Mahalkah Pajak Sepeda Motor Listrik Itu?

Mahalkah Pajak Sepeda Motor Listrik Itu – Sekarang ini banyak sekali motor listrik yang mulai diperkenalkan di seluruh penjuru dunia, termasuk di tanah air tercinta kita. Bahkan, banyak juga di antaranya yang telah dijual di berbagai pameran otomotif yang ada di Indonesia. Tentu saja melihat hal tersebut, hal ini langsung saja memancing semua orang untuk ikut serta membeli motor listrik ini. Namun sayangnya, ternyata banyak juga yang masih menanyakan tentang pajak sepeda motor listrik yang satu ini.

  • Karena banyak di antara dari mereka yang belum tahu tentang berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membayar pajak motor ini yang bebas emisi tersebut. Mengingat saat ini regulasi tentang pajak kendaraan listrik masih belum ada di Indonesia. Selain itu, BPKB dan juga STNK juga kini telah menjadi salah satu bahan yang harus dipertimbangkan lagi saat mereka ingin membeli sebuah motor listrik di Indonesia.

    Hal ini berlaku sekali, khususnya untuk mereka yang tinggal di kawasan kota besar. melihat adanya fenomena tersebut, sebaiknya Anda tak perlu khawatir ataupun risau lagi. Karena saat ini, surat kendaraan bisa Anda dapatkan secara lengkap. Hal ini sama seperti yang telah dilakukan oleh pihak dari PT Magnum Molis Indonesia. Dia adalah sebuah produsen motor listrik yang berasal dari Batam.



    Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

    Hal ini telah disampaikan oleh seorang teknisi dari Magnum Batam, yaitu Bambang, saat sedang dihubungi oleh pihak yang berkaitan. Beliau mengatakan bahwa STNK untuk motor listrik ini nanti bisa keluar di Indonesia. Bahkan, untuk proses pengurusannya sama persis seperti ketika Anda sedang membeli sebuah sepeda motor yang lain. Yang membedakan hanyalah tulisannya saja. karena di dalam STNK nanti tertulis bahwa motor tersebut adalah motor listrik.

    Sedangkan, untuk pajaknya tetap sama saja biayanya seperti motor konvensional. Untuk biaya pajak sepeda motor listrik ini nanti disesuaikan terhadap motor konvensional yang masih menggunakan bensin. Jadi, untuk pajaknya nanti tidak berbeda jauh. Karena, memang regulasinya atau UU tentang motor listrik ini belum selesai dibuat. Sehingga, masih dalam proses pajak motor listrik saja. hingga akhirnya kemudian dimasukkan layaknya motor konvensional CC dengan kubikasi mesin yang paling rendah pajaknya. Hal ini berlaku sama untuk semua motor Magnum yang ada.

    Misalnya saja, seperti STNK yang tertera di bagian atas. Itu adalah STNK untuk pemilik dari motor Magnum Scoopy Series ini atau pemilik motor Legend Series yang satu ini. Dimana untuk pada bagian silindernya nanti terisi oleh kata 800. Karena memang daya motornya adalah sebesar 800 W. Untuk pajak kendaraan bermotornya yang sudah tertera hanyalah sebesar 87 ribuan rupiah saja. Ini hampir sama seperti PKB untuk motor Mio di tahun 2009 yang lalu, yang hanya senilai 84 ribu rupiah saja.

    Sedangkan, untuk jenis motor listrik dengan daya sebesar 2.000 W nanti harganya juga berbeda. Untuk biaya pajak sepeda motor listrik bisa mencapai 112 ribuan rupiah. Selanjutnya, untuk proses mengurus STNK nya nanti juga hanya 1 bulan saja. sementara untuk cabang dari Magnum yang ada di Surabaya bisa mengurus STNK ini tidak sampai 1 bulan sudah jadi. Bisa diambil motornya dulu, baru STNK bisa menyusul. Untuk harga motornya adalah sama seperti motor Kawasaki Ninja 250. Karena dijual senilai 28 jutaan rupiah, sementara untuk tanpa STNK dijual senilai 25 jutaan rupiah.

Artikel Terkait:

  • sepeda motor listrik indonesia (1)
Mahalkah Pajak Sepeda Motor Listrik Itu? | Sinta Rizki Fadila | 4.5