Motor Supra Brebet ketika Di Gas, Ternyata Penyebabnya Ini!

Pernahkah Anda disaat mengendarai motor Supra, namun tiba – tiba saja brebet ketika digas? Bila hal tersebut terjadi pada Anda, maka jangan pusing dulu! Karena dalam kesempatan kali ini kami akan berikan penjelasan terkait dengan itu.

Motor Supra Brebet ketika Di Gas, Ternyata Penyebabnya Ini!

Namun sebelum itu, ingatlah bahwa yang namanya kendaraan bermotor itu sebenarnya adalah sebuah kendaraan yang digerakkan oleh bantuan dari peralatan teknik untuk proses penggerakannya. Alat ini dipakai untuk bertransportasi lewat darat.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melirik Harga Motor Klx

Pada umumnya, kendaraan bermotor ini memakai mesin pembakaran dalam. Namun, untuk motor listrik dan sejenisnya, biasanya ada yang memakai listrik hibrida dan juga hibrida plug in.

Nah, kita semua tahu, yang namanya kendaraan bermotor pasti punya roda untuk berjalan di jalanan. Kendaraan bermotor sendiri terbagi atas banyak varian, ada bus, mobil, motor, dan lain – lain. Untuk pemakai sepeda motor, pastilah Anda tidak ingin mengalami masalah tersendat saat sedang melaju kencang. Apalagi mengalami brebet ketika gas sedang ditancapkan. Setelah itu, mesin sampai kehilangan daya.

Pasti memusingkan sekali bila sampai terjadi hal yang seperti itu. Biasanya sepeda motor bisa seperti itu bila jarang di servis atau bahkan tidak pernah di seris sama sekali. Maka dari itulah, bila sampai terjadi masalah brebet pada motor Supra Anda, maka artinya ada suatu hal yang tidak beres dengan system karburator motor Anda tersebut.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Penyebab Motor Supra Brebet ketika di Gas

Salah satu penyebab motor ini menjadi brebet itu sebenarnya adalah adanya rangkaian karburator yang tidak lagi dapat berfungsi dengan baik. Biasanya businya kotor, dan karburatornya telah tercampur dengan air. Ini bisa menyebabkan terjadinya brebet. Hal tersebut kerap terjadi ketika musim penghujan dan saat selesai mencuci motor.

Cara Memperbaiki Motor Supra yang Brebet saat Ditancapkan Gas

  1. Lakukan pengecekan terhadap komponen businya lebih dulu. Setelah itu bersihkan sampai bersih.
  2. Kemudian, langsung saja buanglah bensin yang terdapat di dalam karburatornya. Anda bisa membuangnya dari lubang pembuangan memakai kunci t tanpa harus melakukan pembongkaran pada karburator Anda tersebut. Hanya saja, bila Anda memakai motor matic, maka membuang bensin dengan cara ini akan cukup sulit. Sehingga, Anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan baut pembuangan yang terdapat pada bawah karburator motor.
  3. Bila ada air dalam karburator, maka bekap karburatornya sambil memainkan gasnya. Bila berhasil, maka motor akan berjalan dengan normal.
  4. Jika ternyata cara tersebut tidak berhasil, maka langsung saja ganti busi motornya tersebut dengan busi yang baru. Karena hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan businya tersebut telah rusak atau mati. Jadi, cobalah untuk melakukan pengecekan di bagian kabel koilnya. Karena besar kemungkinan socketnya ada yang longgar, sehingga terjadilah brebet dalam putaran atasnya.
  5. Bila nanti tetap saja brebet, sebaiknya priksalah pada CDi nya dan juga pada bagian komponennya dengan cara membongkar bagian karburatornya.
  6. Jia Anda menemukan ada air dalam karburatornya, sebaiknya periksalah di bagian tangki bahan bakarnya. Bila ternyata tangki bahan bakarnya tersebut kemasukan air, maka salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengurasnya.

Itu tadi adalah beberapa cara termudah untuk mengatasi permasalahan motor brebet untuk motor Supra ataupun untuk jenis motor yang lainnya. Selamat mencoba dan semoga cukup bermanfaat untuk mengatasi permasalahan pada motor Anda tersebut!

Artikel Terkait:

  • masalah berebet pada motor supra (1)
Motor Supra Brebet ketika Di Gas, Ternyata Penyebabnya Ini! | Sinta Rizki Fadila | 4.5