Mengendari Motor Gigi Manual Memang Sulit, Tapi Tidak Untuk Yang Ini..

Mengendari Motor Gigi Manual Memang Sulit, Tapi Tidak Untuk Yang Ini.. – Bagi seseorang yang baru saja belajar naik sepeda motor pasti merasakan kesulitan ketika ingin belajar mengendarai sebuah motor gigi manual. Karena, menjalankan motor manual itu tidak semudah seperti menjalankan motor matic pada umumnya. Karena jika motor matic Cuma mengandalkan rem dan gas saja, maka tidak untuk motor manual.

Baca Juga: Seperti Inilah Penampakan Motor Listrik Terbaru Milik Harley Davidson Setengah Miliar

Saat mengendarai motor manual, Anda harus memahami tentang kapan waktunya untuk melakukan pergantian gigi. Ada tuas kopling yang fungsinya untuk memutuskan sekaligus meneruskan tenaga yang berasal dari mesin menuju ke bagian komponen penggeraknya. Disamping itu, kopling ini juga berguna untuk membuat perpindahan gigi motor terasa lebih halus. Jadi, bagaimana solusinya untuk yang masih kesulitan dengan motor ini?

Tips Berkendara Motor Gigi Manual untuk Pemula

motor gigi manual

Sebenarnya berkendara motor manual itu tidak sesulit dilakukan bila Anda memahami beberpa hal di bawah ini dulu:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Anda harus memahami bagaimanakah teknik berkendara ketika melewati jalanan yang menanjak dan menurun. Jadi, handling dan keseimbangan motor manual itu sama seperti motor matic. Yang membedakan di antara keduanya hanyalah di bagian pengoperasian transmisinya saja. Belum tentu orang yang sudah mahir dengan motor matic akan bisa mengendarai motor manual begitu saja. Begitu juga sebaliknya.
  2. Sebaiknya pelajari dengan baik karakter torsi motor dan tenaga motor yang akan dikendarai. Anda harus tahu seberapa besarkah tenaga dan juga torsi motor sebelum mengendarainya. Karena, bila Anda sampai salah melepaskan kopling motor, hal ini bisa membuat motor gigi manual yang Anda kendarai langsung terhentak.
  3. Selanjutnya, cobalah untuk membiasakan diri dalam melepaskan kopling motor secara halus. Latihlah bagian ini dengan baik tanpa menambahkan gasnya. Ini sangat berguna sekali agar Anda bisa lebih sensitif dan bisa merasakan pergerakan motor. Jadi, pengoperasian motor manual dalam keadaan take off ini sebaiknya jangan digas dulu. Namun, cukup lepaskan tuas kopling dengan cara bertahap sampai tidak terasa, agar Anda bisa merasakan momentum pergerakannya dengan baik.
  4. Barulah setelah Anda bisa merasakan pergerakannya, Anda bisa menambahkan gasnya dengan cara bertahap. Jadi, yang perlu digaris bawahi disini adalah, jangan pernah menambahkan gasnya dengan cara spontan. karena hal ini bisa membuat laju kendaraan motor Anda langsung terhentak. Akibatnya, Anda sendiri yang akan dibuat kaget olehnya.
  5. Cobalah untuk melatih perpindahan gigi di bagian torsi maksimunnya degan baik. Jadi, ketahui dulu torsinya, sehingga Anda bisa merasakan perpindahan giginya secara halus. Dengan cara inilah Anda tak perlu lagi harus selalu berpindah gigi saat putaran mesin motor sedang tinggi yang bisa memperpendek komponen pada motor Anda. Karena bila Anda tidak memperhatikan hal ini dengan baik, yang ada justru akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.
  6. Jadi, sebaiknya lakukan perpindahan gigi saat putaran mesin motor tidak maksimal. Jadi, lakukan hanya pada titik torsi yang mencapai 2.300 rpm hingga 2.500 rpm dalam kondisi berkendara normal. Biasakan untuk memakai putaran mesin yang rendah agar konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

Selain beberapa hal di atas, yang harus Anda perhatikan disini adalah cobalah untuk memastikan perlambatan memakai engine brake dan juga rem. Atau perlambat laju motor dengan cara memakai rem belakang dan rem depan dengan kecepatan motor yang rendah dan pada putaran mesin motor yang rendah. Sehingga, mesin motor bisa menjadi lebih awet.

Mengendari Motor Gigi Manual Memang Sulit, Tapi Tidak Untuk Yang Ini.. | Sinta Rizki Fadila | 4.5