Perawatan Ban Motor Seperti Ini akan Membuat Banmu Begini..

Perawatan Ban Motor Seperti Ini akan Membuat Banmu Begini.. – Komponen ban motor menjadi salah satu komponen dari motor yang harus kita perhatikan perawatannya. Keadaan dari ban sepeda motor ini memang harus kita cek dengan rutin keadaannya. Kalau sampai kita tidak mengecek bagian ban sepeda motor dengan benar, maka bisa saja kita akan mendapatkan mara bahaya selama di jalanan.

perawatan ban

Untuk melakukan perawatan pada ban sepeda motor juga sudah sangat mudah untuk kita lakukan. Perawatan pada ban sepeda motor ini juga bisa kita lakukan setiap harinya dan bahkan bisa kita lakukan sendiri di rumah. Untuk mendapatkan perawatan pada ban sepeda motor yang maksimal juga tidak mengharuskan kita untuk selalu datang ke bengkel.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Sembarangan Mengganti Spion Sepeda Motor, Lihat yang Terjadi

Langkah dalam melakukan perawatan pada ban motor ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan akan perawatan pada ban sepeda motor yang kita mau. Kalau pun kita ingin mendapatkan sebuah kondisi ban sepeda motor yang selalu awet dan siap untuk dipakai, maka memang melakukan pengecekan dan perawatan pada ban sepeda motor tersebut akan menjadi hal penting untuk dilakukan.

Apa saja hal dan langkah yang akan bisa kita lakukan untuk mendapatkan kondisi dari ban sepeda motor yang maksimal, tentunya ada beberapa tips yang akan bisa kita lakukan. Berikut ini ada 5 cara melakukan perawatan pada ban sepeda motor, diantaranya adalah:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Pertama, rutin melakukan pengecekan pada tekanan ban. Hal pertama yang harus kita lakukan dalam melakukan perawatan ban motor adalah dengan selalu mengecek bagian tekanan angin yang ada pada ban sepeda motor tersebut. Pengecekan angin dari ban sepeda motor bisa kita lakukan paling tidak satu kali dalam satu minggu.

Kalau kondisi dari kita yang sibuk, maka melakukan pengecekan pada angin ban sepeda motor tersebut akan bisa kita lakukan dua minggu sekali. Dengan rutin melakukan pengecekan pada tekanan angin ban sepeda motor, maka kita juga pasti akan lebih peka dengan kondisi ban sepeda motor kita selama di perjalanan.

Kedua, periksa juga bagian celah ban dan pelek. Ketika kita akan mulai berkendara, maka kita pun harus melakukan pengecekan lebih dulu pada bagian permukaan ban sepeda motor tersebut. Khususnya kita harus cek bagian celah antara ban sepeda motor dengan velg. Kalau ada pasir di bagian ini, maka akan bisa mengurangi jumlah tekanan angin yang ada di dalam ban sepeda motor.

Ketiga, bersihkan kerikil yang menyelip pada sela ban. Membersihkan kerikil pada bagian sela ban sepeda motor juga harus kita lakukan. Meskipun tidak mempengaruhi keadaan ban sepeda motor di jalanan, namun ketika kita membersihkannya, maka akan bisa juga mempengaruhi tekanan angin yang ada di dalam ban sepeda motor nantinya.

Ke-empat, bersihkan kotoran yang menempel. Penting memang untuk kita selalu membersihkan kotoran yang menempel pada bagian permukaan ban sepeda motor pastinya. Kalau melakukan perawatan bagian permukaan ban sepeda motor, maka hal ini pasti akan berpengaruh kepada keawetan dari ban sepeda motor itu sendiri.

Kelima, jangan sering semir ban. Agar kondisi dari ban sepeda motor menjadi lebih awet, maka jangan terlalu sering juga menggunakan semir ban. Kalau sampai kita gunakan banyak semir ban, maka akan membuat kesan dari ban sepeda motor akan menjadi lentur dan membuat keadaan dari ban sepeda motor tidak akan awet lama.

Perawatan Ban Motor Seperti Ini akan Membuat Banmu Begini.. | Sinta Rizki Fadila | 4.5