh serta kuat.

Ketika berkendara dan kemudian terjadi sebuah benturan yang keras dengan lubang yang besar kemungkinan besar yang akan terjadi pada velg tersebut hanya bengkok dan velgnya tidak sampai patah yang walaupun ada yang patah maka itu tergantung dari jenis bahan yang digunakan ketika memproduksikan velgnya. Walaupun bengkok tapi velg ruji masih bisa diperbaiki dengan di press ulang,. Selain terkenal kuat jenis velg jari jari ini memiliki bobot yang ringan dari velg jenis racing ,dan itulah alasan mengapa beberapa pembalap road race dan drag lebih memilih menggunakan velg jari jari. Sedangkan jika anda ingin menggunakan ban tubeless di velg jenis jari jari maka tidak bisa langsung dipasangkan melainkan anda musti memodifikasikan terlebih dahulu agar dapat dipasang.

Sebagian besar pengguna motor ada yang berpendapat bahwa jenis velg ruji kurang keren dan juga susah untuk mencucinya dikarenakan membutuhkan kesabaran ketika membersihkan setiap ruji jika ada yang terlewat pastinya bisa terjadi karat terutama pada musim hujan. Untuk velg jenis ruji ini kurang stabil jika terjadi hard breaking dan digunakan untuk zig zag/ manuver selain itu juga pada bagian bearing lebih cepat obal


Dapat disilkan bahwa kelebihan dari velg ruji yaitu:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Velg lebih ringan

Velg lebih luat

Velg dapat di beli secara terpisah seperti velg dan rujinya.

Memiliki harga yang murah

Bisa disetel ulang jika terjadi kerusakan seperti bengkok


Kekurangan Menggunakan velg Jari jari /ruji :

Kestabilan kurang maksimal

Sebagian bersar berpendapat penampilannya kurang sporty

Bering gampang rusak namun tergantung pemakaian juga

Mudah berkarat jika tidak teliti ketika membersihkannya


Velg Cast Wheel / Velg Racing

Velg Racing ini dalam bagian bearing tidak akan mudah aus sehingga lebih awet dan ditambah lagi velg racing  lebih stabil jika digunakan untuk bermanuver dan hard breaking. Velg jenis ini juga memiliki tampilan yang sporty serta lebih mudah dalam tahap perawatannya misalkan ketika mencuci velg.

Karena kestabilannya velg jenis ini banyak digunakan dalam ajang balap road race sedangkan jika anda ingin menggunakan jenis ban tubeless maka tidak perlu memodifikasikannya lagi karena sudah cocok.

Namun velg racing memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan velg jari jari. Untuk kekuatan dan daya tahan velg racing di bawah velg jari jari. 


Kseimpulan dari Kelebihan Velg Racing  / Cast Wheel

Memiliki tampilan keren dan sporty

Dapat menggunakan ban tubles tanpa memodifikasi

Memiliki kestabilan yang cukup bagus

Praktis ketika pemasangan

Lebih mudah dirawat

Bagian bearing tidak akan mudah rusak


Kekurangan Velg racing 

Harga velg tergolong lebih mahal

Bobot velg lebih berat jika dibandingkan dengan velg ruji.

Lebih rentan penyok daripada velg ruji

Tidak dapat diperbaiki

Pembelian harus secara set atau tidak bisa di beli terpisah seperti ruji dan velgnya


Lalu velg apa yang menjadi pilihan anda.?

Kelebihan Serta Kekurangan Velg Racing dan Jari Jari | iyhan | 4.5