Kiprok Motor Rusak Bikin Baper, Ini Solusinya!

Kiprok Motor Rusak Bikin Baper, Ini Solusinya – Pemilik kendaraan bermotor itu wajib mengetahui semua bagian spare part motor yang ditungganginya. Apalagi untuk mereka yang sehari-harinya selalu menggunakannya untuk bepergian, seperti untuk bekerja, berbelanja, dll. Maka penting untuk memahami setiap gejala permasalahan dan solusinya pada motor yang dijalankannya. Agar disaat terjadi masalah, mereka bisa tahu apa yang harus dilakukannya.

Baca Juga: Motor Yamaha Ini Keren atau Ngeri? Yang Gak Kuat Jangan Baca!

Salah satu bagian spare part motor yang harus dijaga adalah kiprok motor. Sangat disayangkan sekali karena ternyata banyak orang yang tidak begitu memahami tentang fungsi dari bagian ini. Banyak juga yang tidak tahu tentang seperti apakah tanda-tanda dari kerusakan yang terjadi pada bagian part ini. Maka dari itulah, supaya kendaraan Anda kinerjanya bisa lebih baik lagi, sebaiknya simak saja gejala penurunan kinerja pada kiprok di bawah ini:

kiprok motor

Pertama, ketika nyala lampu bagian utama motor terlihat lebih redup dari umumnya, saat masih memakai jalur AC, maka ini bisa jadi ada masalah dibagian kiprok. Apalagi sudah diganti bohlam baru tetap saja tidak dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Sehingga, meskipun diganti beberapa kali, tetap saja bohlam utama sering putus dan tidak teratasi masalahnya.

Kedua, saat bagian kiprok bermasalah, maka kondisi fisik kiprok menjadi cepat panas saat mesin motor mulai dinyalakan. Jadi, ketika Anda melihat suhu panas yang tidak biasa pada kondisi kiprok Anda, bisa jadi kiprok Anda minta diganti dengan yang baru karena sudah mulai bermasalah.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Ketiga, aki yang kerap tekor dan tidak mempunyai daya ini bisa juga terjadi karena kondisi kiprok motor yang sedang bermasalah dan menurun. Sehingga, hal ini menyebabkan proses pengisian aki menjadi tidak maksimal, meskipun motor telah dinyalakan dan digunakan dalam waktu yang lama. Bahkan, meskipun Anda sudah mengganti aki dengan yang baru, ternyata bila yang bermasalah ada kiproknya, tetap saja hal ini tidak akan dapat mengatasi masalah ini.

Dijamin dalam beberapa hari selanjutnya, aki akan langsung tekor. Karena proses pengisiannya tidak maksimal dan sudah tidak normal lagi. Maka dari itulah, bila Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda harus curiga terhadap kiprok yang sedang bermasalah. Jadi, untuk dapat memastikan bagaimankaah kondisi yang sebenarnya, sebaiknya langsung saja temukan posisi kiprok dengan benar. Karena beda merk motor juga beda penempatannya.

Bahkan, memperbaiki kiprok motor satu merk dengan merk yang lain itu juga beda cara penanganannya. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan baik-baik ketika meletakkan kiprok dengan benar. Beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk mengatasi kiprok motor yang sedang rusak adalah sebagai berikut ini:

  1. Obeng digunakan untuk membuka body motor.
  2. Tinol solder atau penyedot timah.
  3. Cutter atau gunting.

Bila Anda sudah mempersiapkannya dengan benar, maka proses perbaikan bisa langsung dimulai, dengan cara di bawah ini:

  1. Temukan posisi kiproknya.
  2. Cek kondisi soket atau kaki-kaki kiproknya. Pastikan tidak ada yang longgar.
  3. Lakukan uji coba dengan cara menyalakan mesin motor dan nyalakan lampu utamanya. Bila sudah terang, itu artinya masalah soket kiprok sudah teratasi. Namun bila redup, maka Anda harus membongkar kiproknya dan ganti dengan bagian yang baru. Sehingga, masalah ini bisa langsung teratasi.

Kiprok Motor Rusak Bikin Baper, Ini Solusinya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5