Modifikasi Motor ala Setting Motor Roadrace 2017

Modifikasi Motor ala Setting Motor Roadrace

Setting Motor Roadrace – Bagi brader penggemar kejurnas Motoprix pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Roadrace, kejuaraan ini sering digelar secara rutin untuk mempertontonkan kelihaian para penunggang kuda besi sekaligus dijadikan ajang test drive kemampuan tiap motor, namun pastinya tidak semua motor yang bisa bersaing di kejurnas sebab diperlukan motor dengan setingan tertentu agar bisa digunakan pada tiap sirkuit yang memiliki karakteristik yang berbeda, jika setingan motor tidak prima, maka hal yang tidak diinginkan pun bisa terjadi pada saat pertandingan seperti rantai kendur, mesin overheat atau hal lainnya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini tim redaksi otorider.net ingin berbagi ilmu seputar Setting Motor Roadrace yang khusus disusun untuk sobat yang ingin merasakan kemampuan roadrace di jalan, jangan khawatir tidak cocok karena pada dasarnya setingan seperti ini bisa diterapkan oleh siapapun atau motor manapun, agar penasaran hilang mari langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Setting Motor Roadrace Honda Blade

Salah satu motor roadrace favorit para pembalap adalah Honda Blade, oleh karena itu sebagai contoh kali ini crew otorider.net akan membuka rahasia motor Roadrace Honda Blade yang dulu sering podium kejuaraan roadrace di sirkuit:

  • Kepala Silinder

Pada dasarnya konstruksi kepala silinder Honda Blade sudah sangat bagus, rasio perbandingan rocker arm milik Honda Blade lebih tinggi dari mesin Honda lainnya, perbandingan rocker arm Honda Blade ini adalah 1 : 1,5 maksudnya saat rocker arm terdorong camshaft atau noken as dalam posisi lift maksimal, bagian klep bisa terbuka 1,5 kali lebih tinggi dari tonjokan camshaft.

Jika tinggi chamshaft dinuat 6mm maka klep bisa terbuka 9mm, perbandingan ini lebih tinggi dari motor Jupiter Z dan Supra X 125 (1 : 1,33) sehingga noken as Honda Blade berputar lebih ringan karena tidak membutuhkan daya tekan besar agar klep terbuka makin tinggi.

Selanjutnya buat desain baru camshaft yang bisa mengatur lubang isap agar membuka 34 derajat sebelum TMA dan menutup 56 derajat setelah TMB, dengan lift hanya 9mm serta LSA tidak lebih dari 103 derajat maka over lap kedua klep saat terbuka bersamaan sekitar 3mm.

Salah satu keunggulan lain konstruksi kepala silinder Honda Blade adalah kubah silindernya sudah lebih ceper dari lainnya sehingga lebih mudah untuk menaikkan kompresi, cukup ganti dome piston yang lebih tinggi 2,5mm kemudian dipapas sedikit saja, kompresi otomatis naik tanpa harus membuat squish (merubah sudut kubah) hasilnya peak power Honda Blade menjadi 16dk di 8000 rpm sekitar 2x lipat dari tenaga standar.

Simak juga: Motor Matic Paling Irit Versi Otorider

  • Intake dan Porting

Kebanyakan mekanik balap memasang intake karburator sependek mungkin, namun khusus Honda Blade bisa memasang intake panjang karena makin panjang tekanan gas bahan bakar jadi makin tinggi, torsi semakin tinggi dan hasilna power tengah-bawahnya lebih mantap.

Gunakan intake KOSO yang dipotong dan disambung sekitar 15cm sehingga membentuk seperti ular cobra, saat masuk kecil membesar ditengah, dan mengecil lagi mengikuti ukuran klep.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  • Tensioner Rantai Keteng

Tensioner rantai Blade masih menggunakan fitur yang sama dengan generasi C series, yakni dengan menggunakan roller, bukan bilah seperti milik Supra X 125, agar rantai keteng tidak mudah kendor, awet dan konsisten pada putaran tinggi, modifikasilah menggunakan bilah dan setelan kekerasan dijadikan mirip Supra X 125.

  • Pengapian

Seting Motor Roadrace berikutnya fokus pada bagian pengapian. Bubut magnet standar bawaan pabrik, CDI pakai BRT i-max milik Supra X 125, kemudian sesuaikan kabelnya karena berbeda dengan socket Blade.

  • Kopling

Kopling Honda Blade sudah mirip dengan system pegas diafragma, oleh karena itu kopling Honda Blade bisa diganti dengan kopling set system pegas spiral bawaan Supra X 125.

  • Rangka Standar

Tidak perlu modifikasi besar – besaran pada Honda Blade serta tidak perlu memotong rangka standar, cukup modifikasi sobraker belakang dengan keluaran Daytona kemudian tukar swing arm atau memindahkan posisi tangki dengan begitu kerangka sudah mumpuni untuk digunakan balap.

Galeri Foto Motor Road Race

Modifikasi Motor ala Setting Motor Roadrace Honda Blade

Tim Balap Cargloss AHRS

Honda Blade motor

Honda New Blade 110R Racing Look

Modifikasi Motor ala Setting Motor Roadrace New Blade 110R

Demikian tips – tips mengenai Setting Motor Roadrace semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider.

Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • blade road race (240)
  • modifikasi honda blade road race (223)
  • honda blade road race (182)
  • spesifikasi motor road race (156)
  • cara membuat motor road race (153)
  • cara membuat stang road race (149)
  • motor road race (148)
  • supra 110 road race (66)
  • modif honda blade road race (64)
  • supra x 125 modifikasi road race (58)
Modifikasi Motor ala Setting Motor Roadrace 2017 | Sabian | 4.5