Penyebab Oli Motor 2 Tak Menetes

Penyebab Oli Motor 2 Tak Menetes  – Kebocoran oli yang membuat oli motor 2 tak menetes ini sering menjadi salah satu permasalahan tersendiri untuk pengendara sepeda motor. Apalagi bila sesudah motor tersebut diparkir untuk waktu yang lama, kemudian terlihat ada sebuah bekas tetesan dari oli yang terletak di bawah motor. Tentu saja hal ini bisa menjadi salah satu permasalahan.

oli motor 2 tak

Biasanya hal ini kerap terjadi pada motor 2 tak. Ada banyak hal yang menjadi penyebab kebocoran oli motor ini. Salah satunya adalah dikarenakan volume oli yang terlalu over dan terlalu banyak atau bisa juga dikarenakan pemasangan komponen yang tidak pas. Sehingga, hal ini menyebabkan terjadinya kebocoran dan tumpahnya pada oli motor tersebut.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, maka berdasarkan Ahmad Sayuti, seorang pemilik bengkel dari Bontot Motor di Jakarta Barat, Kebun Mede, ini mengatakan bahwa tidak semua motor 2 tak itu juga mengalami masalah yang sama. Karena, kebocoran oli ini bisa juga berasal dari beberapa komponen yang lain. Hal ini tergantung dari tahun pembuatan motor itu sendiri.

Bila motor tersebut sudah tua, umumnya rata-rata memang selalu ada yang menjadi penyebab kebocoran itu. Biasanya kebocoran ini berasal dari gear, seal, persneling, seal kruk as, paking knalpot, dan juga bisa saja dari paking mesinnya. Paking knalpot ini bisa juga berasal dari leher knalpotnya. Khususnya tepat dibagian sambungannya. Sehingga, hal ini menyebabkan menetesnya oli ke bawah motor.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Tak jarang pula bila kebocoran pada oli motor 2 tak ini sering terjadi ketika pemilik motor tersebut baru saja mengganti knalpot motornya. Seperti yang telah diketahui, bahwa sebagian besar orang yang mempunyai motor 2 tak ini, seperti pemilik Yamaha RX King, umumnya suka sekali mengganti knalpotnya secara rutin supaya suaranya bisa berasa makin nyaring. Padahal, bila saat proses pemasangan knalpot ini tidak pas, maka hal ini bisa menyebabkan menetesnya oli motor.

Pemasangan yang tidak tepat ini bisa terjadi saat pemasangan paking knalpotnya terlalu miring, atau menggunakan produk yang tidak original. Selain itu, hal ini juga bisa saja terjadi karena baut motor yang digunakan sudah mulai kendor. Sehingga, hal ini membuatnya jadi tidak rapat dan menyebabkan terjadinya kebocoran oli. Tak hanya itu saja, kebocoran oli motor itu juga bisa terjadi karena volume oli yang terlalu banyak. Sehingga, hal ini bisa menyebabkan terjadinya kebocoran.

Bila yang bermasalah adalah oli motor 2 tak, maka oli sampingnya itu seharusnya ikut serta ke dalam bagian ruang bakar. Jadi, hal ini bisa saja terjadi karena kebanyakan pengisian oli, sehingga menyebabkan kebocoran. Oli samping yang terlalu banyak ini bisa ikut naik ke dalam ruang bakar. Sehingga, ada beberapa yang tidak terbakar dan ada juga yang ikut ke dalam ruang buang atau yang sering disebut juga dengna knalpot atau exhaust ini.

Tak heran bila karena kejadian itulah kemudian menyebabkan oli motor menjadi menetes dibagian bawah motor ini. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan dalam pengisian oli motor Anda dengan sebaik mungkin. Karena setelah melihat dari sedikit penjelasan di atas, kini sudah dapat diketahui bahwa sebenarnya kebocoran itu tidak terjadi tanpa sengaja begitu saja. Namun, kebocoran pada oli motor itu juga bisa terjadi karena kesalahan dari human error itu sendiri.

Penyebab Oli Motor 2 Tak Menetes | Sinta Rizki Fadila | 4.5