Daftar Pabrikan Motor Legendaris, Kini Tinggal Kenangan

Daftar Pabrikan Motor Legendaris, Kini Tinggal KenanganDaftar Pabrikan Motor Legendaris, Kini Tinggal Kenangan – Saat ini yang namanya persaingan pasar sepeda motor memang semakin hari makin kejam. Bila sebuah pabrikan dan perusahaan motor tidak bisa bersaing dan ikut turut serta untuk berinovasi, otomatis produk mereka akan menjadi tersingkirkan secara perlahan-lahan. Hasilnya, produksinya tersebut menjadi harus dihentikan, sampai pada akhirnya pabrikan motor ini bisa langsung ditutup.

Baca juga: Kini Yamaha XV 750 Virago Menjadi Bergaya Scrambler

Tengok saja beberapa produsen sepeda motor yang berasal dari Jepang yang sudah pernah hadir dan menjamur saat ini. Hanya ada 4 produsen motor yang terbesar yang bisa ebrsaing dalam pasar otomotif secara global. Di bawah ini adalah daftar pabrikan motor legendaris yang sempat tenar, namun saat ini hanya tinggal kenangan dan kisahnya saja, antara lain:

Motor Victory Motorcycles

Motor yang satu ini berasal dari Amerika Serikat. Motor ini secara khusus dibuat identik dengan motor berbentuk bageer, cruisher, dan juga berbentuk touring pada masa kejayaannya. Hanya saja, saat ini produk ini terpaksa harus dihentikan produksinya dan harus ditutup. Pemilik brand dari perusahaan Victory, yaitu Polaris juga mengatakan bahwa anak perusahaannya tersebut tidak cukup kuat bila harus bersaing dengan sejumlah brand besar yang lain. Ironisnya lagi adalah, di awal tahun 2017 kemarin, pabrikan ini akhirnya secara resmi telah ditutup dikarenakan profit yang sangat minim sekali.

Motor Maserati



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Motor ini berasal dari pabrikan Itallia. Produsen ini sebenarnya masih cukup caya. Apalagi di Eropa sendiri telah dihadirkan berbagai macam produk mobilnya yang berhasil memikat semua orang Eropa. Namun, siapa sangka bila ternyata pabrikan motor legendaris ini dulu pernah meluncurkan sebuah produk motor buatannya sendiri. Pamornya juga berhasil naik dikarenakan saat di tahun 1950-an yang lalu, produsen ini telah berhasil menghadirkan performa motor yang benar-benar terbaik di kelasnya. Namun sayangnya, kiprah dari motor ini harus berakhir di tahun 1960-an. Hal ini dikarenakan produsen ini telah mengalami sebuah krisis finansial, yang mana kemudian harus segera ditutup dengan terpaksa.

Motor Laverda

Sama seperti produk dari Maserati. Karena produk laverda ini juga berasal dari pabrikan Italia. Pabrikan motor yang satu ini telah meluncurkan dan memperkenalkan produk motor pertamanya di tahun 1949 yang lalu. Setelah itu, produknya tersebut langsung saja diturunkan di ajang balap dalam Endurance Milan Toronto. Dimana saat itu, motor ini mengusung kapasitas mesin sebesar 75 CC dan ada juga yang berukuran sebesar 125 CC. Selanjutnya, produsen ini mulai menambah kapasitas mesinnya yang menjadi lebih besar lagi. Yaitu berukuran sebesar 500 CC, kemudian 650 CC, dan juga berukuran sebesar 1.000 CC.  Hanya saja, sayangnya di tahun 1984 yang lalu, produsen pabrikan motor legendaris ini harus ditutup dengan terpaksa karena telah gagal dalam mencapai keuntungan yang cukup. Namun, namanya sempat bangkit lagi setelah dibawa oleh Aprilia. Selanjutnya, di tahun 2004, namanya Laverda ini dipensiunkan pasca Aprilia mulai bergabung ke dalam Piaggio Group.

Motor Bridgestone

Salah satu pabrikan motor legendaris yang sempat tenar dan saat ini hanya tinggal kenangan saja adalah motor Bridgestone. Namanya disini identik sekali dengan nama merk roda sepeda motor dengan teknologi yang tinggi. Namun, ternyata dalam pasca Perang Dunia II, pabrikan dari Jepang ini pernah memproduksi motor secara masal dan sempat terkenal. Hanya saja, produknya diberhentikan produksi karena ada ancaman yang berasal dari produsen motor Jepang yang lain.

Daftar Pabrikan Motor Legendaris, Kini Tinggal Kenangan | Sinta Rizki Fadila | 4.5