Rem Motor Mudah Blong? Intip Solusinya!

Rem Motor Mudah Blong? Intip Solusinya – Ketika Anda mempunyai motor, maka pengecekan pada rem motor menjadi hal yang harus Anda lakukan. Agar Anda aman berkendara, maka usahakan memang selalu melakukan pengecekan pada bagian rem sepeda motor tersebut. Masalah yang ada pada rem sepeda motor ini menjadi hal yang akan membuat Anda bisa was-was saat sedang berkendara. Kalau Anda mengabaikan masalah pengecekan pada rem sepeda motor, maka akan ada beberapa hal berbahaya yang biasanya akan bisa terjadi pada diri kita.

Baca Juga: Begini Akibatnya Bila Masalah Rem Cakram Motor Diabaikan, Pasti Anda Akan..

Nah, dalam melakukan pengecekan pada rem sepeda motor, maka Anda juga harus paham dengan bagian apa saja yang ada pada rem sepeda motor tersebut. Untuk rem sepeda motor yang banyak dipakai sekarang ini hanya ada dua, yaitu antara hydraulic disk dan juga teromol.

rem motor

Kebanyakan orang tentunya tidak ingin mendapati rem sepeda motor blong atau rusak. Nah, kalau sampai hal ini terjadi pada rem sepeda motor yang Anda punya, pastinya Anda tidak akan bisa membawa motor tersebut dengan aman dan nyaman. Hal pertama yang akan Anda lakukan tentunya adalah mencari tahu penyebab dari rem sepeda motor tersebut rusak dan blong. Berikut ini ada 4 penyebab yang biasanya akan membuat rem sepeda motor menjadi blong dan rusak, diantaranya adalah :

Kanvas Rem



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Ketika Anda akan melakukan perawatan pada rem motor, maka Anda juga harus mengecek bagian kanvas dari rem sepeda motor tersebut. Ketika kanvas pada rem sepeda motor semakin tipis dan habis, maka kekuatan yang akan ada pada rem sepeda motor Anda tersebut akan menjadi berkurang dan Anda tidak akan bisa melakukan pengereman dengan lebih maksimal nantinya.

Nah, saat Anda akan melihat kanvas rem sepeda motor, maka Anda juga harus paham dengan bagian yang ada pada kanvas tersebut. Penggunaan kanvas ini memang menjadi bagian yang sangat penting dan bisa dikatakan sebagai bagian krusial agar rem sepeda motor tetap awet dan bisa Anda gunakan dengan baik untuk ke depannya.

Minyak Rem

Hal kedua yang bisa menjadi penyebab rem sepeda motor menjadi blong adalah minyak rem. Pemakaian minyak pada rem sepeda motor harus sesuai dengan anjuran dan kualitas yang dianjurkan juga. Salah dalam menggunakan minyak dengan kualitas tidak sesuai akan membuat rem sepeda motor menjadi mudah blong.

Piringan Cakram

Hal ketiga yang akan menjadi penyebab rem sepeda motor mudah blong adalah pada bagian piringan cakram. Pada bagian ini akan ada masa servis dan penggantian yang harus Anda perhatikan. Kalau Anda lalai, maka akan membuat rem sepeda motor menjadi mudah rusak dan juga mudah blong pastinya.

Sil Master Rem

Pada bagian satu ini akan sangat dibutuhkan untuk membuat rem sepeda motor bekerja dengan lebih maksimal. Dengan adanya bagian ini pada sistem yang ada pada rem sepeda motor, maka akan bisa memompa minyak yang ada pada bagian rem sepeda motor tersebut supaya tidak akan terjadi malfungsi yang membuat rem sepeda motor menjadi blong.

Drum Brake

Hal terakhir yang harus diperhatikan pada rem motor adalah bagian drum brake. Nah, pada bagian yang ada di rem sepeda motor ini juga harus diperhatikan masa habis dan masa servis yang akan Anda lakukan. Cara ini membuat rem sepeda motor akan lebih awet dan tidak mudah menjadi blong.

Rem Motor Mudah Blong? Intip Solusinya! | Sinta Rizki Fadila | 4.5