Seperti Ini Triknya untuk Merawat Sepeda Motor Bebas Service

Seperti Ini Triknya untuk Merawat Sepeda Motor Bebas Service – Untuk sepeda motor menjadi salah satu kebutuhan yang vital bagi beberapa kalangan yang ada di indonesia. Tingkat mobilisasi yang tinggi memang membuat banyak orang kemudian perlu untuk menggunakan sepeda motor untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya. Namun, ketika kita sudah punya motor, maka kita pun harus paham dengan cara merawat sepeda motor dengan benar dan tepat.

Merawat Sepeda Motor

Karena cara perawatan yang pas akan membuat kita juga akan mendapatkan kualitas mesin sepeda motor yang lebih baik dibandingkan dengan keadaan sepeda motor yang sama sekali tidak dilakukan perawatan. Biaya perawatan sepeda motor tentunya memang bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkan sepeda motor itu sendiri. maka dari itu, akan penting rasanya untuk bisa mendapatkan sebuah sepeda motor dengan perawatan yang maksimal.

Baca Juga: Ini Jadinya Jika Suzuki Brugman Street 125 Mengaspal di Jalanan, Lihat yang Terjadi!

Nah, untuk bisa merawat sepeda motor dengan benar tentunya ada beberapa tips yang akan bisa kita lakukan. Berikut ini ada beberapa tips mudah dalam melakukan perawatan pada sepeda motor agar bisa tampil prima dan tidak selalu minta untuk dilakukan service berkala, diantaranya adalah :

Lakukan Cek Oli Secara Berkala



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Dalam melakukan perawatan pada sepeda motor, maka usahakan untuk selalu melakukan pengecekan pada oli sepeda motor secara berkala. Jangan sampai ketika baru saja menggunakan sepeda motor ternyata oli yang ada berwarna hitam dan juga kental. Kalau hal ini terjadi, maka segeralah untuk mengganti oli yang ada pada sepeda motor tersebut. Hal ini karena memang kegunaan dari oli yang ada di sepeda motor ini mempunyai fungsi penting untuk melumasi bagian atau komponen mesin yang lainnya. Kalau kita rajin melakukan pengecekan pada oli sepeda motor tersebut, maka tentunya hal ini akan sangat berpengaruh pada performa yang ada di sepeda motor itu sendiri.

Cek Kekencangan Dari Rantai Motormu

Rantai merupakan komponen dan bagian dari sepeda motor yang juga harus diperhatikan perawatannya. Pada sepeda motor jenis bebek, rantai yang terlalu kendur akan membuat rantai menjadi putus tiba-tiba. Maka dari itu, penting bagi kita untuk melakukan pengecekan pada bagian rantai sepeda motor bebek agar selalu oke dan tidak akan putus di jalan. Kalau memang kondisi dari rantai sudah mulai kering, maka segeralah lumuri rantai sepeda motor tersebut menggunakan pelumas oli.

Periksa Aki Agar Tidak Melewati Batas

Pemeriksaan dari aki sepeda motor juga menjadi salah satu bagian penting di dalam merawat sepeda motor. Penting memang untuk mengecek aki agar tidak melewati batas-batas yang dibutuhkan oleh sepeda motor kita tersebut. Ketika aki sudah lewat batas, maka hal ini akan sangat berpengaruh kepada kecepatan dan juga kerusakan yang terjadi pada bagian mesin atau bagian lainnya yang ada di sepeda motor tersebut.

Periksa Kualitas Busi Sepeda Motor

Kondisi dari busi sepeda motor juga harus dilakukan pengecekan secara berkala. Busi merupakan bagian dari sepeda motor yang sangat penting. Apalagi kalau kita sering berpergian jauh hanya menggunakan sepeda motor saja. kalau memang sepeda motor sudah menempuh jarak 12.000 kilometer, maka segeralah untuk mengganti busi sepeda motor tersebut.

Jangan Pernah Lupa Untuk Mengganti Roda Gigi Yang Sudah Tajam

Roda gigi menjadi salah satu bagian dari cara merawat sepeda motor yang harus kita perhatikan. Perawatan pada roda gigi yang benar akan membuat rantai menjadi tidak akan gampang putus atau putus tiba-tiba.

Seperti Ini Triknya untuk Merawat Sepeda Motor Bebas Service | Sinta Rizki Fadila | 4.5