Tips Jitu Memburu Sepeda Motor Antik dan Tua

Tips Jitu Memburu Sepeda Motor Antik dan Tua – Saat ini, jumlah pecinta sepeda motor antik makin banyak saja. Bahkan, jumlah peminat motor antik saat ini semakin meluas di semua kalangan usia. Tidak hanya sekedar untuk kalangan para biker saja. orang awam yang punya cukup dana juga mulai tergoa untuk berburu motor tua ini dan mengoleksi motor antik ini dari berbagai macam merk. Kebanyakan dari mereka mencari motor yang berusia di atas dari tahun 1970.

Makin tua dan makin original motor antik yang sedang diburu, hal ini membuat harga jualnya menjadi semakin meningkat dan semakin mahal. Tak jarang pula bila motor tua yang masih original dan terawat ini sesudah didandani dengan baik memiliki harga jual hingga mencapai 200 jutaan rupiah. Khususnya untuk merk motor tertentu, seperti motor Triump, motor Harley Davidson, motor BSA, dan juga motor Norton.

Baca Juga : Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur

Namun, satu hal lagi yang harus dicatat adalah melambungnya harga jual motor tua ini sayangnya sering kali terjadi banyaknya penipuan saat ini. Khususnya untuk mereka yang masih awam dan belum begitu mengetahui tentang seluk beluk dari motor antik ini. Sesepuh dan juga sebagai Wakil Ketua Komunitas dari Motor Antik Club yang ada di Yogyakarta, yaitu Ardy Tjandranata telah memberi beberapa tips untuk mereka yang masih awam yang ingin berburu motor antik, antara lain:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Pertama, perlu Anda ketahui bahwa nilai jual utama dari motor tua ini terletak dari segi orisinalitas yang dimiliki oleh motor tua ini. Makin original sebuah motor, maka makin mahal juga harga jualnya. Ardy telah menuturkan bahwa sekarang ini semua onderdil itu hampir bisa diakali dan juga dibuat. Namun, bagi orang yang sudah menguasai tentang literasi motor tua, maka sudah pasti mereka akan cukup memahami tentang komponen baru dan manakah yang komponen original.

Apalagi sekarang ini banyak sekali produksi komponen baru yang sangat sulit untuk dibedakan dengan versi aslinya. Sehingga, dibutuhkan ketelitian saat akan membelinya. Misalnya saja adanya lekukan di bagian spatbor dan yang lainnya.

Kedua, ketika Anda ingin membeli sebuah sepeda motor antik, sebaiknya pastikan juga bahwa kondisi mesinnya masih fit. Bisa saja mesinnya tersebut masih terdengar halus, namu ternyata rombakannya atau modifikasinya tersebut tidak benar semuanya. Ardy telah menuturkan bahwa karakter dari motor antik yang berasal dari Eropa dan Amerika itu biasanya berbeda sekali dengan motor dari Jepang yang saat ini merajai di kawasan wilayah Indonesia.

Terkadang, motor antik itu ada yang memiliki suara mesin yang bunyinya sedikit. Namun, tidak juga mesinnya bisa halus layaknya motor Jepang. Hal ini harus Anda ketahui sebelum membelinya supaa Anda tahu manakah yang ori dan tidak. Maka dari itulah, supaya tidak sampai salah beli, sebaiknya ajaklah orang yang paham dengan motor tua ini untuk memastikan dari segi originalitas dari sebuah motor yang sedang diburu.

Ketiga, hal lain yang harus diperhatikan adalah tekat Anda. Tekat Anda harus kuat saat ingin membeli sebuah sepeda motor antik. Karena nilai atau harga jual motor tua itu umumnya tidak sesuai dengan tampilan yang diberikan. Misalnya saja dengan harga jual yang mencapai 30 jutaan rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan motor yang baru dan terlihat bagus. Namun, bila Anda membeli motor antik senilai 30 jutaan rupiah, jelas Anda masih harus mendandaninya agar enak untuk dilihat. Butuh modal lagi untuk memperbaiki tampilannya!

Tips Jitu Memburu Sepeda Motor Antik dan Tua | Sinta Rizki Fadila | 4.5