Cara mengatasi Bantingan Shock Motor Matic yang Terasa Keras

Cara mengatasi Bantingan Shock Motor Matic yang Terasa Keras – Beberapa pengguna motor matic sering kali mengeluhkan tentang permasalahan dari shock motor matic yang mereka rasakan. Yaitu, berasa keras bantingannya. Sebenarnya, permasalahan untuk bantingan shock breaker yang terasa keras itu bisa terjadi karena banyak hal.

shock motor matic

Bahkan, berdasarkan salah satu mekanik di Bogor, yaitu Feri Febrian telah menyatakan bahwa beberapa penyebab utama yang bisa membuat bagian shock breaker ini menjadi keras adalah, karena umurnya, asnya, dan juga sealnya. Maka dari itulah, dibutuhkan sebuah penanganan khusus agar dapat menyelesaikan permasalahan yang satu ini dengan baik.

Baca juga: Resiko Membuka Boks Filter Motor Itu Seperti Ini

Karena, sebenarnya usia dari shock breaker dibagian depan motor yang begitu lama itu biasanya bisa membuat kinerja shock menjadi berkurang. Umumnya, hal ini dipengaruhi oleh pemakaiannya. Untuk gejala awal dari shock motor matic yang menjadi keras ini biasanya dimulai dari karena per yang digunakan sudah cukup lama. Sehingga, hal ini menyebabkan kinerjanya menjadi lebih berkurang.

Selain itu, hal ini juga bisa membuat oli shock mengalami penurunan kualitas dengan seiring bertambahnya usia. Selanjutnya, bila dibiarkan begitu saja, hal ini bisa menyebabkan as dan sealnya menjadi rusak. Tentu saja itu artinya bila ada salah satu komponennya tersebut rusak, hal ini akan membuat oli yang ada di dalam tabung shock menjadi berkurang. Kejadian ini tentu saja akan sangat memudahkan Anda untuk mengetahuinya.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Karena bila ada salah satu komponen itu yang bocor, hal ini akan membuat olinya menadi berantakan dan meluber kemana-mana. Maka dari itulah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara membongkarnya. Setelah itu, cobalah untuk melakukan pengecekan satu per satu ke dalam salah satu bagian part yang telah rusak. Bila Anda sudah berhasil menemukannya, maka sebaiknya cobalah untuk menggunakan takaran oli shock yang baru disesuaikan dengan ukurannya.

Takaran paling tepat untuk motor bebek dan juga motor matic adalah sebanyak 70 mililiters sampai dengan 80 mililiter. Sementara untuk ukuran dari motor sport yang kapasitas mesinnya sebesar 150 CC adalah membutuhkan takaran yang sesuai sebanyak 170 mililiter. Ukuran ini sesuai sekali untuk ukuran 1 tabung dibagian shock depan motor.

Agar Anda bisa mendeteksi oli shocknya, maka salah satu cara untuk melakukan pengecekannya adalah dengan cara melakukan pengereman dibagian depan. Setelah itu, cobalah untuk mengayun-ayunkan motor Anda tersebut. Bila nanti rasanya begitu terlalu keras, maka itu artinya adalah terlalu banyak. Namun, bila ternyata rasanya adalah terlalu empuk, namun ketika digunakan untuk berkendara malah semakin terasa lebih keras, maka itu tandanya bahwa oli yang digunaan terlalu sedikit.

Namun, bila untuk setiap per shocknya nanti kinerjanya terasa lebih menurun, maka sebaiknya Anda mencoba untuk menggantikannya dengan yang lebih baru. Sebaiknya, jangan juga membalik pernya. Karena hal ini tidak akan mempengaruhi kinerja dari motor Anda sendiri. Dengan cara membalik per shocknya nanti tidak akan mempengaruhi hal ini. Sehingga, hal ini tidak akan menimbulkan dampak apa-apa. Jadi, akan lebih baik bila memang sudah terasa keras, maka sebaiknya langsung saja diganti dengan yang lebih baru. Hal ini jauh lebih membantu Anda dibandingkan tetap menggunakan shock motor matic yang lama, yang sudah jelas tidak akan membuat Anda nyaman saat sedang berkendara.

Cara mengatasi Bantingan Shock Motor Matic yang Terasa Keras | Sinta Rizki Fadila | 4.5