Panduan Menggunakan SPLU sebagai Pengisi Baterai Kendaraan Listrik

Panduan Menggunakan SPLU sebagai Pengisi Baterai Kendaraan Listrik – Anda pasti tidak akan asing dengan yang namanya SPLU. Ini adalah satuan pengisian listrik umum. Bagi pengguna kendaraan listrik, sudah pasti mereka akan paham bahwa cara penggunaannya jelas berbeda sekali dengan pemakaian kendaraan konvensional. Dilihat dari cara pengisian bahan bakarnya pun sudah jelas jauh berbeda sekali.

Baca juga: Kini, Yamaha Xmax Disa Diorder secara Online!

Karena, untuk kendaraan listrik itu akan memakai baterai untuk pengisian bahan bakar. Sehingga, motor listrik ini umumnya membutuhkan unit yang disebut juga dengan SPLU yang telah dikelola oleh pihak PT PLN Disjaya.  Sehingga, setiap kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar listrik bisa tetap berjalan sampai pada saat ini.

Panduan Menggunakan SPLU sebagai Pengisi Baterai Kendaraan Listrik

Menariknya lagi adalah, kini sudah ada 578 titik SPLU yang telah dikelola oleh PLN di Jakarta. Penyebarannya tersebut telah diletakkan di area tempat wisata umum. Misalnya saja di Ancol, di Monas, dan di beberapa tempat untuk parkir. Tentu saja ini akan menguntungkan sekali bagi pengguna kendaraan listrik tersebut. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimanakah caranya mengisi baterai kendaraan motor listrik itu?

Cara Mengisi Baterai Kendaraan Motor Listrik di SPLU



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Leo Basuki, yaitu seorang manager Bidang Niaga dan Pelayanan PLN Disjaya telah menjelaskan bahwa salah satu cara untuk melakukan pengisian baterai yang terdapat di SPLU ini sebenarnya cukup sederhana sekali. Hal ini sama mudahnya dengan saat Anda mengisi sebuah token listrik rumah seperti pada umumnya dalam mengisi bahan bakar. Mau tahu lebih lengkapnya? Simak cara mengisi baterai kendaraan motor listrik berikut ini!

  1. Saat Anda telah sampai pada SPLU untuk mengisi baterai kendaraan motor Anda, maka salah satu hal pertama yang wajib Anda lakukan disini adalah segera catat nomor ID PLN yang telah tertera di bagian sudut pintu satuan pengisian listrik umum terlebih dahulu. Sehingga, Anda bisa memulai proses pengisian baterai kendaraan motor Anda tersebut.
  2. Sesudah itu, barulah Anda bisa secara langsung melakukan pembelian token atau voucher listrik untuk bsia melakukan pengisian bahan bakar berupa listrik tersebut. Anda bisa melakukan pembayaran pembelian token listrik ini lewat mobile banking, ATM, internet banking, dan bisa juga lewat kantor pos. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  3. Untuk nominal angkanya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam melakukan pengisian baterai untuk kendaraan bermotor Anda tersebut. Umumnya, berdasarkan Leo, beliau menyatakan bahwa untuk pembelian voucher dan token listrik ini bisa dilakukan dengan dari 20 ribu rupiah sampai dengan pengisian 1 juta rupiah.
  4. Bila nanti Anda telah mendapat sebuah nomor token, maka segera saja masukkan 20 digit kode voucher yang ada dan selanjutnya akhiri dengan cara menekan tombol enter. Bila nanti terjadi sebuah kesalahan ketika Anda memasukkan nomor voucher untuk pengisian kendaraan motor listrik tersebut, maka Anda bisa memakai tombol backspace untuk melakukan penghapusan nomor token tersebut.
  5. Bila nanti pengisian voucher dan token tersebut sudah benar, namun aliran lsitriknya masih saja belum bisa masuk, maka perhatikan dari segi saklarnya. Dalam hal ini, Anda harus bisa memastikan bahwa saklar dengan logo PLN ini masih dalam kondisi yang ON. Bila nanti posisinya sudah ON, itu berarti bahwa SPLU telah siap untuk dipakai.

Itu tadi adalah sejumlah cara untuk melakukan pengisian bahan bakar listrik dari SPLU. Semoga cukup bermanfaat!

Panduan Menggunakan SPLU sebagai Pengisi Baterai Kendaraan Listrik | Sinta Rizki Fadila | 4.5