Peraturan Pajak Motor Terbaru 2018

Peraturan Pajak Motor Terbaru 2018 – Untuk beberapa orang, mempunyai sebuah kendaraan bermotor itu bisa sangat menguntungkan sekali! karena dengan memiliki kendaraan bermotor sendiri inilah yang nantinya akan membuat Anda bisa lebih mudah dalam menjangkau semua tempat yang Anda inginkan dalam waktu yang cepat dan singkat. Terlebih untuk Anda yang sering melakukan berbagai macam kegiatan di tempat yang berbeda-beda setiap hari, maka penting sekali bagi Anda untuk memiliki sebuah kendaraan bermotor milik Anda sendiri.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Motor Suzuki GSX R150

Maka dari itulah, agar kinerja dari kendaraan bermotor Anda bisa tetap aman dan nyaman, sebaiknya selalu jangan pernah lupa untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap kendaraan bermotor Anda tersebut. Entah itu melakukan perawatan service secara ringan ataupun hanya sekedar melakukan penggantian oli mesin motor. Namun meksipun begitu, sebenarnya melakukan perawatan itu saja masih belum cukup untuk menjaga kendaraan bermotor Anda tersebut. Karena Anda masih harus tahu bagaimana peraturan pajak motor terbaru saat ini.

peraturan pajak motor terbaru

Pembayaran pajak kendaraan itu disebut juga dengan STNK. Untuk Anda yang belum begitu tahu dengan apa itu yang disebut dengan STNK, maka STNK merupakan sebuah Surat Tanda Nomor Kendaraan yang mana harus dimiliki oleh kendaraan bermootr Anda. STNK ini harus selalu dibayar setiap 1x dalam setahun. Jadi, bagi pengendara sepeda motor itu tidak hanya harus membawa SIM saja. namun, setiap pengendara kendaraan bermotor itu harus membawa STNK juga. Nah, untuk memperpanjang masa STNK ini, maka Anda bisa melaukannya sendiri di tempat kantor SAMSAT.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Maka dari itulah, bila Anda masih bingung, maka di bawah ini akan kami jelaskan beberapa persyaratan khusus dan peraturan pajak motor terbaru yang wajib Anda ketahui saat ini agar bisa terhindar dari berbagai macam kesalahan umum yang sering terjadi, antara lain:

Siapkan Dulu Kartu Identitasnya!

Siapkan dulu kartu identitas milik Anda. misalnya saja, seperti KTP asli dan juga fotokopinya, beserta siapkan pula STNK yang asli. Disamping itu, Anda juga harus memperhatikan terhadap kesamaan terhadap nama yang ada di dalam KTP dan STNK. Keduanya harus sama. Dan kartu identitas yang lengkap dan juga sesuai ini bisa mempermudah Anda untuk mengurus STNK dengna lebih baik dan menjadi tidak ribet lagi.

Datang Saja ke Kantor Samsat

Bila semua berkas sudah Anda persiapkan, maka langsung saja Anda datang ke kantor SAMSAT yang paling dekat dengan rumah Anda. Langsung saja ambil nomor antrian yang ada pada penjaga. Setelah itu, ambil saja map yang ada pada loket pendaftaran pajak motor. Isilah semua formulir dan juga dokumen yang sudah terlampir ke dalam map. Selanjutnya, langsung saja tunggulah giliran antrian yang ada agar Anda bisa memberikan map tersebut kepada petugas.

Siapkan Biaya untuk Perpanjangan STNK

Selain harus mempersiapkan dokumen dan harus datang ke SAMSAT terdekat, maka tugas Anda adalah mempersiapkan sejumlah biaya yang dibutuhkan untuk membayar perpanjangannya. Karena, salah satu peraturan pajak motor terbaru khusus adalah harus siap dengan biayanya juga. Utnuk biaya yang dibayarkan itu sendiri juga tidak sama. Bergantung dari kapasitas mesin motor Anda sendiri. Semakin besar, maka biayanya juga akan menjadi semakin lebih besar juga. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu waktu lagi sampai STNK yang baru sudah selesai dibuat sekarang juga. Simple sekali, bukan?

Artikel Terkait:

  • peraturan baru pajak motor (1)
Peraturan Pajak Motor Terbaru 2018 | Sinta Rizki Fadila | 4.5