Cara Meningkatkan Kompresi Motor Beat dan Scoopy dengan Piston Vario

Cara Meningkatkan Kompresi Motor Beat dan Scoopy dengan Piston Vario – Tak harus membeli piston jenon atau berupa high dome saja agar dapat mendongkrak kompresi motor Honda Beat dan juga kompresi dari motor Honda Scoopy. Karena, hanya dengan menggunakan piston Vario saja, maka kompresi yang hanya sekedar kebut jalan ini bisa dengan mudah didapat. Anda bisa menggunakannya agar dapat membuat tarikan motornya menjadi lebih responsif lagi.

Seperti yang telah diketahui, bahwa piston Vario itu jauh lebih murah dari pada menggunakan piston high dome yang harga jualnya mencapai 350 ribu rupiah. Itupun masih belum termasuk ring dibagian pistonnya. Belum lagi ongkos untuk menyewa jasa mekaniknya. Maka dari itulah, agar bisa mendapat harga yang jauh lebih terjangkau, maka Anda bisa menggunakan milik Vario.

Baca Juga : Review Motor Honda CBR500R Terbaru

Milik piston motor Vario 100 ini sepenuhnya memiliki harga jual yang jauh lebih murah bila dikerjakan sendirian. Untuk piston milik motor Vario ini memang terbilang jauh lebih jenon, sedangkan milik motor Beat yang sebelah kiri berbentuk melengkung menuju ke bagian bawah. Untuk kemampuannya sendiri juga tak kalah dari piston monyong dari after market yang sebelumnya.

Piston standard milik motor Vario itu umumnya jauh lebih mancung sebesar 1 mm dari bagian puncaknya motor Beat dan juga motor Scoopy. Sedangkan milik motor Scoopy itu jauh lebih pesek. Sehingga, secara otomatis penempatan dibagian ruang bakarnya menjadi lebih naik, saat disiram menggunakan bensin premium. Dengan cara inilah akan membuat tarikan motor makin baik.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Menariknya lagi adalah, dibagian dimensi kedua piston motor tersebut adalah sama. Entah itu dari ukuran diameter yang berukuran sebesar 50 mm sampai dengan ukuran dari pin pistonnya. Kelebihan dari piston Vario tersebut adalah mempunyai ring yang berukuran yang jauh lebih tipsis. Gesekan dari bagian dinding silindernya menjadi jauh lebih singkat.

Masih tetap terdapat sebuah perbedaan khusus di bagian dinding luar pistonnya. Entah itu untuk milik motor Honda Scoopy ataupun milik motor Honda Beat. Sementara untuk yang Vario masih belum ada, maka Anda bisa meminta bantuan pada tukang bubutnya agar dpat membuat sebuah alur baru dibagian dindingnya. Untuk ongkosnya sendiri juga tidak begitu mahal, yaitu sebesar 20 ribuan rupiah.

Untuk rincian biayanya sendiri bisa dihitung dengan harga piston dari motor Vario senilai 120 ribuan rupiah. Setelah itu, ditambahkan pula dengan ongkos untuk membuat sebuah jalur oli dibagian tukang bubutnya senilai 20 ribuan rupiah. Sementara itu, untuk ongkos dari bongkar pasang mekaniknya bisa dibandrol senilai 100 ribuan rupiah. Sehingga, bila dijumlah secara keseluruhan, untuk biasa perbaikan kompresi motor ini mencapai 250 ribuan rupiah.

Kompresi motor itu sendiri merupakan sebuah perbandingan untuk volume ruang bakar ketika piston berada pada titik mati bawah. Jadi TMB ini dihitung saat pistonnya ada di bagian titik terjauh dari bagian kepala silinder. Sementara itu, dengan volume dari ruang bakar ketika titik mati atasnya ini ada di dekat kepala silinder, maka makin besar perbandingan dari rasio kompresinya ketika piston ada di TMA, hal ini bisa memberikan tekanan dan suhu yang makin besar juga. Karena makin besar tingkat kompresinya pada bagian mesin ini bisa membuat tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar juga.

Cara Meningkatkan Kompresi Motor Beat dan Scoopy dengan Piston Vario | Sinta Rizki Fadila | 4.5