Cara Mengatasi Knalpot Motor Injeksi yang Ngebul Asapnya!

Cara Mengatasi Knalpot Motor Injeksi yang Ngebul Asapnya – Pernahkah knalpot motor injeksi Anda mengalami fogging atau ngebul di bagian asap yang keluar dari knalpot motor Anda tersebut? Jangan takut bila ini terjadi pada Anda, apalagi sampai khawatir yang berlebihan! Sebaiknya Anda harus benar-benar mencermati lebih dalam lagi tentang asap yang akan keluar dari knalpot motor Anda tersebut.

Baca juga: Kini, Yamaha Xmax Disa Diorder secara Online!

Seorang mekanik, bernama Saifudin telah menjelaskan bahwa sebenarnya kondisi fogging yang terjadi dalam knalpot motor injeksi ini bisa saja terjadi dikarenakan ada 2 kemungkinan masalah. Yaitu:

Cara Mengatasi Knalpot Motor Injeksi yang Ngebul Asapnya!

Pertama, asap ngebul dikarenakan proses pembakaran yang telah terjadi dalam mesin sedang tidak berlangsung dengan sempurna. Ini bisa diketahui bila asap motor yang keluar tersebut warnanya hitam. Ini biasanya terjadi karena lebih banyak bensin yang telah masuk, dibandingkan udaranya. Cara untuk mengatasi masalah ini cukup mudah! Karena Anda bisa melakukan penyetelan ulang terhadap electronic control unit motor ini.

Kedua, bila asap knalpot motor injeksi yang keluar ini berwarna putih, itu berarti bahwa ada oli mesin yang telah masuk ke dalam ruang bakar yang telah ikut terbakar. Kondisi yang seperti ini bisa saja terjadi dikarenakan banyak hal. Yaitu, dikarenakan ring piston yang kering, piston yang telah mengalami baret, sil klep yang telah aus, dan adanya celap kelep yang telah bocor. Sehingga, terjadi fogging yang keluar berwarna putih.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Yang jelas, entah itu untuk knalpot motor injeksi ataupun yang masih menggunakan karburator, bila keduanya mengeluarkan asap putih di bagian knalpotnya, maka sebenarnya penyebabnya adalah sama. Untuk penanganannya pun juga sama saja. Jadi, apa sih yang menyebabkan sejumlah komponen itu bisa mengalami masalah seperti itu? Lebih lengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini!

Ring Piston sudah Aus

Ring piston mengalami aus ini bisa terjadi dikarenakan motor tersebut sudah berumur. Dalam artian, memang motor itu sudah dipakai dalam waktu yang lama, bahkan sudah tahunan. Dengan begitu, ring piston pun emnjadi aus. Maka dari itulah, karena masalah tersebut membuat oli menjadi mudah sekali merembes dan masuk ke dalam ruang pembakaran mesin. Maka dari itulah, bila sudah aus,sebaiknya segeralah ganti saja dengan ring piston yang baru dengan ukuran yang sama.

Piston Baret

Umumnya, hal yang seperti ini bisa terjadi karena Anda sering terlambat dalam mengganti oli mesin. Baret ini umumnya terjadi dikarenakan terdapat sebuah kotoran dan kerak yang membuat dinding piston menjadi tergerus, dengan begitu dinding piston menjadi baret. Karena baret inilah membuat oli menjadi masuk ke dalam ruang pembakaran. Bila hal ini terjadi, agar permasalahan fogging pada knalpot motor injeksi tidak semakin menjadi, sebaiknya ganti saja piston yang baru.

Hanya saja bila dinding silindernya ternyata mengalami baret juga, sebaiknya harus dialkukan corter dan ganti saja piston menggunakan diameter yang ukurannya lebih besar, atau ganti saja yang oversize.

Sil Klep sudah Keras atau Getas

Untuk sil klep yang telah mengalami keras dan getas, ini menjadikan oli yang terdapat di bagian kepala silinder menjadi turun ke dalam ruang bakar. Sehingga, hal ini membuat olinya pun ikut terbakar. Faktor yang menadasari sil klep keras ini umumnya dikarenakan masa pemakaian yang sudah kadaluarsa dan suhu mesin yang terlalu tinggi. Itu tadi adalah sedikit penjelasan tetang fogging pada knalpot motor injeksi. Semoga cukup membantu!

Cara Mengatasi Knalpot Motor Injeksi yang Ngebul Asapnya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5