Setting Motor 2 Tak Tehnik Dasar 2017

Setting Motor 2 Tak  – Walaupun kini dijalanan sudah dipenuhi motor 4 tak, namun nampaknya kehebatan motor 2 tak masih belum terlupakan, dengan settingan asli pabrik saja motor 2 tak sudah memiliki performa bagus, apalagi jika tahu teknik untuk cara kerja motor 2 tak dan cara Setting Motor 2 Tak , pasti bisa lebih hebat lagi.

Meningkatkan tenaga mesin 2 tak sebenarnya cukup mudah asal mengetahui teknik dasarnya, kesalahan yang sering dilakukan pemula adalah menentukan setting mesin motor 2 tak dan memilih kombinasi komponen mesin, sehingga mesin 2 tak perfomanya tidak lebih baik dari settingan standar, maka dari itu diperlukan strategi dan pengetahuan yang mumpuni sebelum Sahabat Otorider memodifikasinya, justru pengerjaan yang sederhana, hati-hati dan ketelitian merupakan kunci meningkatkan kinerja mesin 2 tak.

Seting Motor 2 Tak Tehnik Dasar

Cara Kerja Motor 2 tak

Mesin 2 tak memiliki komponen lebih sedikit dari 4 tak, namun sangat detail dalam kalkulasi, rahasia tenaga mesin 2 tak terletak di pengaturan kompresi primer dan sekunder mesin, beginilah cara kerja mesin 2 tak.

Langkah Kompresi dan Langkah Hisap

Pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada ruang engkol atau pada bagian bawah piston.
yang terjadi dalam langkah ini adalah :- Piston bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).

  • Pada saat saluran pembiasan tertutup mulai dilakukan langkah kompresi pada ruang silinder.
  • Pada saat saluran hisap membuka maka campuran udara dan bensin akan masuk ke dalam ruang engkol.

Langkah Usaha dan Buang

Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang, yang terjadi dalam langkah ini adalah, sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas), busi akan memercikkan bunga api listrik sehingga campuran udara dan bahan bakar akar terbakar dan menyebabkan ledakan maka timbullah daya dorong terhadap piston, sehingga piston akan bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).

  • Sesaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias serta saluran buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke saluran.

Mesin 2 tak harus memakai oli pelumas samping selain pelumas mesin hal ini di sebabkan karena putaran yang dihasilkan lebih cepat, karena hanya membutuhkan 2 langkah kerja mesin 2 Tak lebih cepat/kencang dari 4 tak hal ini menyebabkan mesin 2 tak lebih berisik, dan boros bahan bakar, jadi tidak ada mesin yang sempurna pasti ada kekurangannya.

Simak juga ulasan: Intip Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Modifikasi Sederhana Setting Motor 2 Tak

  • Porting

Porting menciptakan tenaga dalam RPM tertentu, mengurangii metal dalam porting berarti merubah durasi, luasan area, volume, serta sudut porting untuk menentukan tenaga sesuai keinginan, untuk memodifikasi mesin Sahabat Otorider wajib tahu karakteristik mesin standar sebelum menentukan kalkulasi Porting – Luasan Area – durasinya karena semua itu akan menentukan RPM mesin.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Porting Polish

  • Cylinder Head

Untuk membentuk karakter mesin bisa membentuk cylinder head, karena tiap kombinasi bentuk menghasilkan karakter mesin berbeda- beda, squish lebar berkompresi tinggi bisa menciptakan turbulensi gas diruang bakar, perlu software khusus dalam menghitung MSV. Sahabat Otorider bisa menetukan karakter mesin dengan melihat dalam buku Graham Bell yang didalamnya tersedia patokannya (power band – RPM range).

Silinder Blok dan Silinder kop Ninja

  • Karburator

Setting Motor 2 tak Kohar berikutnya terletak pada bagian karburator, setting karburator harus dicocokkan setelah modifikasi porting dan pengaturan kompresi karena durasi porting mempengaruhi puncak RPM mesin, oleh karena itu venturi karburator yang pas harus dijalankan secara hati – hati (misal ventury 34mm cocok untuk supercross, 36mm khusus pada kecepatan).

Karbu Sudco 34

  • Red Valve

membran yang besar dan lebar sangat bermanfaat untuk digunakan pada putaran mesin tinggi, membran dengan lidah 6 atau lebih bisa mengalahkan mesin dengan katub buluh 2 atau 4, perhatikan saat memilih membran, sudut petal, material petal dan ketipisan katub buluh, gunakan membran buatan v-force karena membran ini biasa digunakan oleh mekanik internasional, modifikasi membran standar dengan main ganjal dan porting rumah membrane, material petal yang ringan sangat membantu akselerasi dan menyuplai putaran yang tinggi.

Membran V-Force

  • Pipa Knalpot

Gelombang energy yang besar bisa dihasilkan dari desain knalpot yang benar, diameter dan panjang dari 5 bagian utama dari pipa knalpot merupakan kunci dalam menghasilkan tenaga pada RPM tertentu, 5 bagian tersebut meliputi Header, Difuser, Dwell, Baffle, dan Stinger, knalpot yang bagus sebaiknya harus mampu menaikkan tenaga pada RPM lebih tinggi, Maka dari itu pastikan silinder mesin sesuai dengan knalpot agar RPM besar bisa dicapai.

Diameter Pipa Knalpot

Demikian ulasan mengenai Setting Motor 2 Tak  semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • cara menyetel membran (512)
  • cara setting membran satria 2 tak (338)
  • mesin satria 2 tak berisik (185)
  • cara meningkatkan tenaga motor f1zr (124)
  • cara meningkatkan kompresi motor 2 tak (99)
  • cara memadatkan kompresi motor 2 tak (81)
  • cara setting membran fiz r (78)
  • modifikasi membran f1zr (74)
  • cara membuat motor satria 2 tak kencang (73)
  • cara menaikan kompresi motor 2 tak (68)
Setting Motor 2 Tak Tehnik Dasar 2017 | Sabian | 4.5