Merawat Mesin Motor Itu Sederhana, Simak Caranya!

Merawat Mesin Motor Itu Sederhana, Simak Caranya – Membeli sebuah motor tentunya juga harus paham dengan cara melakukan perawatan pada mesin motor tersebut. Untuk sekarang ini memang tidak banyak kita ketahui ada orang yang paham dengan apa saja yang ada di dalam mesin sepeda motor dan juga apa yang harus kita lakukan supaya mesin sepeda motor tersebut tetap awet.

merawat mesin motor

Ketika kita melakukan perawatan mesin sepeda motor dengan teratur, maka hal ini juga akan mempengaruhi segi umur motor kita. Bagi yang suka berkendara jauh, maka penggunaan dari mesin sepeda motor harus menjadi hal yang dipantau dengan benar. Kalau sampai ada kelalaian dalam perawatan mesin sepeda motor, maka bisa saja akan membuat kerusakan bukan hanya pada mesin sepeda motor namun juga semua bagian motor tersebut.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Sembarangan Mengganti Spion Sepeda Motor, Lihat yang Terjadi

Untuk bisa membuat mesin sepeda motor menjadi lebih awet, maka ada beberapa hal sederhana dan mudah untuk kita lakukan. Dengan kemudahan ini tentunya akan membuat kita bisa lebih nyaman untuk naik motor tersebut. Nah, apa saja hal yang harus diperhatikan agar mesin motor tetap terawat, maka berikut ini ada beberapa tips sederhana dalam melakukan perawatan pada mesin sepeda motor, diantaranya adalah:

Ganti Oli Secara Berkala

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk merawat mesin motor adalah dengan melakukan penggantian oli secara rutin. Agar kondisi dari mesin sepeda motor selalu prima dan bisa dipakai, maka kita juga harus melakukan penggantian pada bagian oli supaya keadaan dari mesin sepeda motor tersebut tetap bisa kita pakai kapanpun. Penggantian oli memang menjadi sebuah kewajiban bagi kita untuk bisa mendapatkan sebuah keadaan dari mesin sepeda motor yang tetap prima.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk waktu penggantian dari oli tersebut juga harus kita perhatikan tentunya. Ada beberapa jenis motor yang mempunyai pengaturan berbeda untuk penggantian oli yang harus dilakukan. Keadan dari oli yang selalu dilakukan pengecekan dan penggantian dengan benar akan sangat berpengaruh kepada keadaan dari mesin sepeda motor tersebut.

Buang Kerak Yang Ada Pada Mesin

Ketika kita akan melakukan perawatan pada mesin sepeda motor, maka biasanya kita pun akan menemukan mesin yang sudah ada kotorannya. Ketika mesin sepeda motor ada keraknya, maka hal ini juga akan berpengaruh kepada performa yang akan kita dapatkan dari mesin sepeda motor tentunya.

Maka dari itu, akan sangat penting bagi kita memang ketika melihat ada kerak di mesin sepeda motor tersebut segera untuk dihilangkan dan dibersihkan. Ketika kita membiarkan kerak untuk ada di mesin sepeda motor, maka hal ini akan sangat berpengaruh juga kepada performa dari mesin sepeda motor yang akan kita dapatkan.

Selalu Isi Penuh Tangki Bensin

Kebiasaan dalam membeli bensin juga akan mempengaruhi performa yang akan kita dapatkan dari mesin sepeda motor tersebut. Kebanyakan dari kita tentunya kadang membiarkan tangki bensin hampir kering baru melakukan pengisian bensin. Nah, hal ini juga akan berpengaruh kepada keadaan dari mesin sepeda motor kita.

Agar performa dari mesin sepeda motor tersebut tidak akan mudah menjadi rusak dan juga melambat, maka usahakan memang keadaan dari tangki bensin tersebut selalu terisi penuh dan jangan membiarkan isinya sampai kosong. Kalau hal ini sampai terjadi, maka bisa saja kita tidak akan bisa menyalakan mesin sepeda motor tersebut nantinya.

Merawat Mesin Motor Itu Sederhana, Simak Caranya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5