Hati-Hati Ganti Lampu HID dan LED Motor, Jangan Sembarangan!

Hati-Hati Ganti Lampu HID dan LED Motor, Jangan Sembarangan – Untuk pemilik sepeda motor yang ingin menciptakan kreasi terbarunya untuk LED motor ataupun lampu HID, sebaiknya Anda harus berpikir 2x untuk itu. Anda tidak boleh sembarangan saat sedang memakai variasi lampu ini. Karena, bila sampai salah dan asal dalam menggunakannya, ini bisa membuat aki Anda menjadi cepat sekali rusak dan tekor.

LED Motor,

Maka dari itulah, sebelum Anda benar-benar mencoba untuk menggantinya, sebaiknya perhatikan dulu dari segi sistim kelistrikan motor itu terlebih dahulu. Apakah kelistrikannya tersebut memakai DC atau memakai AC. Lebih lengkapnya tentang bagaimanakah cara mengganti LED motor atau lampu HID motor dan apa yang harus diperhatikan sebelum melakukannya ini akan kami sajikan di bawah ini:

Baca juga: Amankah Mengisi Bensin dengan Jerigen?

Pertama, Anda harus tahu lebih dulu. Bahwa untuk lampu HID ini pada dasarnya akan membutuhkan sebuah listrik yang jauh lebih besar. Maka dari itulah, bila sistem kelistrikan motor Anda masih memakai AC, itu bisa membuat aki motor menjadi cepat sekali tekor dan rusak. Otomatis bila Anda tetap memaksanya, yang rugi sendiri adalah Anda sendiri. Karena pada akhirnya nanti Anda harus membayar biaya yang lebih besar untuk mengganti kerusakan tersebut nantinya.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, bila Anda ingin memakai lampu berbentuk LED motor, maka ini hanya butuh listrik yang statis. Jadi, bila sistem kelistrikan motor Anda ini masih memakai sistem AC, itu artinya sistem kelistrikan motor Anda ini belum bisa menghasilkan listrik yang berupa statis. Sehingga, bila Anda tetap memaksa mengganti lampu motor Anda menjadi lampu LED, meskipun aki motor tidak rusak, namun justru lampu motor Anda yang akan menjadi cepat rusak.

Ketiga, perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya sistem kelistrikan motor yang masih menggunakan AC ini adalah dipakai untuk motor yang sudah lama atau masih memakai sistem pengabutan, berupa karburator. Sementara untuk motor terbaru saat ini, umumnya sudah menggunakan motor injeksi. Motor ini umumnya sudah memakai sistem kelistrikan berupa DC. Sehingga, meskipun Anda ingin mengganti lampunya menjadi LED motor ataupun HID, ini tidak akan menjadi masalah besar untuk Anda.

Ke-empat, sebenarnya bisa saja bila Anda ingin mengganti sistem kelistrikan motor Anda yang mulanya AC menjadi DC. Yaitu dengan cara mengganti kiprok, magnet, dan juga sepulnya. Bila sudah seperti itu, dijamin motor akan aman meskipun Anda ingin mencoba untuk mengubah variasi lampu LED motor ataupun dengan menggantinya menjadi HID, dan variasi aksesoris yang lain yang butuh pasokan tenaga listrik yang jauh lebih besar.

Nah, dalam hal ini, bila Anda ingin mengubah sistem kelistirkannya pun juga tidak boleh asal begitu saja. Anda harus memakai part yang orisinil. Ini penting sekali agar tidak terjadi permasalahan di kemudian harinya. Begitu pula untuk penggantian kabel motor ini. Ada baiknya bila Anda harus mengikuti ukuran terhadap diameter kabel standar pabrikannya tersebut menjadi lebih baik lagi. Setidaknya dengan memahami sejumlah hal-hal di atas bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tida Anda inginkan.

Tentu saja Anda tidak ingin bila setelah melakukan pergantian lampu motor tersebut kemudian bisa berakibat fatal kan? Karena meskipun Anda ingin melakukan variasi lampu motor, namun tetap saja Anda harus memperhatikan segalanya. Jika tidak, hal ini bisa berdampak fatal yang mana pada akhirnya bisa membuat Anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi.

Hati-Hati Ganti Lampu HID dan LED Motor, Jangan Sembarangan! | Sinta Rizki Fadila | 4.5