Persyaratan Ganti Plat Motor Kendaraan

Persyaratan Ganti Plat Motor Kendaraan – Bila pajak dan juga surat kendaraan bermotor Anda telah mencapai waktunya mencapai 5 tahunan, maka sudah seharusnya bagi pemilik kendaraan bermotor harus segera memproses secepatnya agar tidak sampai terbebani. Namun sayangnya, ternyata tidak banyak orang yang tahu tentang  apa sajakah persyaratan ganti plat motor dalam setiap 5 tahun itu? Dan beberapa hal tentang pertanyaan dari persyaratan untuk mengganti plat motor.

Baca juga: Tips Gadai BPKB Motor Online tanpa Survey

Apa juga yang harus dilakukan agar dapat mengurus plat nomor dan surat perpanjangan STNK itu? Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan dalam mengurus ganti plat motor ataupun plat nomor roda empat? Agar lebih jelas, sebaiknya simak saja beberapa hal berikut ini tentang persyaratan khusus untuk mengganti plat motor atau perpanjangan STNK selama 5 tahunan, antara lain:

Ganti Plat Motor Kendaraan

BPKP yang asli.

Cek fisik terhadap kendaraan bermotor atau roda 4.

STNK dan juga notis dari pajak asli. Umumnya terletak dibalik STNK yang memiliki nominal pajaknya.

KTP yang asli berdasarkan nama STNK-nya.

Semua persyaratan itu bisa langsung dicopy secara rangkap menjadi 2.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Bila Anda membawa map sendiri, maka agar tidak sampai ribet nanti dalam menaruh beberapa berkas itu, sebaiknya jangan lupa juga untuk membawa pulpen. Sehingga, Anda tidak sampai terlupa untuk membawa beberapa perlengkapan yang memang harus disiapkan. Karena ada beberapa orang terkadang lali dan lupa dengan apa yang harus disiapkan, sehingga mereka harus bolak-balik pulang ke rumah untuk membawa dan mempersiapkan segalanya. Tentu saja ini akan memakan waktu, biaya, dan tenaga yang lebih banyak bila Anda sampai lupa.

Biaya Persyaratan Ganti Plat Motor

Di bawah ini adalah biaya yang harus disiapkan saat akan mengganti plat kendaraan, antara lain:

Pertama, PKB dengan nominal yang sama seperti yang tertera di dalam NJKB. Bila tidak terdapat perubahan, maka nominalnya nanti harus disesuaikan dengan yang telah tertulis pada pajak tahun sebelumnya di kolom pajak kendaraan bermotor.

Kedua, SWDKLJJ. Untuk biaya kendaraan beroda 4 adalah sebesar 143 ribuan rupiah. sedangkan, untuk roda dua sebesar 35 ribuan rupiah.

Ketiga, untuk biaya pencetakkan TNKB dan juga STNK adalah sebagai berikut ini:

  • Biaya untuk penerbitan dari STNK beroda 2 yang terbaru adalah sebesar 100 ribu rupiah, sedangkan biaya cetak TNKB-nya adalah sebesar 60 ribu rupiah. Sehingga, bila dijumlahkan secara keseluruhan itu untuk biaya cetak STNK yang baru dengan biaya cetak plat nomor yang baru adalah 160 ribuan rupiah saja.
  • Biaya untuk penerbitan STNK beroda 4 adalah 200 ribuan rupiah. Sedangkan, biaya untuk cetak plat senilai 100 ribuan rupiah. Sehingga, bila dijumlahkan secara keseluruhan adalah mencapai 300 ribuan rupiah saja.

Namun, biaya di atas tersebut belum termasuk beberapa hal di bawah ini:

Biaya balik nama

Biaya pajak progresif, bila ada.

Denda SWDKLJJ dan denda PKB, bila terdapat keterlambatan.

Biaya untuk cetak BPKB yang terbaru berdasarkan peraturan yang terbaru senilai 225 ribuan rupiah. sedangkan untuk biaya roda 4 adalah sebesar 375 ribuan rupiah.  Ini berbeda sekali untuk biaya balik nama dan mutasi. Namun yang pasti, beberapa hal di atas merupakan info terbaru untuk mengganti plat nomor kendaraan Anda setiap 5 tahun sekali dan biayanya untuk proses perpanjangan STNK setiap 5 tahun sekali. Semoga cukup membantu.

Persyaratan Ganti Plat Motor Kendaraan | Sinta Rizki Fadila | 4.5