Begini Akibatnya Bila Masalah Rem Cakram Motor Diabaikan, Pasti Anda Akan..

Begini Akibatnya Bila Masalah Rem Cakram Motor Diabaikan, Pasti Anda Akan.. – Masalah Rem akan sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara, pada jenis kendaraan baik berora empat ( mobil ) maupun kendaraan beroda dua ( motor ). Maka dari itu fungsi rem harus dapat dipastikan secara benar, dengan selalu melakukan pengecekan secara rutin.

Baca Juga: Keseringan Begini, Kampas Rem Motor Ini Menggila, Lihat Yang Terjadi!

Rem memiliki fungsi yang sangat berpengaruh pada kenyamanan serta keselamatan ketika berkendara, dimana rem digunakan untuk melambatkan dan juga mengehentikan laju kendaraan. Dengan memperlambat ataupun mengentikan adanya putaran dikarenakan adanya gesekan, yang ditimbulkan dari  2 logam yang berputar. Yang dimana fungsi rem sangat dibutuhkan pada kendaraan, agar saat dikendarai motor tidak akan melaju ugal – ugalan tak karuan yang dapat membuat motor sulit dikendalikan.

Penyebab Motor Berderit Layaknya Suara Tikus Terjepit

Adanya suara decitan pada kendaraan motor yang bersuara layaknya tikus terjepit, tentu diakibatkan karena adanya permasalahan pada bagian pengeremannya. Namun masalah seperti apakah itu ? Anda perlu memastikan dan mengetahuinya, dimana pada umumnya masalah yang terjadi bisa diakibatkan karena rem yang keras.

Masalah rem

Namun untuk lebih jelasnya, silahkan simak pendapat dari salah satu alih dalam bidang ini yaitu Asep Suherman yang merupakan kepala bengkel di wilayah Cibinong yang cukup terkenal yaitu Astra Honda Authorized Service Station Daya Motor atau yang biasa dikenal dengan nama AHASS Daya Motor.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Yang dimana beliau memaparkan bahwa ada beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah rem motor menjadi keras, diantaranya karena adanya kerusakan pada area suplai untuk minyak rem yang bocor, atau karena seal master pada rem sudah tidak bisa bekerja sesuai Deny semestinya, atau bisa juga karena minyak rem yang sudah harus diganti sebab memang sudah digunakan lama.

Biasanya masalah kerasnya rem dialami pada roda bagian depan, dimana kasusnya adalah disebabkan oleh piston motor yang kotor ataupun kering. Dan maka dari itu, diperlukan adanya minyak rem yang ditambahkan pada bagian itu.

Beliau ( bapak Herman sebutannya ) juga menjelaskan bahwa minyak rem sebenernya tidak pernah habis,  tetapi kemungkinan lainnya tetap saja bisa terjadi seperti karena adanya kebocoran itulah yang sebenarnya menyebabkan piston rem motor menjadi mengering.

Lalu ia melanjutkan bahwa warna pada rem bisa saja berubah itu semua karena minyak rem yang dipakai sudah tidak bagus lagi keadaannya, yang pada mulanya berwarna kuning ataupun merah kemudian menjadi warna kecoklatan layaknya warna lumpur. Jika sudah seperti itu maka yang harus dilakukan adalah menguras habis minyak rem sampai pada bagian selangnya juga, bukan hanya sekedar menambahkannya saja.

Cara Menangani Masalah Rem Yang Mengeluarkan Suara Mirip Tikus Terjepit

Beliau memberikan saran terbaik yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi masalah rem motor seperti ini, apabila motor mengeluarkan suara seperti tikus kejepit maka anda perlu mengganti minyak rem.

Dan apabila bunyi tersebut terjadi setelah anda mencuci motor atau setelah dipakai pada saat hujan, mungkin itu karena bagian kanvasnya yang kotor. Penanganan anda perlu membongkar bagian pada rem motor, kemudian cuci kembali dan keringkan setelah itu anda bisa memasangnya kembali.

Saran perawatan terbaik yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan rutin dan memastikan untuk mengganti minyak rem yang sudah digunakan sampai batas 24.000 km, dan juga mengganti kampas rem yang sudah digunakan setiap mencapai 12.000 km yang diperkirakan waktunya adalah 1 tahun lamanya.

Begini Akibatnya Bila Masalah Rem Cakram Motor Diabaikan, Pasti Anda Akan.. | Sinta Rizki Fadila | 4.5