Tips Perawatan Motor Matic Sendiri Di Rumah

Tips Perawatan Motor Matic Sendiri Di Rumah – Apapun motor yang Anda pakai, sudah pasti Anda harus melakukan perawatan rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan. Hal ini berlaku juga untuk perawatan motor matic. Jika Anda sekarang ini menggunakan motor matic, maka sudah seharusnya bila Anda harus tahu bagaimana cara perawatan motor yang Anda gunakan sekarang ini dengan baik dan benar.

Baca juga: Tips Memastikan Bagian Cairan Ban Anti Bocor IML itu Asli

Karena setiap kendaraan itu memiliki cara perawatan yang tidak sama. Hal ini berlaku juga untuk motor matic. Anda harus tahu seperti apakah proses perawatan yang benar agar motor Anda bisa awet dan lebih bertahan lama. Lebih lengkapnya akan kami bagikan beberapa cara merawat motor tersebut di rumah sendiri yang paling mudah, antara lain:

Tips Perawatan Motor Matic Sendiri Di Rumah

Proses Perawatan Aki

Memang cukup sulit untuk melihat seperti apakah kondisi aki yang digunakan pada motor matic itu. Padahal, mati aki dalam motor matic itu sudah biasa. Matinya aki ini bisa membuat power motor menjadi hilang dan cahaya lampunya pun bisa berkurang. Sehingga, bila Anda ingin menyalakan motor tersebut, Anda harus memakai kick starter yang merepotkan. Apalagi bila Anda menggunakan matic dengan ukuran yang lebih besar, tentu akan sangat merepotkan sekali.

Maka dari itulah, sebaiknya lakukan pergantian aki ini selama 7 bulan sampai dengan 8 bulan sesudah Anda melakukan pergantian aki yang paling akhir. Karena itulah, penting sekali agar Anda selalu mencatat kapan aki Anda terakhir diganti. Dengan begitu, tidak akan terjadi kerusakan yang parah pada motor matic kesayangan Anda tersebut.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Lakukan Pengecekan terhadap Roler dan Vantbel

Selain hal itu, cara dan proses perawatan motor matic yang selanjutnya adalah Anda harus selalu mengecek kondisi vantbel dan juga roler motor. Sama seperti motot sport dan motor bebek yang rantainya berasal dari karet, untuk motor matic ini, Anda harus benar-benar memperhatikan di bagian vant beltnya. Jangan sampai terputus dijalan karena itu bisa membuat motor tidak bisa berjalan.

Maka dari itulah, sebaiknya lakukan pergantian vant bel ini secara berkala supaya Anda bisa terhindar dari kerusakan itu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memakai suku cadang yang orisinil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada motor matic Anda tersebut.  Khusus untuk motor matic, sebaiknya setiap service motor, selalu tanyakan kondisi kedua hal ini agar tahu kapan Anda harus segera menggantinya secepatnya.

Lakukan Service secara Berkala

Anda harus tidak lupa untuk melakukan service motor secara berkala. Misalnya saja untuk membersihkan bagian karburator, mengganti oli, menset motor, dll. Tanyakan seputar aki yang Anda pakai, apakah masih bisa digunakan, begitu juga untuk roler dan vent belnya. Tanyakan semua hal yang berkaitan dengan suku cadang motor Anda saat Anda melakukan perawatan motor matic ini di bengkel. Lakukan service ini setidaknya 3 bulan sekali supaya performa motor selalu terjaga.

Engine CVT

Berkendara matic memang asyik sekali, bila dibandingkan dengan memakai motor bebek. Hanya saja, proses perawatannya tidak semudah yang diabyangkan. Anda harus lebih jeli dalam melakukan proses perawatannya, agar motor Anda bisa bekerja dengan sempurna. Maka dari itulah, bila Anda sudah menggunakan motor ini selama 5 tahun, sebaiknya segera upgrade dan ganti dengan yang baru. Karena performa komponen dan mesinnya sudah pasti akan menurun setelah pemakaian 5 tahun.

Tips Perawatan Motor Matic Sendiri Di Rumah | Sinta Rizki Fadila | 4.5