Sepeda Motor Sistem Injeksi Dengan Karburator

Motor Sistem Injeksi Dengan Karburator – Pada setiap kendaraan bermotor tentunya tidak luput dari komponen penyuplai bahan bakar, dimana penyuplai ini bekerja untuk mengolah bahan bakar hingga menjadi campuran yang akan dimasukkan ke dalam ruang bakar, komponen yang satu ini disebut dengan karburator, namun pada pabrikan-pabrikan yang memproduksi sepeda motor sekarang banyak yang menganut Sistem Injeksi.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Beberapa tahun belakang mungkin sudah muncul stigma yang mengatakan sepeda motor yang bagus itu menggunakan sistim injeksi, sebaliknya sepeda motor yang menggunakan karburator sudah dianggap ketinggalan jaman, kira–kira brader lebih memilih yang mana? pilih motor injeksi atau karburator?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari cari tahu bagaimana perbedaan sistem injeksi dan karburator pada motor dalam mendukung sistim pengkabutan bahan bakar dan suplai bahan bakar yang sudah disiapkan oleh crew otorider.net

Sepeda Motor Sistem Injeksi Dengan Karburator

Motor Sistim Injeksi

Cara kerja motor injeksi, metode kerja dalam sistim injeksi melibatkan sensor yang memberikan informasi kondisi mesin, udara, dll untuk dikalkulasi secara komputerisasi guna menentukan berapa banyak bahan bakar yang diinjeksikan, sedangkan pengaturan besarnya udara yang masuk mengandalkan throttle valve, sistim komputerisasi ini tentunya bisa melakukan pembakaran dengan optimal, perawatan motor injeksi berdasarkan kinerja sensor – sensor ECU sendiri akan dipengaruhi oleh:

  • Akurasi tiap – tiap sensornya
  • Lineritas hubungan antara besaran yang hendak disensor serta tegangan dari hasil konversi.
  • Tingginya tingkat coding ADC pada ECU, semakin tinggi kemungkinan error semakin kecil.
  • Kecepatan ECU dalam mengkalkulasi, dan lain – lain.

Maka dari itu jika salah satu komponen diatas mengalami gangguan, kinerja ECU tidak akan maksimal sehingga power menjadi turun sementara konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang meningkat.

Simak juga ulasan: Fungsi CDI Motor Berbagai Jenis Sepeda Motor

Motor Sistim Karburator

Sementara sistem karburator pada motor lebih simple, udara masuk kedalam silinder melalui karbu, akibat kevakuman silinder (langkah hisap piston) sehingga mekanismenya hampir sama dengan sistem fuel injection, saat melalui karbu akan terjadi penyempitan (venturi) yang didalamnya terdapat nosel bahan bakar, akibatnya aliran bertambah cepat serta tekanan udara didalam menurun, efeknya bensin jadi terdorong naik dari mangkuk karbu melalui nosel dan meuju venturi, bahan bakar yang keluar dari venturi akan langsung bercampur dengan aliran udara bertekanan tinggi sehingga terjadilah pengabutan.

Besarnya bahan bakar yang disemburkan pada karbu tergantung dari kecepatan aliran udara dan besarnya celah tempat keluarnya bahan bakar, celah – celah ini ditentukan oleh pilot jet dan main jet serta kombinasi needle jet dan jet needle, semua komponen karburator termasuk juga ukurannya sudah didesain secara teliti oleh produsennya sehingga pencampuran yang terjadi bisa optimal sesuai kebutuhan motor.

Sementara sistem karburator sepeda motor yang lebih canggih terdapat saluran dan mekanisme pengatur bahan bakar dan pengaturan besarnya udara yang masuk mengandalkan throttle valve.

Perbandingan Motor Sistem Injeksi Dengan Karburator

karbu vs injeksi

Pembicaraan mengenai efektifitas dan efisiensi antara motor karburator vs fuel injection sebenarnya sudah berlangsung lama di luar Indonesia karena memang sudah lebih dulu diterapkan, namun untuk mempersingkatnya crew otorider.net sudah menyiapkan ulasan mengenai keduanya.

Sebenarnya kecanggihan sistim injeksi khusus ditujukan di Negara lain yang lebih maju dan memiliki cuaca yang berbeda dengan Indonesia, sementara untuk di Indonesia sendiri ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penilaian keduanya, berikut ini perbedaan sistem injeksi dan karburator pada motor :

  • Di Indonesia lebih sering bercuaca cerah, jika hujan kebanyakan brader pasti berteduh sehingga hanya sedikit mempengaruhi kinerja karbu, sementara teknologi injeksi lebih unggul pada perubahan musim subtropics (panas, semi, gugur salju), sedangkan saat banjir (terjadi di Indonesia) injeksi akan lebih mudah rusak akibat korsleting.
  • Sebagian besar mekanik di Indonesia masih belum menguasai teknologi injeksi dikarenakan memang masih tergolong baru di Indonesia, akan tetapi mereka belajar cara mengatasi problem karburator.
  • Sistem kerja karburator lebih simple dan murah perawatannya, sedangkan sistim injeksi perawatannya agak mahal.
  • Kinerja karburator tidak perlu aki dalam pengoperasiannya, sedangkan sistim injeksi akan berhubungan dengan listrik aki, yang terjadi saat aki soak/ mati ECU injeksi akan mati.
  • Secara performa sistim FI jelas mengungguli karburator (standar) karena lebih akurat dan terkomputerisasi, kecuali jika karbu sudah dikorek terlebih dahulu.
  • Efisiensi dan gas buang karburator lebih buruk dibanding injeksi, sistim injeksi lebih ramah lingkungan sementara karbu asapnya masih mengepul.
  • Sistim AFR untuk rentang RPM, kinerja injeksi jelas lebih unggul dibanding karburator karena sistim FI mudah beradaptasi terhadap perubahan cuaca dan kondisi mesin.
  • Sistim injeksi sangat baik saat dipergunakan untuk race, balapan, karena saat kecepatan tinggi performa pengabutan bisa dikontrol (fully controlled) untuk memperoleh laptime yang optimal.

Perbedaan antara sistem karburator dan injeksi adalah hanya pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar, pada sistem injeksi sudah menggunakan peranti elektronik seperti injektor, yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar, sedangkan pada karburator yang masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder, sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga didapat hasil pembakaran yang efisien.

Nah sekarang pilihan ada di tangan brader, karena semuanya sesuai selera masing – masing orang, penggunaan motor semua tergantung kondisi lingkungan dan keperluan tiap orang.

Demikian ulasan mengenai Motor Sistem Injeksi Dengan Karburatorsemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

daftar panjang stang seher, injeksi, perbedaan motor injeksi dan karbu, perbedaan karburator dan injeksi, perbedaan karburator dan injeksi pada motor, karbu injeksi, perbedaan sistim injeksi dan karbulator, karbu dan injeksi, perbedaan bahan bakar injeksen dan karburator, gambar karburator injeksi sepeda motor
Sepeda Motor Sistem Injeksi Dengan Karburator | Sabian | 4.5