Tolak Baca Kiprok Motor Rusak, Ini Akibatnya!

Tolak Baca Kiprok Motor Rusak, Ini Akibatnya – Pada dasarnya, sepeda motor itu selalu membutuhkan energi listrik agar dapat memberikan suplai daya dalam memenuhi kebutuhan kelistrikannya. Misalnya saja, seperti klakson, lampu, dan juga kelistrikan mesin. Tak heran bila setiap motor selalu dilengkapi pula dengan baterai. Jadi, baterai motor ini berguna sebagai penyimpan energi listrik.

kiprok motor rusak

Sedangkan salah satu komponen yang harus ada dalam motor adalah altenator. Bagian komponen ini berguna sekali untuk mengubah sebagian dari energi putar mesin menjadi energi listrik. Barulah setelah itu, energi listrik tersebut disimpan ke dalam baterai. Namun, satu hal yang harus Anda perhatikan adalah, bahwa altenator itu umumnya dapat menghasilkan arus yang sesuai dengan putaran mesin motor.

Baca Juga: Motor Yamaha Ini Keren atau Ngeri? Yang Gak Kuat Jangan Baca!

Itu artinya, ketika putaran mesin motor sedang rendah, maka hal ini juga akan membuat tegangan altenator menajdi rendah juga. Sementara itu, bila jumlah RPM nya semakin tinggi, otomatis hal ini bisa membuat tegangan yang dapat dihasilkannya menjadi semakin lebih tinggi juga. Tentu saja hal ini bisa berdampak buruk bagi kelistrikan motor. Maka dari itulah, ada komponen bantuan tambahan, yaitu regulator motor atau disebut juga dengan kiprok motor.

Kiprok motor ini berguna untuk mengontrol tegangan listrik yang berasal dari altenator supaya lebih stabil sekalipun putaran mesin sedang tinggi. Namun, bila kiprok motor rusak, maka hal ini bisa berdampak buruk pada motor Anda. Misalnya saja, seperti ini:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Pertama, aki menjadi tekor. Ini adalah salah satu akibat dari kiprok motor yang sedang rusak. Saat kiprok motor dan altenator ini normal, maka tegangan baterai motor itu seharusnya bertegangan 12 volt meskipun dipakai sebentar. Teganganya juga harus stabil. Namun, ketika kiprok mulai rusak, hal ini bisa membuat aki emnajdi drop karena listrik yang ada dalam baterai terkuras habis dalam pemakaian mesin motor ini. Akibatnya, starter tidak dapat menyala, dan klakson juga menajdi sember.

Kedua, lampu dan kelistrikan body motor yang mulai redup ini juga bisa menjadi salah satu akibat dari kiprok motor rusak. Saat ini terjadi, maka hal ini akan membuat mesin motor hanya dapat dinyalakan dengan memakai kick starter saja. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan kelistrikan mesin masih dapat disuplai oleh tegangan baterai yang tersisa dan juga tegangan yang berasal dari kiprok motor.

Akan tetapi, ketika secara bersamaan Anda menyalakan sejumlah komponen elektrikal yang lainnya, seperti klakson dan lampu menjadi lebih redup saat gas motor sedang tinggi putaran mesinnya, hal ini bisa  saja terjadi karena kiprok yang rusak. Namun sayangnya, banyak orang seringkali menyalahkan aki motor. Bahkan, mereka sampai mengganti aki dengan harga yang mahal dengan harapan agar masalah ini bisa segera teratasi. Padahal, itu salah besar!

Ketiga, motor yang tiba-tiba saja mogok di tengah jalan sampai tidak dapat distarter ini juga bisa saja terjadi dikarenakan kiprok motor rusak. Karena ketika kiprok mati, maka tidak ada komponen yang akan membantu memberikan suplai daya listrik pada motor. Akibatnya, aki motor menjadi drop dan motor menjadi mogok dan mengakibatkan motor menjadi mati total, meskipun dinyalakan dengan memakai kick starter. Hal ini kerap terjadi disaat motor sedang dipakai namun mogok tanpa sebab, disertai dengan speedometer dan lampu yang tidak menyala.

Tolak Baca Kiprok Motor Rusak, Ini Akibatnya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5