Penyebab Seher Motor Rusak dan Aus

Penyebab Seher Motor Rusak dan Aus – Dalam kesempatan kali ini, otorider.net akan memberikan sedikit informasi tentang apa yang menjadi alasan seher motor bisa rusak dan juga aus. Namun sebelum itu, tahukah Anda apakah yang dimaksud dengan stang seher itu?

Baca juga: Foto Motor Anak Jalanan Terbaru, Motor Ninja 250

Sebenarnya, stang seher merupakan sebuah komponen mesin yang bertugas untuk meneruskan sebuah tenaga gerak yang berasal dari piston ke bagian poros engkol, begitu juga sebaliknya. Stang ini mulai bekerja ketika mesin motor sedang distarter. Selanjutnya, piston mendapatkan sebuah ledakan yang berasal dari pembakaran yang kemudian mendorong stang seher untuk segera memutar poros bagian engkol.

Penyebab Seher Motor Rusak dan Aus

Nah, saat motor sedang distarter, maka poros engkol nanti akan menggerakkan stang seher yang kemudian piston menjadi naik turun. Dari sinilah pemakai motor seharusnya tahu tentang apakah seher motor telah aus atau belum, dan seperti apakah seher yang sudah aus itu?

Mengetahui Penyebab Seher Motor Rusak

Berikut ini adalah beberapa pertanda bahwa stang seher telah rusak dan aus, dan harus segera diperbaiki atau diganti, antara lain:

  1. Saat mesin dalam kondisi yang langsam, maka mesin motor akan mengeluarkan suara yang asing, tepat di bagian mesin di tengah. Misalnya saja seperti suara, “bluk bluk bluk” sebagai tanda bahwa seher telah aur.
  2. Getaran mesin menjadi lebih terasa, dilihat dari getaran spionnya.
  3. Getaran di bagian stang seger terasa kencang, bahkan masih di bawah 6000 rpm pun getaran mesin sudah terasa sangat kuat.

Sedangkan pemicu terjadinya kerusakan dan aus pada stang seher adalah sebagai berikut ini:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Suka sekali memaksa motor berjalan di lintasan yang berat terus – menerus, tepatnya di area lintasan yang ekstrim dan memiliki sudut kemiringan hingga melebihi 30 derajat. Tentu saja dengan sering sekali berjalan di area yang ekstrim hal ini membuat proses kerja mesin menjadi semakin lebih berat lagi. Akibatnya, hal ini bisa menimbulkan kerusakan di bagian dalam motor itu sendiri.
  2. Kerap sekali menarik tuas dan kemudian melepasnya secara tiba – tiba. Sehingga, hal ini membuat kruk as menjadi goyang yang kemudian membuat seher motor menjadi ikut rusak. Maka dari itulah, sebaiknya jangan pernah melakukan hal tersebut, karena ini akan merugikan diri Anda sendiri.
  3. Menggunakan oli yang jelek dengan alasan lebih murah ternyata juga membawa dampak buruk. Karena pada kenyataannya, oli yang kualitasnya jelek atau palsu biasanya membuat pelumasan motor menjadi tidak sempurna. Sehingga, menjadi cepat aus sehernya. Dan tentu saja hal ini akan membuat Anda lebih boros, karena kini Anda harus mengganti stang seher yang baru lagi.
  4. Sering sekali bore up mesin dengan tidak tepat. Sehingga, hal ini membuat seher menjadi rusak. Karena, sering sekali melakukan bore up terhadap mesin hanya untuk membuat kompresi mesin menjadi meningkat supaya proses pembakaran menjadi lebih sempurna ini bisa menyebabkan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin menjadi semakin berlipat ganda. Sehingga, jika hal tersebut dilakukan dengan tidak cermat, hal ini justru akan menimbulkan sebuah masalah baru yang akan terjadi pada stang seher Anda.

Nah, itu tadi adalah seputar penyebab dan ciri – ciri seher motor yang telah rusak. Semoga artikel kita kali ini bisa bermanfaat untuk Anda, dan tentunya dapat menambah pengetahuan bagi pembacanya. Maka dari itulah, sebaiknya jangan lupa membaca beberapa artikel yang menarik yang lainnya yang terdapat dalam situs ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penyebab Seher Motor Rusak dan Aus | Sinta Rizki Fadila | 4.5