Penyebab Rem Motor Blong ketika di Jalanan Turunan

Penyebab Rem Motor Blong ketika di Jalanan Turunan – Baru-baru ini ada salah satu akun IG milik @roda2blog yang mengunggah sebuah kejadian kecelakaan yang telah dialami oleh sang pengendara motor skuter matic dari Honda Vario. Namun, untuk waktu kecelakaan dan lokasinya tidak disebutkan. Kabarnya, skuter matic tersebut masuk ke dalam jurang karena mengalami masalah rem motor blong ketika melewati di jalur turunan yang tajam.

Baca juga: Kelemahan Membeli Motor Kawasaki Z125 Bekas

Tentu saja melihat adanya masalah rem yang blong untuk motor matic ini membuat salah satu kepala bengkel AHAS dari Cibinong, yang bernama Asep Suherman mulai angkat bicara! Katanya, rem yang blong itu bisa saja terjadi ketika melewati di jalanan turunan. Entah itu untuk motor yang mempunyai sistem pengereman cakram ataupun yang masih menggunakan sistem pengereman berupa tromol.

rem motor blong

Ketika melewati di jalanan turunan, kecepatannya tidak dapat mengimbangi dengan sistem pengereman. Sehingga, pengendara menjadi memaksakan diri untuk melakukan pengereman secara full. Akibatnya, penyerapan panasnya menjadi beralih ke bagian kepala babi atau ke bagian kalipernya. Selanjutnya, hal ini kemudian menyebabkan bagian sealnya menjadi memuai.

Dengan begitu, hal ini membuat pistonnya menjadi macet. Sehingga, saat pistonnya mulai macet, hal ini membuatnya tidak dapat menekan ke dalam kampas rem supaya bisa berhenti dan menyebabkan terjadinya rem motor blong. Herman pun berkata, bahwa bila turunan handle remnya tersebut diremas, hal ini membuat daya cengkram remnya tersebut lama-kelamaan menjadi berkurang.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Karena, melakukan pengereman yang terlalu lama itu bisa membuat logam cakramnya menjadi memuai. Sehingga, hal ini membuat permukaan bagian logamnya menjadi licin. Akibatnya, sistem pengereman yang dilakukan menjadi tidak dapat bekerja dengan maksimal. Sementara itu, bila melewati turunan menggunakan rem depan, hal ini juga bukannya tidak mungkin bisa menyebabkan terjadinya masalah rem motor blong.

Namun meskipun begitu rem blong itu bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah dikarenakan penggantian kampas lama yang telat. Dimana seharusnya kampas lama tersebut diganti dengan kampas baru, namun tidak segera diganti oleh pengendara motor. Penyebab selanjutnya adalah bisa saja terjadi karena posisi minyak remnya tidak dicek terlebih dahulu. Sehingg, hal ini bisa menyebabkan terjadinya blong pada rem motor matic tersebut.

Yang pasti, bila ketika saat mengerem, dan rem itu bekerja dengan baik dan normal, namun kemudian remnya menjadi blong tiba-tiba di jalanan turunan, hal ini bisa saja terjadi karena Anda terlalu banyak memakai rem. Sedangkan untuk kecepatannya tidak imbang. Sehingga, hal ini menyebabkan terjadinya panas yang membuat remnya menjadi blong.

Maka dari itulah, bila Anda ingin bepergian kemanapun, khususnya untuk Anda yang gemar touring menggunakan sepeda motor Anda, sebaiknya selalu perhatikan dengan baik kendaraan motor Anda tersebut dengan baik. Lakukan pengecekan secara rutin dibagian kampas motor dan semuanya, termasuk dibagian sistem pengeremannya. Karena bagian ini sangat riskan sekali. Banyak sekali orang-orang yang telah kehilangan nyawanya dan mengalami hal yang buruk karena rem motor mereka blong.

Dari sinilah, kesadaran akan pengecekan terhadap motor matic dan remnya itu begitu penting sekali. Alih-alih ingin liburan dan touring ke suatu tempat, namun malah bisa membuat Anda menjadi masuk ke dalam jurang bila remnya tidak dicek terlebih dahulu. Maka dari itulah, sebaiknya selalu jaga dan rawat motor Anda dengan baik.

Penyebab Rem Motor Blong ketika di Jalanan Turunan | Sinta Rizki Fadila | 4.5