Setting Motor Ninja 2 Tak Standart

Setting Motor Ninja 2 Tak Standart

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Setting Motor Ninja 2 Tak – Sahabat Otorider, pasti tahu dengan Kawasaki Ninja, motor besutan Kawasaki ini sering kali jadi favorit dikalangan anak muda bagaimana tidak, dengan performanya yang kuat dan cepat disertai dengan body yang ciamik bisa membuat siapapun jatuh hati saat memandang, jadi teringat tahun 2006an begitu banyak yang pakai Motor Ninja 2tak.

Meningkatkan performa setting Ninja R harian memang terkenal cukup simpel, karena komponen yang digunakan pada mesin itu lebih sedikit dibanding dapur pacu 4 stroke, memang ada beberapa komponen peningkat performa, dari struktur dan cara kerjanya, mesin dua langkah memang lebih irit komponen dan langkah kerjanya pun lebih singkat dibandingkan mesin 4-Tak, tak heran komponennya jadi lebih irit, tapi pada setting ninja 2 tak ini beberapa peranti juga perlu diubah terutama pada blok mesinnya.

Misalnya kepala silinder, kubahnya diubah demi meningkatkan dan menggali kompresi, hal ini bisa dilakukan dengan cara dibubut sementara pada blok silinder, bisa dilakukan porting dan polish, itu pun dilakukan oleh mekanik di bengkel, ada lagi spareparts untuk meningkatkan performa pada bagian ini, yaitu katup buluh alias reed valve bisa diganti dengan bahan lebih kuat, agar pasokan bahan bakar lebih lancar dan kompresi di ruang bakar pun lebih baik, karena katup bisa bekerja cepat sesuai naik-turunnya piston.

Pada ulasan kali ini crew otorider.net ingin berbagi mengenai tips setting Ninja ss agar kuda besi ini lebih kencang, pada dasarnya basic setting Ninja rr untuk harian sudah sangat tangguh, pada kebanyakan kasus motor ini memiliki kelemahan agak slow pada putaran bawah hingga menengah, disini crew otorider ingin berbagi cara untuk mengatasinya dan perlu diingat tips Setting Motor Ninja 2 Tak ini murni menggunakan spare part original tanpa adanya setting ninja drag atau korek ninja 150r modifikasi, namun jangan khawatir karena hasilnya bakal cukup memuaskan, tanpa harus berlama – lama lagi, yuk langsung kita coba:

Simak juga ulasan: Tips Korek Harian Satria Fu

Tune Up Kawasaki Ninja Standart

Sebelum memulai penyetingan brader diharakan untuk menyiapkan alat – alat dan part pendukung ini dulu:

  1. Membran, siapkan 4–6 lembar.
  2. Box filter dan busanya.

Setelah semua terkumpul, persiapkan waktu brader, karena saatnya pekerjaan dimulai:

  • Membran 

Untuk langkah pertama adalah double membran pada umumnya double membrane identik dengan memotong setengahnya atau membuat lubang pada membran dasar kemudian ditutup dengan membran satunya,lLalu kenapa disini memakai 6 membran, karena ada membrane dasar yang akan dibuat dobel (diberi sekat), jadi antara membrane dasar dan pendobelnya tidak bersentuhan langsung, untuk membrane ke 5 dan 6 berfungsi sebagai sekat dengan cara dipotong dan diambil membran yang ada lubang bautnya.

Kenapa harus didobel seperti itu, karena cara ini secara tidak langsung juga menaikkan tinggi dari stopper. Selain itu membran dasar tidak akan terbebani atau tertekan oleh membran pendobelnya saat terbuka optimal di putaran bawah. Efeknya membran akan terbuka lebih tinggi dan gas baru yang terhisap bisa lebih banyak.

Membran Ninja Original

  • Seting Karburator

Untuk langkah setting karburator Ninja R ini membutuhkan 2 pilot jet dan 1 nozzle karena kebutuhan suplai bensin di putaran bawah berbeda – beda, jadi silahkan menyesuaikan PJ dan MJ yang menurut brader cocok, kemudian dinaikkan 1-2 step, lalu gerinda ujung  Nozzle setengahnya agar bisa membuat tarikan terus terisi dari bawah sampai atas dan menghilangkan ngempos (tarikan mendadak) saat memasuki 6000 RPM, dengan memotong Nozzle ini membuat tenaga mengalir lebih halus dan lebih merata dan cepat naik keputaran atas.

Pilot Jet dan Main Jet

  • Box Filter

Sebenarnya setting Ninja SS harian tanpa otak – atik box filter pun tidak masalah, akan tetapi terkadang tiap – tiap motor punya kebutuhan berbeda. beberapa mekanik lebih memilih untuk melepas busa filter, tapi sebaiknya busa filter tidak dilepas, karena menimbulkan efek buruk bagi box filter jika dilepas efeknya bisa merubah kevakuman dalam box tersebut sehingga bisa membuat performa motor menurun. namun untuk sebagian motor yang mempertahankan busa filter, bisa disiasati dengan membuat lubang di beberapa bagian box filter untuk melubanginya kira – kira berdiameter 2cm, buat cukup 2 lubang saja tujuannya agar pasokan udara lebih mengalir.

Box Filter Kawasaki Ninja RR

Jika hanya salah satu yang diubah (membran atau box filter) maka bisa kurang stabil Lubang tambahan ini akan mengoptimalkan daya hisap dari ruang mesin, ditambah lagi dengan membran yang terbuka lebih lebar membuat daya hisap udara lebih banyak, efeknya saat berada pada putaran tinggi membran akan tetap stabil saat membuka dan menutup jadi tenaga yang dihasilkan akan optimal diserap mesin.

  • Langkah Terakhir

Setelah menyeslesaikan semua step Setting Motor Ninja 2 Tak pasang kembali semua komponen ke dalam motor brader. kemudian jangan lupa untuk menyetel ulang pompa oli dengan setelan seperti standar pabrik, jika brader menggunakan oli samping racing setelan bisa di iritkan sedikit, setelah selesai baru brader bisa memanasi motor dan melakukan test drive di jalanan.

Jangan lupa untuk mengecek tiap langkah yang dikerjakan mungkin ada yang terlupakan, setingan ini akan berhasil dengan catatan mesin masih layak, piston, ring piston dan silinder blok masih dalam kondisi baik, tidak ada kebocoran di ruang kruk as dan pengapian masih bagus.

Demikian tips – tips mengenai Setting Motor Ninja 2 Tak semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

setting ninja r harian, setting karbu ninja r, setting ninja rr harian, cara setting karbu ninja ss, modifikasi membran ninja r, setting karbu ninja rr knalpot racing, double membran ninja r, fungsi membran ninja rr, membran ninja r, cara setting karbu ninja r
Setting Motor Ninja 2 Tak Standart | Sabian | 4.5