Hati-Hati! Dampak Lupa Menutup Lubang Kunci Motor!

Hati-Hati! Dampak Lupa Menutup Lubang Kunci Motor – Banyak orang menganggap masalah kelupaan untuk menutup bagian lubang kunci motor adalah hal yang biasa saja. Padahal, sebenarnya kebiasaan ini bisa menjadi masalah tersendiri untuk Anda nantinya. Karena kunci dan juga rumah kunci itu adalah salah satu bagian yang cukup fatal dan penting untuk sebauh motor. Rentan sekali terjadi gesekan di antara kunci dan rumah. Sehingga, rawan juga aus dan bisa jebol.

lubang kunci motor

Ada lagi beberapa penyebab yang lainnya kenapa kunci kontak itu bisa berumur pendek. Yaitu, dikarenakan terjadinya faktor lingkungan. Misalnya saja seperti debu dan juga air yang telah masuk ke dalam lubang kunci. Bila dibiarkan begitu saja, otomatis kunci kontak Anda bisa menjadi macet. Hal ini telah disampaikan juga oleh salah satu spesialis kunci kendaraan bermotor.

Maka dari itulah, agar bisa terhindar dari resiko itu, sebaiknya jangan lupa untuk selalu menutup bagian lubang kunci motor Anda dengan menggunakan cover magnet atau menggunakan shuttered key system. Hal ini sangat penting sekali karena banyak sekali fungsinya. Bahkan, tidak hanya sekedar dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendukung keamanan motor Anda dari para maling.

Namun, dengan menggunakan shuttered key system inilah nantinya bisa membuat lubang kunci Anda menjadi terhindar dari terjadinya karat. Tentu saja ini tidak akan terjadi bila Anda menggunakan fitur ini dengan benar. Jadi, itu artinya bila kendaraan bermotor Anda sedang diparkir dan ingin Anda kunci, sebaiknya tutup saja di bagian lubang kuncinya. Sehingga, air dan kotoran yang ada di sekitarnya tidak bisa masuk ke dalam lubang ini.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Karena, bila dibagian ini sudah terlanjur macet, itu aritnya Anda harus bisa memutar paksa kunci tersebut. Sehingga, hal ini bisa membuat kerusakan pada lubang kunci kontak motor itu sendiri dan juga bisa merusak kuncinya. Salah satu hal yang menjadi solusi untuk mengatasinya adalah dengan memakai sebuah bantuan dari cairan penetran supaya mekanisme kunci kontaknya bisa terbebas dari berbagai macam kotoran dan bisa kembali lagi terlumasi dengan baik.

Cara untuk melakukannya sendiri cukup mudah!

Anda tidak perlu datang ke bengkel untuk mendapatkan bantuan dalam melakukannya. Karena Anda sendiri saja sudah bisa melumasi bagian ini dengan baik agar terhindar dari kerusakan pada bagian lubang kunci dan kuncinya. Karena banyak sekali saat ini lubang kunci yang rusak karena pemilik motor tidak memakainya dengan benar. Mereka tidak mau menggunakannya dengan alasan malas atau lupa. Padahal, hal ini salah besar!

Jadi, cara untuk perawatannya adalah cukup masukkan saja cairan penetrannya ke dalam bagian rumah kunci motor Anda. Bila sudah, barulah masukkan  bagian anak kuncinya dengan cara memutarnya dengan benar. Sehingga, pelumasannya dapat bekerja dengan baik. Lakukan cara ini sampai berulang kali sampai terasa lebih enteng dan itu artinya kotoran yang ada didalamnya telah berhasil dihilangkan.

Meskipun hal ini terlihat sepele, namun Anda harus benar-benar memperhatikannya dengan baik bila Anda tidak ingin di bagian lubang kunci motor Anda bisa bermasalah nantinya. Tak heran bila saat ini ada banyak orang mulai kehilangan fungsi dari lubang kunci ini yang sesungguhnya karena mereka tidak menggunakannya dengan benar. Akibatnya, bukannya bisa menjaga motor dari aksi pencurian, namun justru motor bisa terkena aksi musibah pencurian yang merugikan diri Anda sendiri nantinya.

Hati-Hati! Dampak Lupa Menutup Lubang Kunci Motor! | Sinta Rizki Fadila | 4.5