Cara Memilh Oli Samping Motor agar Awet

Cara Memilh Oli Samping Motor agar Awet – Untuk membuat mesin motor selalu awet dan tahan lama, maka akan lebih baik bila Anda harus lebih pandai dalam menentukan oli samping motor yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan meisn motor yang Anda gunakan tersebut. Dengan cara inilah nantinya akan membuat motor menjadi lebih awet.

Baca juga: Review: Oli Samping untuk Pengguna Kendaraan Bermotor

Bila Anda salah dalam memilih oli samping ini, dan ternyata yang Anda beli tidak sesuai dengan karakter mesin yang Anda gunakan tersebut dan ternyata tidak sesuai dengan standard mesin yang Anda gunakan, hal ini bisa menyebabkan terjaidnya kerusakan yang fatal terhadap mesin motor ini. Karena oli itu nanti yang akan berguna sebagai penolong mesin motor terhadap terjadinya keausan motor tersebut.

Cara Memilh Oli Samping Motor agar Awet

Nah, di bawah ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan oli samping motor supaya mesin motor bisa selalu awet, antara lain:

Pertama, sebaiknya pakai oli berstandart internasional. Ini adalah cara terbaik dalam memilih oli samping yang tepat. Setidaknya Anda harus memilih oli samping dengan minimal harus berstandard nasional. Misalnya saja seperti berlisensi JASO, ISO, FC, L-EGC, dan juga API TC.

Ini adalah lisensi untuk oli samping motor yang cukup baik untuk motor Anda tersebut. Dengan memilih oli inilah akan menjaga piston dan part mesin motor yang lainnya bisa selalu terjaga terhadap gesekan. Namun, bila Anda ingin yang lebih baik lagi, akan lebih baik bila Anda menggunakan oli samping yang sudah berstandard JASO FD< API TD, dan juga ISO L-EGD.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, sebaiknya jangan menggunakan oli campuran. Kadang kala banyak orang awam yang suka sekali mendengar kata orang dari pada mendengar kara orang yang memang sudah ahli di bengkel. Banyak di antara dari mereka yang lebih suka unutk melakukan eksperimen yang tidak jelas dengan cara mengkombinasikan antara 2 jenis oli samping dalam memenuhi kebutuhan oli motornya tersebut.

Padahal, hal yang seperti ini sudah pasti salah besar! Karena setiap jenis merk oli motor itu punya karakter dan ciri khas tersendiri. Ada beberapa orang yang memiliki kinerja yang berbeda dan belum tentu bila dicampurkan dengan 2 jenis oli motor yang berbeda keduanya bisa menyatu. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan hal ini dengan baik supaya nantinya Anda tidak mengalami kesalahan dalam memilih oli ini.

Ketiga, jangan menggunakan oli oplosan dan oli bekas. Pemakaian oli bekas ataupun pemakaian oli oplosan ini harus dihindari. Karena bisa saja bahwa oli tersebut nanti mengandung sejumlah zat dan kotoran yang bisa muncul dan menempell pada oli tersebut. Sehingga, bila hal ini dibiarkan begitu saja, kotoran tersebut bisa masuk ke dalam mesin motor dan justru akan menyebabkan terjadinya kemacetan terhadap aliran bensin dan oli motor tersebut.

Ke-empat, sebaiknya pakai oli yang sesuai dan tepat dengan karakter dan kondisi motor Anda sendiri. Ini adalah salah satu cara terbaik agar Anda bisa mendapatkan sebuah oli samping motor yang tepat untuk motor Anda. Namun sayangnya ternyata banyak orang justru memaksakan diri dengan menggunakan oli racing ini pada motor standard dan kadang justru oli standard digunakan untuk motor racing.

Maka dari itulah, akan lebih baik bila Anda memakai oli semi sintetik saja untuk oli standard mesin dari pabrik. Cara ini cukup ampuh untuk membuat mesin motor menjadi lebih awet dan tahan lama.

 

Cara Memilh Oli Samping Motor agar Awet | Sinta Rizki Fadila | 4.5