Perbedaan Sparepart Asli dan Palsu Motor

Perbedaan Sparepart Asli dan Palsu Motor

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Perbedaan Sparepart Asli dan Palsu – Sobat Otorider, bagi pecinta motor perawatan adalah hal yang sangat lumrah dilakukan, pastinya brader juga menginginkan kualitas perawatan yang terbaik untuk motor brader, salah satu bentuk perhatian terbaik kita sebagai pangguna motor adalah dengan memilih spare part orisinil sehingga performa motor maksimal dan tentunya lebih awet diigunakan.

Nah kira – kira bagaimana cara membedakan spare part motor orisinil dengan yang palsu? ada tidak Perbedaan Sparepart Asli dan Palsu sesuai kualitasnya? penggunaan spare part palsu yang tidak diketahui sangat jelas merugikan brader sebagai konsumen, karena spare part palsu akan dibuat semirip mungkin dengan yang asli oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan tujuan keuntungan lebih besar, dari segi harga barang palsu tidak jauh beda dengan yang asli, namun kualitasnya kadang bisa kalah jauh dibanding yang asli, meskipun ada beberapa spare part yang sengaja dibuat sebagai subtitusi dari part orisinil yang biasanya tidak dikemas identik dengan logo genuine, namun menggunakan merk sendiri, barang ini biasa disebut spare part aftermarket jika kualitasnya baik sementara jika kualitasnya lebih buruk disebut barang KW.

Spare part motor yang sangat sering dipalsukan biasanya adalah jenis spare part yang fast moving alias cepat laku terjual, contohnya seperti filter udara, filter oli, kampas kopling, busi, kampas rem, kabel, bearing, gear/rantai dan lain – lain, untuk segi kualitas, barang aspal sendiri bisa dibagi menjadi 3:

  1. Kelas Satu : Biasanya suku cadang manufaktur Taiwan atau Jepang yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya sehingga tinggal diberi stiker kemasan asli yang juga bisa dengan mudah dipalsukan.
  2. Kelas Dua : Biasanya merupakan onderdil import dari Taiwan atau Jepang yang karakteristik suku cadangnya tidak terlalu mirip dengan aslinya, namun pengemasannya dibuat semirip mungkin dengan kemasan orisinil.
  3. Kelas Tiga : Umumnya berupa barang rebuilt atau refurbish, maksudnya pembuatan onderdil menggunakan bekas spare part orisinil yang sudah rusak, kemudian diperbaiki lagi dan di cat ulang atau bahkan di plating sehingga akan menyerupai barang orisinil baru.

 Tips Membedakan Onderdil Motor

Oleh karena itu brader harus lebih jeli dalam pemilihan onderdil asli, karena barang seperti ini sudah banyak beredar di bengkel – bengkel umum, sebenarnya ada beberapa Tips Membedakan Onderdil Motor antara yang asli dengan yang palsu, bagi brader yang ingin tahu bisa melihat ulasan crew otorider dibawah,

Simak juga ulasan: Merk Bearing Racing Terbaik di Indonesia

  • Kemasan

Kemasan Luar Oli Palsu

Jangan mudah tertipu dengan kemasan yang terlihat resmi meskipun mencantumkan logo manufaktur sekalipun, kemasan spare part motor suzuki asli umumnya memiliki warna dan tulisan yang lebih tajam dan jelas debandingkan yang palsu, selalu perhatikan nama part yang tercantum pada kemasan, biasanya yang asli akan menggunakan bahasa inggris seperti yang tertera pada buku manualnya, sementara yang palsu menggunakan singkatan atau bahasa Indonesia seperti “kampas rem merk A”.

Asli dan Palsu

  • Harga

Tipe pembeli yang ingin murah tapi berkualitas tinggi ini biasanya mudah tertipu barang aspal, oleh karena itu jadilah pembeli yang bijak, yang namanya spare part motor yamaha yang asli harga pasti membawa kualitas, selalu waspada dengan harga onderdil yang miring, bisa jadi itu barang aspal lebih baik brader pilih yang harganya agak mahal, yang penting kualitasnya terjamin.

  • Garansi

Onderdil asli biasanya akan memiliki garansi resmi langsung dari produsen onderdil tersebut, namun jika penjual hanya memberikan garansi toko atau garansi distributor, besar kemungkinan itu onderdil palsu, cara paling aman adalah dengan membeli di toko resmi berlabel “Genuine Part” karena biasanya penjual sudah memiliki lisensi resmi dari produsen suku cadangnya.

  • Packing Komponen

Onderdil asli saat kemasannya dibuka akan terlihat suku cadang tersebut, saat membukanya pun posisi suku cadang akan kuat karena spare part motor honda asli pastinya dikemas dengan standar pabrikan dengan pres yang kuat.

  • Bahan Komponen

Perbedaan Busi Asli dan Palsu

Jika diperhatikan dengan teliti akan terlihat bahan baku dari onderdil tersebut, biasanya suku cadang asli memiliki material lebih kuat daripada yang palsu, contohnya jika onderdil asli berbahan baja, yang kw berbahan baku besi.

  • Servis ke Bengkel Resmi

Perawatan dI Bengkel Resmi

Jika brader merasa kurang yakin dan kesulitan dalam memilih spare part motor murah, cara paling aman adalah dengan melakukan servis atau perawatan ke bengkel resmi, di bengkel resmi pastinya supplier dari berbagai onderdilnya berasal dari produsen asli onderdil.

Demikian ulasan mengenai tips Perbedaan Sparepart Asli dan Palsu serta cara membedakan spare part asli dan palsu semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

cara membedakan sparepart honda asli dan palsu, perbedaan cdi shogun kebo ori dan imitasi, cara membedakan sparepart asli honda, perbedaan cdi shogun kebo ori dan kw, cara membedakan sparepart asli dan palsu, cara mengetahui batu asli dan palsu suzuki fu injeksi, cara membedakan sparepart yamaha asli dan palsu, kualitas spare part fukuyama, cara membedakan spare part honda asli dan palsu, ciri ciri sparepart asli honda
Perbedaan Sparepart Asli dan Palsu Motor | Sabian | 4.5