Meningkatkan Performa Mesin Motor 4 Tak 2017

Performa Mesin Motor 4 Tak – Populasi sepeda motor bebek 4 tak semakin meningkat setiap tahunnya dan jelas mengalahkan jenis motor lainnya seperti matic, sport, maupun 2 Tak, hal itu dikarenakan mesin motor bebek 4 tak lebih irit penggunaan bahan bakar, perawatannya tidak ribet, serta harganya pun cukup terjangkau untuk berbagai kalangan masyarakat.

Namun seunggul apapun sebuah motor, pastinya akan tetap memerlukan perawatan ‘kan? hal ini tentu berlaku pada motor 4 tak yang sayangnya tidak semua pengguna motor tahu bagaimana cara merawat mesin motor 4 tak dan bagian mesin motor 4 tak karena beragam alasan, mulai dari karena tidak mengerti mesin hingga tidak punya waktu.

Bagi brader yang tidak bisa merawat mesin sepeda motor 4 tak karena alasan diatas tidak perlu khawatir sebab crew Otorider.net sudah menyiapkan tips Performa Mesin Motor 4 Tak yang bisa brader lakukan dirumah, cara dan langkah-langkahnya pun cukup mudah sehingga hampir semua orang dapat melakukannya tanpa memerlukan keahlian khusus, Sobat hanya perlu mengikuti langkah- langkah yang akan dijelaskan disini dengan hanya bermodalkan niat yang baik, sabar dan ketekunan, jangan khawatir jika kesulitan di percobaan pertama, sebab setelah terbiasa pasti brader bisa sepintar mekanik bengkel.

Meningkatkan Performa Mesin Motor 4 Tak

Cara Mudah Menjaga Performa Mesin Motor 4 Tak

Agar mendapatkan performa yang lebih baik, ada beberapa bagian atau komponen mesin motor bebek 4 tak yang perlu diperhatikan. Komponen seperti katup (klep), karburator, sprocket atau gear, dan exhaust atau knalpot perlu ditangani, karena merupakan kunci dari performa sepeda motor bebek 4tak, pentuk penanganannya adalah:

Simak juga ulasan: Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  • Hal pertama yang dilakukan adalah, brader dianjurkan mengecek kerapatan katup motor, usahakan kerengganan katup motor disesuaikan dengan kerenggangan yang tercantum pada petunjuk manual servis, jika terlalu renggang akan mengakibatkan laju motor jadi pelan dan tarikan gas terasa lebih berat, sebaliknya jika terlalu rapat mengakibatkan respon tarikan gas motor jadi terlalu sensitive, sesuaikan dengan selera brader sebagai pengendara.
  • Untuk tips yang kedua berkutat pada masalah karburator motor, karburator merupakan bagian vital dari motor yang mengatur perbandingan udara dan bensin dalam pengkabutan bahan bakar sehingga sangat menentukan tenaga motor, jika setingan karburator terlalu kering maka mengakibatkan motor mudah mati, sebaliknya jika terlalu basah maka konsumsi bensin boros karena bahan bakar terbakar percuma, maka dari itu setingan karburator yang pas adalah tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, brader bisa mengganti ukuran main jet ke angka 97,5 atau 100, kemudian naikkan skep sekitar 1 – 2 step agar perbandingan bensin dan udara bisa pas.
  • Untuk tips yang ketiga ada pada bagian sprocket atau gear, aturlah kondisi sprocket motor agar tarikan motor jadi enak, caranya brader tinggal mengganti gear bagian belakang dengan yang berukuran lebih besar sekitar 1 atau 2 mata sebagai contoh bebek standar 4 tak sprocket Honda Supra X yang berukuran 37 bisa diganti dengan yang berukuran 38 atau 39, untuk gear depan biarkanlah dengan ukuran standar karena jika diperkecil akan mengakibatkan motor terasa jalan ditempat sedangkan jika diperbesar tarikan sepeda motor akan menjadi berat di awal.
  • Untuk tips yang ke empat dan yang terakhir adalah membenahi knalpot atau exhaust pipe, agar mendapatkan performa motor yang maksimal, brader dianjurkan menggunakan knalpot versi free flow atau tanpa sekat, akan tetapi lakukan perhitungan yang tepat. pastikan pipa diameternya sedikit lebih besar, jangan terlalu panjang dan banyak lekukannya karena bisa melemahkan tendangan balik dari sepeda motor.
  • Terakhir pilih dan gunakan selalu oli mesin motor 4 tak terbaik, karena pelumas mesin tersebut juga sangat mempengaruhi kinerja komponen mesin motor 4 tak yang ada didalam mesin seperti kampas kopling, gear box, rasio, serta untuk pelumasan piston dan head motor.

Nah, setelah semua beres tinggal uji coba deh motornya, jangan lupa panasi dulu sebelum tes drive, itulah beberapa tips – tips Meningkatkan Performa Mesin Motor 4 Tak yang bisa membuat motor brader bakal berlari lebih kencang, cukup sederhana bukan, tidak terlalu sulit dilakukan, jangan lupa untuk memastikan kembali tiap langkah diatas agar tidak ada yang terlewat, setelah melakukan setingan seperti diatas dengan benar, motor bebek 4 tak brader bisa meningkat kecepatannya hingga 10 km/jam dari biasanya. Lumayan kan.

Galeri Motor 4 Tak

Kawasaki W800 Black Edition

Modifikasi Motor Bebek Honda 70

Honda CB750

Motor Dafier Cub 50

Demikian tips – tips mengenai Performa Mesin Motor 4 Tak semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • cara meningkatkan torsi motor 4 tak (45)
  • cara meningkatkan performa motor (37)
  • meningkatkan performa motor (31)
  • cara setting membran fizr (28)
  • cara menambah tenaga motor (20)
  • performa mesin (14)
  • untuk menambah torsi sepeda motor 4 tak (1)
  • cara menambah power motor 4 tak (1)
  • cara menambah kecepatan sepeda motor 4 tak (1)
  • cara memperbaiki performa mtr (1)
Meningkatkan Performa Mesin Motor 4 Tak 2017 | Sabian | 4.5