Sepeda Motor Paling Irit Bahan Bakar di Indonesia

Sepeda Motor Paling Irit Bahan Bakar di Indonesia

Motor Paling Irit Bahan Bakar – Sobat otorider, sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digemari orang, ada banyak faktor yang membuat motor menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia, salah satu faktor adalah karena bodinya yang lebih ramping jika dibandingkan roda empat membuatnya lebih mudah bermanuver, selain itu harga motor yang lebih terjangkau untuk berbagai kalangan, dan yang paling penting adalah konsumsi bahan bakarnya lebih irit dibanding kendaraan jenis lainnya, saat brader akan membeli sepeda motor pastinya konsumsi bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan, pabrikan motor pun selalu berlomba – lomba dalam memproduksi motor dengan penggunaan bahan bakar paling irit, untuk mengetahui motor dengan bahan bakar paling irit, crew otorider.net sudah menyiapkan ulasan motor paling irit versi otorider.net.

Dalam menentukan suatu sepeda motor irit dalam penggunaan bahan bakar atau tidak, bukanlah hal yang sepele dan mudah, biasanya patokan irit atau tidaknya kendaraan bermotor berpatokan pada hasil klaim pabrikan dan hasil test ride dari berbagai pihak, hasil klaim dari pabrik dan test ride ini pun tidak berlaku mutlak.

Dengan demikian, berdasarkan klaim dari pabrikan dan hasil test ride yang dikumpulkan oleh banyak pihak, maka pada ulasan kali ini, Otorider.net akan memberikan berapa motor yang diklaim paling irit bbm, hasil ini tidak mutlak dan mengikat, hasil ini diperoleh dari informasi – informasi klaim dari pabrik, dan hasil test ride dan perlu diketahui, daftar motor paling irit bahan bakar di bawah ini tidak disusun secara berurutan, sengaja dibuat daftar secara acak, agar nantinya tidak timbul persepsi bahwa motor dengan urutan pertama pasti motor paling irit bahan bakar.

Daftar Sepeda Motor Paling Irit Bahan Bakar

Honda Vario 125 Fi (± 58.1km/ Liter)

Honda Vario 125 Fi

Honda Vario 125 Fi adalah salah satu motor jenis matic berkapasitas mesin besar namun konsumsi bahan bakarnya tetap irit, skuter matic berkapasitas silinder 125 cc ini mampu menempuh jarak sejauh 58,1km menggunakan 1 liter bahan bakar, dan menjadikan salah satu motor matik yang paling irit bahan bakar.

Teknologi PGM Fi yang disematkan pada Honda Vario 125 menjadi faktor iritnya penggunaan bahan bakar, teknologi lainnya adalah ISS atau Idling Stop System yang membuat mesin motor mati saat berada pada kondisi idle dan tidak bergerak selama 3 detik, motor bisa dengan mudah dinyalakan lagi hanya dengan memutar gas, selain itu, matic Honda ini juga dilengkapi dengan ACG stater sehingga membuat Vario Techno 125 tidak berisik saat distater, teknologi PGM FI dan ISS ini sangat membantu Honda Vario Techno 125 Fi untuk menghemat konsumsi bahan bakarnya.

Honda Supra X 125 PGM Fi (± 62km/ Liter)

Honda Supra X 125 PGM Fi

Supra X 125 PGM Fi adalah produk Honda yang mengusung teknologi baru pembakaran injeksi, teknologi yang dikenal dengan istilah PGM Fi atau Programmable Fuel Injection memang sudah menjadi senjata utama produk motor Honda semenjak dikenalkan pertama kali hingga sekarang.

Dari hasil uji pabrikan dan sumber – sumber lain bisa disimpulkan bahwa motor berkapasitas mesin 125 cc ini relatif bisa menempuh jarak sejauh 62km setiap penggunaan 1 liter bahan bakar, walaupun berkapasitas mesin cukup besar 125cc ternyata teknologi PGM Fi inilah yang bisa membuat motor bebek paling irit bahan bakar tahun ini.

Simak juga ulasan: Spesifikasi Honda CB150R StreetFire Terbaru

Honda Absolute Revo Fi (± 62.2km/ Liter)

Honda Absolute Revo Fi

Untuk motor kelas bebek paling irit sepertinya masih didominasi oleh produk Honda, bisa dilihat dari salah satu motor bebek kelas menengah kebawah andalan Honda yakni Honda Absolute Revo Fi yang berkapasitas mesin 110cc memiliki rasio penggunaan bahan bakar sebesar 62.2km/ Liter.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Karena kapasitas mesinnya relative kecil membuat Absolute Revo menjadi motor honda yang paling irit bahan bakar, selain itu motor ini juga menyematkan teknologi yang sama seperti Supra X 125 yaitu PGM Fi, harganya yang relative murah dan konsumsi bahan bakar yang irit menjadikan Honda Absolute Revo sebagai kendaraan operasional standar bagi karyawan Honda.

Yamaha Jupiter Z1 (± 69.88km/ Liter)

Yamaha Jupiter Z1

Salah satu produk Yamaha berhasil menembus jajaran motor paling irit versi otorider.net. Yamaha Jupiter Z1 dengan kelas mesin 115cc ini terbukti menjadi salah satu motor irit di Indonesia, dengan memasukkan teknologi YMJET Fi pada motor ini, membuatnya mampu menempuh jarak 69.88km setiap 1 liter bahan bakar.

Ke-efektifitasan pembakaran bahan bakar Yamaha Jupiter Z1 bisa mengalahkan generasi sebelumnya yaitu New Yamaha Jupiter Z yang memang masih menggunakan sistim pembakaran karburator.

Suzuki Nex (± 79.6km/ Liter)

Suzuki Nex

Peringkat 1 motor paling irit bahan bakar di Indonesia juaranya adalah Suzuki Nex, matic keluaran Suzuki ini berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih efisien dibanding motor – motor lainya, penggunaan 1 Liter bahan bakar pada Suzuki Nex mampu menempuh jarak sejauh 79.6km, sungguh luar biasa.

Skuter matic ini ternyata mengadaptasi teknologi Fuel Injection sehingga konsumsi bahan bakarnya super irit, meskipun pabrikan Suzuki tidak mengeluarkan produk motor sebanyak Yamaha atau Honda, namun hal ini tidak mempengaruhi terobosan – terobosan baru yang disematkan pada motornya, terbukti dengan Suzuki Nex yang mampu mengalahkan ke-efisiensian dan keiritan penggunaan bahan bakar dibanding motor lainnya.

Yamaha V-Ixion (± 44.3Km/ Liter)

Yamaha V-Ixion

Motor Yamaha lain yang masuk ke dalam kategori motor sport paling irit bbm di kelasnya datang dari merk Yamaha, sama seperti teknologi injeksi pada motor Yamaha lainnya, ternyata konsumsi bahan bakar dari Yamaha V-Ixion ini tergolong irit.

Dengan mengadopsi mesin DOHC 150 CC, brader dapat menempuh jarak kurang lebih 44.3 kilometer dengan 1 liter bahan bakar saja, dan ternyata walaupun memiliki kapasitas mesin dan tenaga yang besar, konsumsi bahan bakar dapat ditekan secara drastis melalu teknologi YMJET – Fi milik Yamaha ini.

Honda New Megapro Fi (± 46.2Km/ Liter)

New Honda Mega Pro PGM-FI

Ada anggapan bahwa motor sport itu boros, ternyata Ada beberapa motor sport yang masuk ke dalam kategori irit di kelasnya, Honda New Megapro Fi jawabanya, walaupun Honda New Megapro Fi ini cukup populer dibandingkan motor sport lain, namun ternyata memiliki konsumsi BBM yang irit, yaitu sekitar 46.2 KM / 1 Liter bensin.

Dari segi performa banyak yang menyayangkan performa yang dimiliki New Megapro ini, namun demikian, dengan body yang besar dan gagah, ternyata motor ini memiliki kelebihan dalam konsumsi bahan bakarnya.

New Honda Sonic 150R (45,4 Km/Liter)

New Honda Sonic 150R

Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak Astra Honda Motor (AHM), diketahui jika All New Sonic 150R yang dihadirkan dengan mesin DOHC 150cc ini memiliki konsumsi bahan bakar hingga 45,35 km/liter, data tersebut dihasilkan dari pengetesan berbasis ECE-R40 Euro II, sedangkan jika menggunakan standar Euro III, All New Sonic 150R ini bisa menempuh jarak hingga 40,9 km dengan 1 liter bahan bakar.

Pihak AHM berpendapat bahwa New Honda Sonic 150R mampu berakselerasi 10,6 detik untuk jarak 0-200m, motor sport terbaru Honda ini pun mampu dipacu hingga 124,1 km/jam berdasarkan hasil pengetesan test ride, dan menjadikan New Honda Sonic 150R New adalah motor sport paling irit bbm di Indonesia.

Demikian ulasan mengenai Motor Paling Irit Bahan Bakar  versi otorider.netsemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • motor bebek paling irit (73)
  • motor teririt (63)
  • motor paling irit di indonesia (58)
  • Motor teririt 2016 (45)
  • motor irit (40)
  • motor sport 150cc teririt (38)
  • motor bebek mana yg paling irit (38)
  • motor sport paling irit (35)
  • Motor paling irit 2016 (34)
  • motor honda paling irit (32)
Sepeda Motor Paling Irit Bahan Bakar di Indonesia | Sabian | 4.5