Motor Sport Yamaha Xabre 4-Valve SOHC

Yamaha Xabre –  Kabar mengenai Yamaha Xabre 150 mendapat perhatian yang cukup besar dari penggemar otomotif roda dua di Tanah Air. Berita bakal segera hadirnya keluarga baru Yamaha MT Series itu semakin heboh ketika di Thailand Xabre 150cc sudah lebih dulu diluncurkan dengan nama Yamaha M-Slaz. Yamaha Xabre adalah motor ketiga yang diluncurkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pada awal tahun 2016 setelah dua motor matik, Yamaha Fino 125 dan Yamaha Aerox 125LC.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Motor Sport Yamaha Xabre 4-Valve SOHC

 

Xabre resmi diluncurkan Selasa 26 Januari 2016 di The Mulia Hotel, Nusa Dua Bali. kelambu penutupnya dibuka pertama kali oleh sang megastar pembalap MotoGP, Valentino Rossi. Selain hadir dalam peluncuran motor Yamaha Xabre, rider kawakan asal Italia itu juga berkunjung ke Bali untuk menghadiri National Meeting Main Dealer yang diselenggarakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Yamaha Motor Company (YMC Japan).

Pihak Yamaha memberi nama motor besutan terbarunya yaitu Xabre. Kuda besi sport bertema ULTIMATE STREET FASHION SPORT yang berkesan X-treme Sport agresif, didesain sangat tajam dan modern. Yamaha Xabre didukung teknologi mesin 150cc LC4V Fuel Injection dengan akselerasi cepat dan daya tahan tinggi karena teraplikasi DiASil Cylinder dan forged piston. Kombinasi mesin SOHC dengan cylinder bore 57mm dan langkah piston 58,7mm ideal untuk jalan perkotaan yang padat.

Tenaga maksimum yang dihasilkan 12.0 kW (16.35 PS) pada 8500 rpm dan torsi maksimumnya 14.30 Nm (1.45 kgf.m) pada 7500 rpm lincah bermanuver berkat dukungan suspensi depan up side down, ditunjang sasis DELTA BOX, & Alumunium Die-Cast Swingarm. Dengan ban bertapak lebar (depan 110/70, belakang 130/70) menambah stabil saat bermanuver.

Desain Yamaha Xabre 150cc

Desain Yamaha Xabre 150cc

Mengusung desain Futuristik dipadukan dengan Fashion Street Sport, Yamaha Xabre semakin ngacir di depan meninggalkan jauh kompetitor beratnya, memang pabrikan motor Yamaha selalu selangkah lebih maju dalam berinovasi dan teknologi. Konsep desain Yamaha Xabre 150 ini memang masih menggunakan basis Yamaha M-Slaz. sekaligus melanjutkan kehandalan Yamaha dalam mendesain bodi sepeda motornya. Untuk tampilan eksteriornya, Yamaha Xabre 150 terlihat sangat macho maskulin, keluar dari pakem desain naked bike di Indonesia kebanyakan. Dimulai dari headlamp yang terlihat ala street fighter yang sangat kuat dengan model lampu mungil dengan sudut-sudut yang tajam. Lampu depan dan stoplamp yang disematkan di Xabre 150 sendiri sudah berjenis LED yang pastinya bakal memberikan penerangan lebih maksimal.

Model handle bar di buat lebih lebar dengan jarak dibuat sangat presisi dengan tampat duduk, yang membuat posisi riding menjadi lebih tegak dan nyaman meski berkendara jarak jauh serta tidak mudah capek. Menariknya lagi, posisi tempat duduk pembonceng di buat bertingkat. Tak hanya sampai disitu saja, pada bagian tangki yang memiliki daya tampung 10.2 L di berikan tambahan sayap dan cover mesin yang sama-sama di desain meruncing, membuatnya tampil berbeda dibanding motor terbaru dari Yamaha sport lainnya.

Sedangkan pada dimensi ukuran Yamaha Xabre. Motor sport satu ini di hadirkan dengan panjang keseleuruhan 1959mm lebar 795mm dan tinggi mencapai 1065mm, yang menghasilkan bobot seberat 135kg. Over all dari bobot dan ukuran dari body motor sport terbaru dari Yamaha ini akan memudahkan semua pengendara dalam melakukan manuver di jalanan. Apalagi Yamaha Xabre di buat dengan jarak terendah terhadap tanah 164mm, jadi sobat tak perlu kawatir lagi soal polisi tidur maupun jalanan berlubang, karena body bagian paling bawah tetap aman.

Dan kenyamanan tetap terjaga berkat dijadikannya model suspensi up side down di bagian depan dan belakang menggunakan jenis monoshock dengan ditambahkan alumunium arm, yang memiliki ketahanan lebih baik, namun tetap ringan, sehingga bukan hanya sekedar sebagai pelengkap gaya modern pada motor terbaru dari Yamaha ini, kedua model suspensi yang digunakan oleh Yamaha Xabre juga semakin meningkatkan tingkat keseimbangan yang ada. Hebatnya lagi, Yamaha Xabre telah mengadopsi model ban tubeless, yang menjadikan segi kenyamanan yang ada lebih terjaga.

Terakhir pindah ke sektor dapur pacu, yang mana brader pastinya ingin lebih tahu jauh akan perbedaan antara Yamaha Xabre, V-ixion, dan R15. Ketiganya memang mengusung mesin dengan besaran sama. Akan tetapi ketiganya memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing, yang mana yamaha R15 didukung dengan 6 percepatan manual, Yamaha V-ixion diperkuat 5 percepatan manual, dan pada Yamaha Xabre telah mengadopsi teknologi ECU ( Engine Control Unit), yang dapat meningkatkan akselerasi dan handling lebih tinggi ketimbang kedua motor sport kelas 150cc dari yamaha tersebut.

Xabre 150 mengadopsi mesin turunan dari Yamaha YZF R-15. Artinya untuk spesifikasi jeroannya, Xabre 150 mengusung mesin empat langkah dengan kubikasi 149 cc, satu silinder SOHC 4 katup. Untuk pendingin mesinnya, Xabre 150 mengandalkan sistem pendinginan liquid cooled atau berpendingin cairan. Mesin yang tertanam pada Yamaha Xabre 150 ini mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 12,0 kW pada putaran mesin 8500 rpm, dan torsi puncak mencapai 14,3 Nm pada putaran mesin 7500 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Xabre ini sebenarnya masih seimbang dengan power yang dimiliki Yamaha YZF-R15, karena memang basis mesinnya masih sama.

Harga Yamaha Xabre 150 dipatok pada kisaran Rp 28.900.000. Harga tersebut memang terpaut tipis jika dibandingkan dengan harga Yamaha R15. Jika melihat nominal harganya, jelas bahwa Yamaha Xabre 150 ini akan berdiri sejajar dengan Yamaha R15 di segmen high-end motor sport, alias motor sport menengah kelas 150cc. Namun bila dilihat dari harganya juga, harga Yamaha Xabre 150 ini ternyata masih di atas dua jagoan Yamaha di segmen low-end motor sport, yakni New V-ixion Advance dan juga Byson FI. Hal ini kemudina menjadi menarik karena kehadiran Xabre 150 dikhawatirkan akan mematikan pasaran Yamaha V-ixion dan juga Yamaha Byson. Namun kemungkinan ini sudah dibantah YIMM, dimana Yamaha Xabre 150 akan menempati pangsa pasar yang berbeda dengan NVL dan juga Byson FI. Pihak Yamaha sempat menyatakan bahwa Xabre secara khusus ditujukan untuk penggunaan jarak jauh, sementara New V-ixion dan juga Byson lebih menyasar daily usage, atau penggunaan harian. Namun secara umum, banderol harga Yamaha Xabre 150 ini memang cukup kompetitif untuk pangsa pasar sepeda motor sport kelas menengah.

Simak juga ulasan: Sepeda Motor Paling Irit Bahan Bakar di Indonesia

Spesifikasi Yamaha Xabre 150

Mesin

  • Tipe Mesin 4-Valve, SOHC, Liquid Cooled
  • Kapasitas Isi Silinder 149cc
  • Rasio Kompresi 10,4:1
  • Diameter x Langkah 57.0 x 58.7 mm
  • Sistem Pengabutan Bahan Bakar Fuel Injection
  • Sistem Kopling Basah, kopling manual, multiplat
  • Daya Maksimum 12,0 kW/8500 rpm
  • Torsi Maksimum 14,3 Nm/7500 rpm
  • Sistem Starter Pedal & Elektrik dengan Switch Engine Stop

Dimensi

  • P x L x T 1.959 x 795 x 1.065 mm
  • Tinggi Jok 805 mm
  • Jarak terendah ke tanah 164 mm
  • Berat isi 135 Kg
  • Kapasitas Tanki 10,2 Liter

Frame

  • Tipe Rangka Diamond
  • Suspensi Depan Teleskopik
  • Suspensi Belakang Swingarm
  • Ukuran Ban Depan 110/70-17 (54S) Tubeless
  • Ukuran Ban Belakang 130/70-17 (62S) Tubeless
  • Tipe Rem Depan Single disk brake
  • Tipe Rem Belakang Single disk brake

Kelistrikan

  • Baterai GTZ4V/YTZ4V
  • Tipe Busi NGK/CR9E
  • Fitur Tambahan
  • Lampu Full LED (Light Emiting Diode)
  • Speedometer Full Digital

Galeri Foto Yamaha Xabre

Headlamp Xabre

Speedo Meter Xabre

Stoplamp Xabre

Posisi Jok Xabre

DeltaBox Xabre

The New Starter Engine

 

Yamaha Xabre Varian Blue

Desain Yamaha M-Slaz

Demikian ulasan mengenai Yamaha Xabre, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

oli untuk yamaha xabre, oli untuk xabre, oli yang bagus untuk yamaha xabre, ukuran gear xabre, jeroan mesin yamaha xabre, yamaha xabre street racing, Gir belakang yamaha xabre, gear rasio racing xabre, busi yang bagus untuk xabre, aturan ganti oli pada motor xabre
Motor Sport Yamaha Xabre 4-Valve SOHC | Sabian | 4.5