Tips Merawat Rantai Motor supaya Awet

Tips Merawat Rantai Motor supaya Awet – Saat ini hampir setiap orang memiliki kendaraan bermotor. Banyak orang membeli motor karena berguna sekali untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk memenuhi keperluan pribadi. Namun meskipun begitu, Anda harus dapat merawatnya dengan baik supaya nantinya motor Anda bisa menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

rantai motor

Salah satu bagian motor yang harus dirawat adalah dibagian rantai motor. Rantai ini menjadi salah satu bagian terpenting dari motor. Karena, rantai itu mudah sekali putus bila tidak dirawat dengan baik. Salah satu hal yang bisa merusak rantai adalah karena kurangnya perawatan. Sehingga, hal ini bisa membuat rantai menjadi kering karena tidak diberikan pelumas rantai, yaitu tidak disemprot. Selain itu, rantai juga bisa menjadi cepat rusak bila kerap terkena air hujan. Rantai yang sering terkena air hujan bisa membuat rantai menjadi mudah sekali berkarat.

Sayangnya, banyak orang sering kali melupakan bagian yang satu ini. Sehingga, rantai motor mereka menjadi cepat rusak. Maka dari itulah, agar lebih awet dan tahan lama, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips tentang bagaimana cara merawat bagian rantai ini dengan benar supaya lebih awet, antara lain:

Lakukan Pengecekan secara Rutin

Jangan pernah lupa untuk selalu mengecek kondisi rantai secara rutin. Sehingga, Anda bisa tahu apakah kondisi rantainya masih baik dan kencang atau sudah kendor. Banyak orang sering melalaikan cara yang satu ini karena malas untuk melakukan pengecekan dan juga sedang terburu-buru. Akibatnya, rantainya menjadi cepat rusak dan mudah putus.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Bersihkan secara Rutin

Selain harus dicek, Anda juga jangan lupa untuk membersihkan rantai secara rutin. Hal yang satu ini harus benar-benar dilakukan. Karena, disamping bisa membuat rantai menjadi cepat rusak, hal ini bisa membuat motor terlihat kumuh dan terliaht kotor. Akibatnya, motor menjadi tidak sedap untuk dipandang mata.

Pakai Pelumas Rantai Motor

Memberikan pelumas pada rantai itu penting sekali. Anda harus menggunakan sebuah oli khusus atau pelumas cair yang memang khusus untuk melumasi rantai secara rutin. Karena cara ini cukup efektif sekali untuk membuat rantai menjadi lebih awet. Selain itu, bisa dibilang bahwa cara ini cukup praktis dan tidak butuh waktu lama untuk melakukannya. Apalagi bila Anda melumasinya dengan cara penyemprotan. Sehingga, cara untuk melakukannya menjadi lebih mudah.

Potong Rantai 1x Saja!

Cara yang satu ini mungkin harus dilakukan oleh orang yang ahli. Dibutuhkan beberapa alat khusus agar dapat memotongnya dengan baik dan benar. Maka dari itulah, bila Anda tidak bisa melakukannya, maka salah satu langkah paling mudah adalah dengan cara membawanya ke bengkel yang paling dekat. Akan tetapi, bila Anda mempunyai perlatan khusus yang memadahi, maka Anda bisa melakukannya sendiri 1x saja.

Pakai Rantai dan Gear yang Asli

Cara terakhir yang harus dilakukan agar rantai motor menjadi lebih awet adalah, cobalah untuk mengganti gear dan rantai dengan yang asli. Seperti yang telah diketahui, bahwa suku cadang yang asli itu sudah pasti lebih berkualitas. Sehingga, pemakaiannya juga menjadi lebih awet. Karena berasal dari material yang berkualitas.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara terbaik untuk membuat rantai pada motor Anda menjadi lebih awet dan lebih tahan lama. Dengan begitu, hal ini bisa membuat motor Anda bisa bekerja sebagaimana mestinya. Semoga cukup membantu dan cukup bermanfaat. Selamat mencoba!

Tips Merawat Rantai Motor supaya Awet | Sinta Rizki Fadila | 4.5