4 Pembalap Indonesia Yang Mendunia

4 Pembalap Indonesia Yang Mendunia– Ketika Anda menyaksikan MotoGP, pernah tidak Anda membayangkan bagaimana jika salah satu pembalapnya adalah orang dari Indonesia?? Pasti sangat membanggakan dan sangat mengharumkan nama bangsa bukan?? Sesungguhnya Indonesia memiliki beberapa pembalap yang berkualitas, hanya saja jenjang balapan yang di ikuti kurang diketahui oleh masyarakat umum. Selain itu, peran pemerintah juga kurang sehingga nasib pembalap Indonesia menjadi kurang beruntung.

Sebenarnya Indonesia memiliki beberapa pembalap yang sudah mendunia, hanya saja nasib mereka masih kurang beruntung. Dibawah ini merupakan beberapa nama pembalap Indonesia yang sudah mendunia. Siapa sajakah mereka?

Pembalap Indonesia yang mendunia

#1. Irwan Dian Ardiansyah

Pembalap mendunia irwan dian

Pembalap mendunia irwan dian

Irwan Dian Ardiansyah atau kerap disapa Dian merupakan pembalap asal Yogyakarta. Awalnya lebih fokus ke balapan motorcross. Dari balapan yang digelutinya sejak tahun 1996 sampai 2002 Dian telah mengantongi 7 gelar nasional secara berurutan. Untuk gelar internasional, Dian mengantongi kejuaraan pada tahun 1995 yakni menjadi juara 3 di ajang 250 cc GFI Winter Series LACR yang diselenggarakan di California, Amerika Serikat. Selain itu Dian juga menjadi peringkat 7 dalam balapan 125 cc KTM Supercross di Perth Australia pada tahun 1996, menjadi juara 4 FIM Asia Supercross di Medan pada tahun 2001 dan 2002. Dian juga membuat akademi khusus motorcross, alasan Dian membangun akademi ini yakni dikarenakan rasa kecewanya terhadap pemerintah dengan dunia otomotif padahal menurut pemuda ini biaya yang dikeluarkan untuk membangun akademi sangatlah murah.

#2. Hendriansyah

Pembalap mendunia herdiansyah

Pembalap mendunia herdiansyah

Hendriansyah atau kerap disapa Hendri ini merupakan adik kandung dari pembalap Irwan Dian Ardiasyah atau Dian. Prestasi yang dicapinya tidak kalah dengan prestasi yang dicapai oleh kakanya Dian. Hendri mendapat julukan “Dewa Road Race” setelah dia mengikuti ajang balap nasional era underbone 2-tak. Hendri pernah di kontrak oleh China Macau Zhongsen pada tahun 2000. Dia juga pernah merasakan Asia Road Racing Championship. Namun di ajang tersebut prestasi Hendri sempat menurun dan tak kunjung membaik. Pada tahun 2011 Hendri kembali dengan menggandeng team baru yakni HRVRT BGM-HBM KYT racing team dengan menjadi juara di kelas IP 125 cc. Alasan Hendri mengganti teamnya karena dengan team yang baru dia dapat memilih jenis motor apa yang akan dia gunakan untuk balapan.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

#3. Doni Tata

pembalap mendunia doni tata

pembalap mendunia doni tata

Doni Tata atau kerap di sapa Doni merupakan pembalap yang berasal dari Sleman Yogyakarta. Awalnya Doni diorbitkan Yamaha karena pihak Yamaha merasa Doni memiliki bakat saat melihat Doni unjuk gigi di ajang OMR atau One Make Race yang diselenggarakan oleh Yamaha. Selain itu, saat usia dini Doni juga menjadi juara di ajang Yamaha Asean Cup Race. Doni merupakan satu-satunya pembalap dari Indonesia yang mengikuti kejuaraan dunia MotoGP 250 cc, namun karna fasilitas yang tidak sesuai menyebabkan prestasi Doni turun di ajang tersebut. Sangat disayangkan pihak YMKI terlalu terburu-buru menaikkan level balapan Doni. Sebaiknya level balapan Doni ditingkatkan secara bertahap karena menyetak seorang pembalap world class tidaklah mudah.

4. Rafid Topan Sucipto

pembalap mendunia rafid topan

pembalap mendunia rafid topan

Rafid Topan Sucipto atau kerap disapa Topan, awalnya mengikuti ajang Moto 2 untuk menggantikan rekannya yakni Anthony West. Dia mengawali debutnya dengan menggandeng tim QMMF. Pembalap asal Jakarta ini sempat mengalami insiden karena jatuh pada saat latihan namun insenden tersebut tidak menjadi penghambat bagi kariernya di ajang balapan tersebut. Ajang yang diikuti Topan yakni ajang Moto 2 yang dianggap sangat pas dengan usianya yang masih 18 tahun.

Itulah beberapa nama pembalap Indonesia yang sudah mendunia. Semoga mereka dapat terus berjuang dan dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda. Jangan lupa baca juga artikel-artikel lainnya. [Rekomendasi] Motor Matic Keren, irit, dan paling ideal Untuk Remaja Masa Kini 

Artikel Terkait:

  • pembalap indonesia yang mendunia (1)
4 Pembalap Indonesia Yang Mendunia | Winda Sarah Audina | 4.5