Kopling Motor Keras Tidak Terjadi Begitu Saja, Ini Solusinya!

Kopling Motor Keras Tidak Terjadi Begitu Saja, Ini Solusinya! – Kejadian kopling motor keras mungkin sudah banyak dialami dan hal ini menjadi hal yang sudah biasa bagi yang mengendarai motor. Untuk mengatasi masalah kopling sepeda motor yang terlalu keras sebenarnya ada cara mudah yang akan bisa kita lakukan. Kejadian untuk kopling sepeda motor yang terlalu keras ini akan sering dialami dan juga akan bisa sering terjadi pada motor kopling atau manual tentunya.

kopling motor keras

Ketika kopling sepeda motor menjadi keras, maka hal ini malahan akan membuat tangan kita akan menjadi cepat pegal saat menggunakan motor. Ketika kondisi macet, maka kita akan sering oper gigi pada kopling sepeda motor. Kalau kejadian kopling sepeda motor kita alami saat macet tentunya kita pun akan kelelahan juga nantinya.

Baca Juga: Baca Syarat Over Kredit Motor Ini Dulu, Jika Ingin Membeli Motor

Kalau kita tahu ketika sebuah kopling motor keras, maka ada beberapa sistem yang ada di kopling sepeda motor yang terganggu. Penggunaan dari kopling sepeda motor ini merupakan bagian dari sparepart motor yang sangat penting penggunaannya.

Penggunaan dari sistem kopling sepeda motor ini akan menyambung dan memutus putaran yang ada di mesin motor. Nah, apa saja yang kemudian membuat kopling sepeda motor menjadi keras tentunya kita juga harus paham apa saja yang akan menjadi penyebabnya. Maka dari itu, berikut ini beberapa penyebab yang membuat kopling sepeda motor menjadi keras.

4 Masalah Yang Membuat Kopling Sepeda Motor Menjadi Keras Ketika Ditarik.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Cara kerja dari kopling sepeda motor ini akan memanfaatkan gaya gesek antara plat kopling sepeda motor dengan plat penekan motor. Dengan adanya gaya pegas, maka kita akan bisa merasakan apakah tarikan pada kopling sepeda motor ringan atau malah rasa dari kopling motor keras.

Berikut ini ada 4 hal yang menyebabkan kopling sepeda motor menjadi keras dan cara mudah untuk mengatasinya :

#Kabel Dari Kopling Tertekuk, Terliipat Atau Terjepit.

Kebanyakan kopling sepeda motor yang dipakai sekarang ini tentunya akan memanfaatkan sistem kabel yang ada di sepeda motor tersebut. Kabel ini akan digunakan untuk menyambungkan antara kopling sepeda motor dengan tuas kopling.

Ketika posisi dari kawat yang ada di sistem kopling sepeda motor mengalami gangguan antara lain bisa saja tertekuk, ataupun terlipat, maka hal ini akan membuat kopling motor keras dan akan berat saat dilakukan tarikan.

#Selubung Kabel Kopling Timbul Karat Atau Robek.

Penyebab kopling sepeda motor menjadi keras juga bisa disebabkan oleh selubung kabel yang mengalami robek atau sudah ada karatnya. Karat yang terdapat pada selubung kopling sepeda motor ini bisa saja karena adanya gas udara air yang masuk dan tersumbat di selubung kopling sepeda motor tersebut.

#Engsel Tuas Kopling Berkarat.

Karat bukan hanya bisa terjadi pada bagian selubung kabel dari kopling sepeda motor saja. namun juga bisa terjadi pada bagian engsel tuas kopling. Untuk bisa menghindari hal ini terjadi pada sistem kopling sepeda motor kita, maka kita bisa memberikan pelumas pada bagian engsel tuasnya.

#Modifikasi Per (Pegas) Kopling Racing Atau Kompetisi.

Penyebab kopling motor keras juga bisa disebabkan oleh per yang kita pakai pada bagian kopling sepeda motor tersebut. Nah, agar per atau pegas yang kita gunakan awet dan membuat kerja kopling sepeda motor menjadi mudah, maka melakukan upgrade dan modikasi bisa juga untuk kita lakukan.

Kopling Motor Keras Tidak Terjadi Begitu Saja, Ini Solusinya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5