Gigi Perseneling Motor Keras Jangan Dilihat Saja, karena Anda Akan..

Gigi Perseneling Motor Keras Jangan Dilihat Saja, karena Anda Akan.. – Perseneling motor merupakan salah satu bagian motor yang sering kali menjadi permasalahan yang dialami oleh para pemilik dan pencinta otomotif khususnya motor. Yang dimana pada saat melakukan pengoperan gigi terasa sulit dikarenakan perseneling yang rasanya keras, pasti ketika hal ini terjadi akan terasa menyebalkan.

Perseneling Motor

Sebab bukan hanya akan menciptakan ketidak nyamanan ketika anda jalankan, tetapi juga akan dapat menyebabkan bahaya untuk diri anda apabila menggunakan motor yang keras gigi persenelingnya. Yang sangat berbahaya jika digunakan dengan kecepatan tinggi, tentunya anda tidak ingin membahayakan diri anda hanya karena permasalahan pada perseneling dari motor saja.

Baca Juga: Jangan ketinggalan Motor Sport Eksotis Ini, Suzuki RGR Dijamin Bikin Nangis!

Maka untuk dapat menghindari permasalahan pada perseneling sebuah motor yang dapat mengakibatkan anda celaka, anda perlu mengetahui terlebih dahulu masalah – masalah yang menjadi penyebab mengapa gigi perseneling motor anda menjadi keras.

Kemudian cari cara penanganan yang tepat untuk mengatasi permasalahan kerasnya perseneling gigi motor, untuk mendapatkan cara yang tepat silahkan simak 4 cara berikut. Agar rencana anda untuk membenarkan motor dapat terlaksana dengan baik, bukan justru malah menyebabkan kerusakan pada bagian motor lainnya.

Tips Mengatasi Masalah Gigi Perseneling Motor Yang Keras

Berikut adalah 4 cara tepat menangani gigi perseneling yang keras, dengan cara yang tepat yaitu :

Mengecek bagian kampas koplingnya



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Tidak bisa diabaikan habisnya kampas kopling memang dapat menjadi salah satu penyebab, kerasnya gigi perseneling motor yang akan mengakibatkan lemahnya tenaga pada motor. Untuk dapat mengatasi permasalah ini, anda cukup dengan melakukan pengecekan secara berkala.

Mengecek bagian tali koplingnya

Dapat anda lakukan dengan memastikan kekencangan pada tali koplingnya, anda harus dapat memastikan bahwa tali koplingnya telah terpasang dengan ketat, namun apabila sudah terlihat melonggar anda perlu mengaturnya lagi. Anda juga perlu merawatnya dengan sedikit oli juga minyak pada tali kopling, agar gigi perseneling lebih enteng saat dipindahkan.

Pilih oli yang berkualitas

Anda harus dapat memastikan bahwa oli yang anda gunakan pada motor adalah tipe oli dengan kualitas yang baik dan terjamin oleh standar yang ditetapkan pabrik Indonesia. Hal ini perlu anda perhatikan sebab, oli memegang peran penting untuk mempengaruhi sistem kerja komponen pada mesin motor. Sebab saat oli yang dipakai merupakan oli berkualitas rendah, dengan ciri oli yang kental maka komponen mesin akan bekerja sangat keras untuk mengatur kerja gigi perseneling.

Panaskan mesin ketika akan digunakan

Hal ini sangat disarankan untuk dapat menangani gigi perseneling yang keras, karena saat motor dipanaskan akan terjadi proses dimana oli melumasi bagian mesin pada motor juga gigi persenelingnya. Jadi saat anda mengendarai motor anda, saat mengatur gigi yang dipindahkan akan dapat dirasakan perbedaannya yang enteng dan lembut dibandingkan sebelumnya.

Meskipun terlihat sebagai hal yang tidak begitu penting, tetapi hal ini akan sangat efektif dilakukan untuk menangani permasalahan gigi perseneling keras pada motor anda tersebut. Anda bisa melakukan saran cara ini secara rutin setiap paginya, agar motor anda terasa lebih nyaman dipakai dan juga lebih aman untuk dikendarai.

Silahkan ikuti 4 cara yang disarankan diatas, dalam menangani penyebab permasalahan dari perseneling motor anda. Yang apabila anda lakukan secara rutin, dapat membuat gigi perseneling pada motor saat dipindahkan jauh lebih terasa nyaman dan juga aman untuk keselamatan anda.

Gigi Perseneling Motor Keras Jangan Dilihat Saja, karena Anda Akan.. | Sinta Rizki Fadila | 4.5