Penyebab Mesin Honda Vario Bergetar ketika Dijalankan

Penyebab Mesin Honda Vario Bergetar ketika Dijalankan – Apakah Anda pengguna motor Honda Vario? Mungkin salah satu hal yang tidak asing ketika mesin dinyalakan adalah terjadinya getaran yang berlangsung secara tidak normal. Bila terjadi mesin Honda Vario bergetar, maka hal ini menjadi sebuah pertanda bahwa ada masalah yang sedang terjadi pada motor Anda. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, berasal dari manakah sumber getaran itu?

Baca Juga : Review Motor Honda CRF1000L Africa Twin Manual DCT

Karena dari mengetahui penyebab dari sumber getaran tersebut, otomatis hal ini akan membuat Anda bisa lebih memahami tentang bagaimanakah solusi paling baik untuk mengatasinya. Sehingga, Anda tidak melakukan pekerjaan yang sia-sia hanya karena Anda asal memperbaikinya. Bukannya tambah selesai masalahnya, namun justru bisa bertambah banyak. Apalagi bila dari awal Anda memang sudah tidak paham dan awam sekali dengan mesin motor.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Mesin Honda Vario Bergetar

Sebenarnya, hal ini bisa saja terjadi karena roller beserta v belt yang telah rusak. Biasanya ini terjadi ketika pemakaian keduanya sudah melewati batasan dari usia pakai yang seharusnya. Namun, meskipun begitu, banyak juga di antara dari para pengguna yang telah mengganti keduanya, namun tetap saja mesin Honda Vario bergetar ini tidak kunjung berhenti dan tidak kunjung hilang. Lalu, bagaimanakah solusinya? Sebelum membahas tentang solusinya terlebih dahulu, sebaiknya simak dulu sumber penyebabnya terlebih dahulu seperti di bawah ini, antara lain:

Pegas CVT



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Saat pegas CVT ini mulai melar, hal ini dapat menimbulkan terjadinya getaran yang terjadi secara tidak normal. Sehingga, hal ini bisa membuat tenaga yang dihasilkan oleh motor menjadi berkurang. Maka dari itulah, bila hal ini terjadi pada motor Anda, sebaiknya segera ganti saja pegas CVT yang telah melar ini dengan pegas yang lebih baru lagi. Dijamin, permasalahan ini akan segera teratasi.

Driven Pulley

Tak hanya pegas CVT saja yang harus diperbarui, getaran mesin Honda Vario bergetar yang sangat tinggi ini juga bisa terjadi saat driven pulley mulai aus. Maka dari itulah, sebaiknya segera lakukan pengecekan juga dibagian yang satu ini. Bila terlihat memang sudah tidak layak digunakan, maka sebaiknya segera saja ganti yang baru. Sehingga, solusi ini bisa makin praktis untuk mengatasi mesin yang bergetar tersebut.

Oil Seal di dalam Driven Pulley

Bila dalam drive belt ini ada olinya, maka itu bisa terjadi karena oil seal yang ada di dalam driven pulley mulai bocor. Dengan terjadinya kebocoran oli inilah yang nantinya akan membuat kinerja dari drive belt mulai terganggu. Sehingga, bila dibiarkan begitu saja, hal ini bisa menyebabkan terjadinya getaran pada mesin motor.

Bosc di Bagian Crank Case

Saat poros engkol atau bosc mulai aur, sehingga hal ini membuat putaran poros engkolnya menjadi tidak berjalan dengan stabil. Karena alasan inilah membuat mesin Honda Vario bergetar. Sehingga, salah satu solusinya adalah segera menggantinya.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan tentang penyebab terjadinya mesin Honda Vario bergetar dan bagaimana solusinya. Sehingga, kini Anda bisa segera mengatasi penyebab terjadinya getaran mesin motor yang terjadi secara tidak normal. Sehingga, saat Anda mengalami kejadian yang serupa, sebaiknya segeralah periksakan hal ini dengan cara membawa motor Anda ke bengkel terdekat. Dijamin, permaslaahan seperti mesin yang bergetar terlalu berlebihan ini akan langsung teratasi oleh bengkel yang handal tersebut.

Penyebab Mesin Honda Vario Bergetar ketika Dijalankan | Sinta Rizki Fadila | 4.5