Tips Mengendalikan Motor Matic ketika Melewati Turunan

Tips Mengendalikan Motor Matic ketika Melewati Turunan – Sebenarnya, mengendarai motor matic itu gampang-gampang susah! Karena, kendaraan yang satu ini membutuhkan sebuah teknik khusus agar dapat tetap aman dan nyaman saat sedang dikendarai. Salah satu bagian teknik paling sulit dari mengendalikan motor matic ini adalah ketika melakukan pengereman di jalanan yang turun.

Baca juga: Kelemahan Membeli Motor Kawasaki Z125 Bekas

Beda sekali dengan motor biasa. Karena, melakukan pengereman terhadap motor matic saat melintasi di jalanan yang menurun ini tidak boleh sembarangan. Salah-salah, Anda bisa langsung nyungsep dan cidera karena remnya blong! Hal ini juga pernah terjadi pada diri saya terjadi yang akhirnya saya harus black out tidak sadarkan diri karena saya terjatuh dari motor ketika rem motor matic yang saya kendarai tiba-tiba saja blong ketika melewati di jalanan turunan di kawasan Songgoriti kota Batu.

mengendalikan motor matic

Nah, maka dari itulah, supaya tidak sampai terjatuh saat melintasi di jalanan turunan dengan motor matic Anda, maka tidak ada salahnya bila Anda harus menyimak dulu beberapa tips di bawah ini agar aman berkendara sepeda motor matic di jalanan turunan, antara lain:

Gas Tidak Boleh Sampai Kosong!



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Karena motor matic memiliki sistem persneling yang otomatis, sehingga, mengosongkan gas ketika melintasi di jalanan turunan itu sangat tidak dianjurkan sama sekali. Karena, bila Anda mengosongkan persneling ini, hal ini membuat laju kendaraan motor matic menjadi tidak terkendali. Akibatnya, rem bisa langsung blong. Maka dari itulah, ketika Anda melintasi di jalan turunan, khususnya di jalanan turunan yang tajam, sebaiknya kurangi saja kecepatan gas namun tidak boleh sampai kosong. Setidaknya, kosongkan gasnya sampai kecepatannya menjadi 5 km sampai dengan 10 km/ jam.

Posisikan ke-4 Jari di Handle Rem

Bila gasnya sudah diatur dengan kecepatan yang sedang, maka Anda harus selalu siaga untuk menghandle remnya dengan baik menggunakan ke-4 jari Anda. dalam hal ini, jari jempol harus selalu siap pada grip gas. Karena jari ini nanti bertugas untuk mengatur kecepatan gas motor Anda. cengkramlah handle rem ini sebutuhnya saja. jangan terlalu dalam ketika mengeremnya, karena hal tersebut justru akan membuat motor Anda kehilangan kestabilannya.

Prioritaskan Rem Depan dari pada Menggunakan Rem Belakang!

Sebaiknya gunakan saja handle rem depan yang lebih keras dibandingkan menggunakan rem belakang. Karena, rem depan itu bisa menahan daya dorong motor menuju depan yang memang jauh lebih besar dayanya ketika sedang melewati di jalan turunan. Sedangkan rem belakang berguna untuk penyeimbang laju kecepatan motor saat melewati di jalanan turunan.

Dilarang Melepas Pegangan Rem sebelum Melintasi Jalanan Menurun

Banyak orang sering tidak sabar untuk terus-menerus melakukan pengereman saat melintasi jalanan turunan. Padahal, sebenanrya ini sangat berbahaya sekali! Karena, melepas rem ketika belum selesai melintasi jalanan turunan ini bisa menyebabkan laju kendaraan motor menjadi tidak tekrontrol. Sehingga, Anda bisa beresiko jatuh karena tidak dapat mengendalikannya dengna baik.

Gunakan Kaki Kanan sebagai Penyeimbang, namun..

Anda juga dapat memakai kaki kanan sebagai penyeimbang motor ketika melintasi jalanan turunan yang tajam dan padat oleh kendaraan. Sehingga, Anda bisa menjadi lebih siap dan menjadi tidak mudah lelah. Nah, itu tadi adalah beberapa tips mudah saat berkendara motor matic agar dapat mengendalikan motor matic ini dengan mudah ketika melewati di jalanan turunan.

Tips Mengendalikan Motor Matic ketika Melewati Turunan | Sinta Rizki Fadila | 4.5