Mesin Motor Sulit Dinyalakan? Ini Dia Penyebabnya!

Mesin Motor Sulit Dinyalakan? Ini Dia Penyebabnya – Apakah mesin motor sulit dinyalakan? Ada beberapa
hal yang bisa membuat mesin motor Anda menjadi tidak dapat dinyalakan dengan mudah. Namun, kebanyakan motor yang sulit dinyalakan itu karena motor tersebut kurang perawatan. Maka dari itulah, setiap pemilik kendaraan bermotor harus sadar terhadap pentingnya merawat tunggangannya sendiri.

Baca Juga : Tips Mengupgrade Motor Honda Vario 110 Fi

Anda bisa membayangkan saat Anda berangkat kerja, namun tiba-tiba saja motor Anda sulit dinyalakan? Untuk Anda yang dapat menganalisa penyebabnya dan setelah itu memperbaikinya, mungkin ini tidak jadi masalah. Lalu, bagaimana jika Anda tidak tahu tentang masalah mesin motor? Tentu saja ini bisa menjadi masalah besar untuk diri Anda. Apalagi Anda sedang terburu-buru untuk pergi ke kantor.

Sebenarnya, sepeda motor itu bisa sulit dinyalakan karena bahan bakar yang ada di dalam silinder motor tidak terbakar dengan sempurna. Terdapat 3 hal utama yang berkaitan dengan proses pembakaran motor. Yaitu, bahan bakar, udara, dan juga pengapian. Bila ketiganya dapat bertemu dalam waktu yang sesuai, tentu saja motor bis segera hidup karena memang telah terjadi pembakaran dengan sempurna. Namun, yang menjadi masalah adalah bila ketiga komponen itu sudah mulai bermasalah dan tidak ada dalam komposisi dan timing yang tepat.

Misalnya saja campuran di antara udara dan bahan bakar yang telah masuk ke dalam silinder tidak pas dengan campuran dari bahan bakar. Sehingga, hal ini membuatnya sulit terbakar. Sehingga, bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya penyebab dari mesin motor sulit dinyalakan
itu adalah sebagai berikut ini:

Campuran Bahan Bakarnya Tidak Sesuai



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Dalam sistem karburator campuran itu bisa diatur menggunakan bantuan dari sebuah baut. Bila campuran dari bahan bakar beserta udaranya tidak pas, misalnya saja terlalu kurus atau terlalu gemuk, sehingga hal ini membuat motor menjadi sulit untuk dinyalakan. Maka dari itulah jika hal ini terjadi, sebaiknya lakukan pengaturan yang tepat. Caranya adalah cukup putar saja bautnya hingga mentok, setelah itu balikkan lagi, setidaknya sebanyak 1 setengah dari putaran tersebut.

Pengapian

Pada dasarnya, timing pengapian itu berpengaruh besar terhadap proses pembakaran yang terjadi dalam silinder motor.namun sayangnya, timing pengapian itu tidak akan bisa berubah karena telah diset untuk mati. Sehingga, salah satu kemungkinan yang bisa menyebabkan mesin motor sulit dinyalakan adalah karena api businya kecil. Hal ini bisa saja terjadi karena busi motor sedang kotor atau bahkan memang mau mati. Disamping itu, hal ini juga bisa terjadi karena adanya masalah di bagian komponen pengapian yang lain. Misalnya saja, seperti koil dan CDI pengapian yang telah uzur.

Vakum Bensin Rusak

Pada beberapa sebagian besar motor itu dilengkapi pula dengan vakum bensin. Bila dibagian ini telah rusak, hal ini bisa menyebabkan aliran bahan bakar yang berasal dari tangki menuju ke karburator menjadi tersendat. Akibatnya, mesin motor sulit dinyalakan.

Celah Katupnya Tidak Pas

Ini jarang sekali terjadi. Namun, bila setelah untuk katupnya tidak sesuai, hal ini membuat proses pemasukan bahan bakar motor menjadi tidak tepat. Akibatnya, motor menjadi sulit untuk dinyalakan atau bahkan tidak dapat dinyalakan sama sekali.

Bahan Bakar Telah Bercampur dengan Air

Beberapa anak muda biasanya suka sekali melepas filter udara. Sehingga, hal ini membuat air bisa masuk dan bersampur dengan bensin. Akibatnya, hal ini bisa membuat mesin motor sulit dinyalakan.

Mesin Motor Sulit Dinyalakan? Ini Dia Penyebabnya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5