Perbedaan Ban Motor Tubeless dan Ban Biasa

Perbedaan Ban Motor Tubeless dan Ban Biasa ( Tube Type )

Ban pada sepeda motor merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan roda dua, tanpa adanya dua ban maka sepeda akan terbaik dan seperti apapun tidak akan berjalan sebagaimana fungsinya pada umumnya ,dalam pemilihan sepasang ban sepeda motor ada beberapa hal yang perlu diperhikan misalkan ban yang bagus untuk cornering atau tikungan dan ban yang bagus untuk kondisi basah atau hujan dan lain sebagainya.

Ban sepeda motor menurut saya pribadi sama seperti mesin motor karena ban motor merupakan sebagai penghubung atntara jalur tenaga yang dihasilkan mesin motor dan kemudian disalurkan dengan menggunakan ban atau roda pada sepeda motor sehingga motor mampu berjalanan diatas jalanan atau aspal.

Apakah anda pernah melihat balapan ajang dunia yang sangat keren misalkan ajang balapan Motogp atau superbike, di ajang balap tersebut pastinya dalam pemilihan jenis ban dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kemenangan pembalap.

Di negara indonesia ini kurang lebihnya ada dua jenis ban yang disediakan oleh merek merek ban yang ada di negara indonesia diantaranya:

Ban Tubelees dan Ban Biasa atau Tube Type

Ban yang sudah cukup populer di indonesia pada saat ini adalah yang berjenis tubeless karena hampir semua motor sport yang ada di indoneisa sudah menggunakan ban jenis tubeless dan keuntungan jenis ban yang satu ini lebih awet dan pastinya tahan terhadap bacor akibat terkena paku atau benda tajam lainnya yang mampi menusuk motor dan bagi anda yang penasaran tentang perbedaan ban tubeless dan ban biasa maka akan saya bahs di artikel kali ini.

Perbedaan ban tubeless dengan ban tube type atau ban biasa

Ban Tubeless

Jenis ban yang satu ini sudah cukup banyak digunakan oleh para pengguna motor yang ada di seluruh indonesia, mulai dari jenis motor matic, motor sport, motor bebek , moge dan lain lain. Untuk jenis motor sport mungkin akan kurang pas jika tidak menggunakan ban tubeless. Untuk perbedaan ban tubles dengan ban biasa yaitu ban tubles tidak menggunakan ban dalam, sedangkan untuk ban biasa itu menggunakan ban dalam. Bagaimana bisa jika ban tidak menggunakan ban dalam.? Apakah tidak akan kempes.? Jawabannya yaitu tentu tidak akan bocor dikarenakan jenis ban tubeless sudah menggunakan bahan – bahan yang khusus ketika pembuatannya . Pada intinya jenis ban tubeless telah dirancang oleh pembuatnya sehingga memiliki perbedaan dengan ban biasa dan jenis ban tubeles tersebut dapat menahan angin di bagian dalamnya sehingga bisa dipasangkan di velg pada sepeda motor.

Keunggulan dari ban jenis tubeless pastinya lebih unggul jika dibandingkan dengan ban biasa atau tube type ,untuk jenis ban tubeless ini yakni dia lebih awet dan tahan lama. Maksud dari kata tahan lama disini yakni ban tahan bocor  lebih lama jika terkena paku atau benda tajam lainnya, ban yang tertusuk paku tadinya dia dapat menutup serta mengurangi kebocoran ,namun jika jenis benda yang tertusuk besar maka akan tetap bocor hihi.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Selain dari itu bahan yang telah digunakan untuk ban tubeless lebih baik jika dibandingkan dengan ban biasa sehingga lebih awet ketika penggunaannya serta daya cengkram ke jalan atau aspal jauh lebih kuat untuk ketahanan dan ketahanan ban motor itu sendiri itu sih menurut saya pribadi.

Selain itu keunggulan perawatan ban tubeless cukup mudah hanya sesekali isi udara dalam waktu 1 tahun bahkan hingga 2 tahun tidak perlu di isikan angin lagi dikarenakan ban tubeless tersebut masih  normal dan tidak kempes . Hal ini pastinya sudah menjadi salah satu keunggulan dari ban jenis tubeless , selain itu ban juga tidak mudah bocor sehingga anda tidak harus pergi ke tukang tambal ban,

Ada beberapa hal yang musti anda ketahui bahwa jenis ban tubeless ini juga ada kekurangan atau kelemahannya, seperti jika ban tubeless tersebut mengalami kebocoran maka sedikit sulit dalam menanganinya karena tidak semua tukang tambal ban mampu menambal ban yang satu ini dikarenakan memang bahannya berbeda. Jenis ban tubeless biasanya sudah dipasang di motor yang telah menggunakan velg jenis atau tipe Casting Wheel dan tidak dipasangkan untuk velg jenis konvensional atau jari jari. Untuk harga ban tubeless ini banyak variasi , mulai dari yang harganya murah hingga  yang harganya mahal tergantung dari kualitas dan bahan dari ban tubeless tersebut,yang pastinya ban tubeless lebih mahal jika dibandingkan dengan ban biasa.

Tapi ada kabar gembira bagi anda para pengguna ban jenis tubeless yakni jika ban motor mengalami kebocoran maka dapat menggunakan cairan khusus yang dimana jenis cairan ini mampu menutup secara otomatis pada lubang yang terkena benda tajam atau paku . Anda dapat mencari cairan ban tubeless yang banyak di jual di toko ,setelah di masukan cairan ke bagian dalam ban tubeless maka tinggal di isikan angin dan tidak akan kempes lagi.

Ban Biasa (tube type)

Untuk jenis ban biasa atau yang biasa disebut dengan istilah tube type, untuk ban yang jenis ini perbedaannya sudah saya jelaskan di atas yaitu masih menggunakan ban dalam. Walaupun saat ini hampir semua merek dalam produksi motornya sudah menggunakan ban tubeless namun masih lumayan banyak para pengguna motor yang menggunakan ban biasa atau tube type. Ban jenis tube type biasanya digunakan pada motor lama , atau motor yang kapasitas mesin 125 cc atau 110 cc. Keunggulan dari ban jenis ini yakni dapat dipasang di velg jenis apapun misalnya dipasang di velg spoke wheel atau velg ruji kemudian juga bisa dipasang di velg casting wheel.

Untuk harganya ban jenis ban biasa atau tube type ini lebih murah jika dibandingkan dengan ban tubeless,jadi ban jenis tublles cocok untuk anda yang kurang mampu untuk membeli ban jenis tubeless jadi tidak akan menguras kantong dan dompet anda dalam melakukan perawatan motor,untuk ban jenis tube type ini kekurangannya yakni mudah bocor ketika tertusuk benda tajam yang berukuran kecil, ketika mengalami kebocoran maka akan langsung kempes namun untuk menambalnya tidaklah sulit sesulit ban tubles dan hampir seluruh penambal ban mampu menambalnya.

Bagaimana.? Apakah sekarang anda sudah tahu perbedaan dari ban – ban tersebut.? Dan jenis ban apa yang akan anda gunakan.? Kalau saya pribadi sih lebih mengarah ke jenis ban tubles dikarenakan tidak mudah bocor… Hehehe.. Sekian dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Artikel Terkait:

  • ban motor cbr150r tubles atau biasa (1)
  • beda ban tubeless dengan ban biasa (1)
  • perbedaan ban tubless dan tube pada sepeda motor (1)
Perbedaan Ban Motor Tubeless dan Ban Biasa | iyhan | 4.5