Kunci Kontak Motor Hilang? Ini Cara Menyalakan Mesinnya!

Kunci Kontak Motor Hilang? Ini Cara Menyalakan Mesinnya – Lupa adalah sebuah hal yang manusiawi. Banyak orang sering kali lupa dengan banyak hal, termasuk dengan kunci kontak motor. Sebenarnya tak jadi masalah bila yang hilang adalah kunci kontak. Asal bukan lupa diri saja ya! Karena sebenarnya cara untuk menyalakan mesin motor tanpa harus menggunakan kunci kontak itu sangat mudah!

Baca Juga : Review Motor Honda CBR500R Terbaru

Ketika di pagi hari waktunya bekerja ke kantor, kadang banyak orang lupa menaruh kunci kontak kendaraan bermotor mereka. Sehingga, hal ini membuat perjalanan ke kantor menjadi terhambat karena tidak tahu bagaimanakah cara untuk menyalakan mesin motor. Bahkan, karena kesalahan sendiri inialh terkadang membuat beberapa orang langsung meminta semua anggota keluarga di rumah untuk mencarinya sampai ketemu sambil marah-marah.

Padahal, sebenarnya motor masih tetap bisa dinyalakan dan masih bisa dipakai asalkan Anda tahu caranya. Tanpa menggunakan kunci kontak, Anda masih bisa ke kantor dengan motor Anda tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari kunci kontak untuk motor tersebut untuk menyalakannya. Sementara itu, bila sudah selesai pekerjaan Anda, Anda baru bisa membawa motor tersebut ke bengkel untuk mendapatkan kunci kontak yang hilang dengan mudah.

Tapi, bagaimankaah cara untuk menyalakan mesin motor tanpa kunci kontak? Simak caranya di bawah ini!

Sambungkan kabel soketnya!



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Dalam kondisi darurat, jalan keluarnya adalah dengan menggunakan kawat yang kecul. Karena sebenarnya setrum mesin motor masih dapat di by pas dengan menggunakan kawat. Namun, cara ini hanya bisa dipakai bila stangnya sedang tidak dalam kondisi yang terkunci. Bila terkunci, maka Anda tidak bisa melakukannya. Kecuali bila Anda menggunakan kunci T, maka Anda baru bisa memakainya.

Namun, bila ternyata stangnya terkucni, maka Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kunci T. Ini adalah yang paling simple, sekaligus merusaknya. Hehehe.. bila sudah terbuka, anggap saja dibagian cover motor Honda Supra X 2002 misalnya, telah terlepas posisinya, sebaiknya cari saja soket yang ada sebagai kunci kontak motor. Kabel yang berwarna putih ini dikombinasikan dengan kabel yang berwarna hitam, sebanyak 1 buah kabel.

Sedangkan, warna kabel hitam dikombinasikan dengan kabel berwarna merah, sebanyak 2 buah kabel.

Selanjutnya, tugas Anda adalah cobalah untuk memakai kawat agar dapat mengambungkan kabel yang kami maksud tersebut. perhatikan dari segi lubang yang ada di dalam soket kunci kontaknya tersebut. cari saja kaki kabel yang berwarna hitam yang kemudian dikombinasikan dengan kabel yang berwarna putih yang ada di bagian pinggir kanan. Sedangkan, kabel yang berwarna hitam, dikombinasikan dengan kabel yang berwarna merah, dimana letakya ada di bagian tengah.

Bila sudah, maka tugas Anda selanjutnya adalah langsung saja sambung menggunakan kawat dari kedua kabel yang da tersebut. Namun sebelum itu, sebaiknya sambungkan saja kedua kabel tersebut memakai kawat, sehingga motor tersebut bisa langsung dinyalkaan dan langsung hidup. Yang pasti, kabel yang berwarna putih dan berwrna hitam ini asalnya dari CDI koil dan juga berwarna merah dan hitam.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara untuk menyalakan mesin motor paling mudah tanpa menggunakan kunci kontak motor. Jadi, bila kunci kontak Anda hilang, maka tidak jadi masalah. Karena Anda masih bisa mengakalinya tersebut dengan menggunakan cara-cara di atas dengan sebaik mungkin.

Kunci Kontak Motor Hilang? Ini Cara Menyalakan Mesinnya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5