Cara Mudah Cegah Masalah pada Motor Matic

Cara Mudah Cegah Masalah pada Motor Matic – Seiring berjalannya waktu, sudah pasti bagi pengguna motor matic ini akan mengalami masalah pada motor matic yang selalu berganti-ganti. Maka dari itulah, untuk menghindari permasalahan tersebut, tidak ada salahnya bila Anda melakukan pencegahan sejak dini dengan cara berikut ini!

Baca juga: Tips Memastikan Bagian Cairan Ban Anti Bocor IML itu Asli

Panasi Motor Setiap Hari

Memanasi motor matic setiap hari ini merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya masalah pada motor matic yang kerap terjadi. Proses ini bisa Anda lakukan di pagi hari sebelum Anda memakai motor tersebut. Hal ini bisa Anda lakukan agar oli pada mesin tersebut siap untuk melumasi bagian mesin motor.

Cara Mudah Cegah Masalah pada Motor Matic

Otomatis dengan proses itulah akan membuat performa mesin selalu stabil dan maksimal. Dalam hal ini, Anda wajib memanasi motor tersebut setidaknya dari 5 menit hingga 10 menit. Selain itu, sebaiknya panasi motor ini dengan memakai bantuan kick starter saat menyalakannya. Sehingga, tidak mengurangi bateray motor. Jika sudah cukup prosesnya, segera tarik ulur gasnya agar oli juga cukup panas.

Buat Kecepatan Gas menjadi Stabil

Cara ini sering dilakukan oleh pengguna motor matic dimana tidak seharusnya bila Anda sedang melaju dalam kondisi cepat, kemudian Anda tiba-tiba saja menurunkan gas Anda seenaknya. Begitu juga sebaliknya. Ketika Anda sedang berjalan dengan kecepatan yang rendah, sebaiknya jangan langsung digas dengan kencang. Karena kegiatan ini bisa merusak masa umur dari mesin motor itu sendiri.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Bila Anda sering berkendara dengan kecepatan yang tidak tetap dan tidak stabil, hal ini bisa menimbulkan masalah pada motor matic yang cukup parah. Tidak hanya sekedar merusak bagian mesin saja, hal ini bisa juga merusak bagian van belt motor. Padahal, van belt motor ini sama seperti rantai motor bebek dan motor sport fungsinya. Hanya saja berasal dari karet. Karena itulah selalu ganti van belt motor ini setidaknya selama 3 th sekali agar van belt ini tidak terjadi putus di jalan.

Tidak Boleh Kehabisan Bensin

Hal yang lain yang harus Anda lakukan dan perhatikan dalam praktik dan proses perawatan dan mencegah masalah pada motor matic ini adalah, jangan sampai kehabisan bensin secara terus menerus. Ini bisa berdampak buruk sekali untuk mesin motor. Karena itulah, jangan pernah membuat speedometer motor matic Anda berada dalam posisi indikator E setiap waktu.

Pastikan untuk selalu mengisi bahan bakarnya sampai penuh. Karena bila Anda sering kehabisan bahan bakar, hal ini akan membuat motor menjadi sering mogok. Otomatis bila hal ini terjadi secara berkali-kali, akan menyebabkan terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah kerusakan yang parah dan menelan banyak biaya.

Rajin Mengganti Oli

Proses perawatan yang satu ini penting sekali! Ini adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan dan jadwalkan setiap waktu. Setidaknya, segera ganti oli motor setiap kali menempuh perjalanan sampai dengan 1000 km. Sedangkan untuk pergantian oli transmisi atau oli gardan ini harus dilakukan setelah motor telah emncapai jarak 5000 km.

Bila Anda kesulitan untuk menghitungnya memakai speedometer, maka Anda bisa melakukan kegiatan perawatan secara rutin, setidaknya setiap 2 bulan sampai dengan 3 bulan sekali. Namun jangan lupa juga untuk selalu memakai oli yang lebih fokus pada specs motor matic, sehingga mesin motor dan performanya akan menjadi lebih terjaga.

 

Cara Mudah Cegah Masalah pada Motor Matic | Sinta Rizki Fadila | 4.5