Biaya Mengurus Sim Hilang 2018

Biaya Mengurus Sim Hilang 2018 – Ada beberapa peraturan wajib yang harus dilkaukan sebagai seorang warga negara yang baik itu. Yaitu, Anda harus mempunyai SIM terlebih dahulu bila Anda ingin mengemudikan sebuah kendaraan bermotor. SIM itu sendiri berguna untuk tanda bukti legitimasi terhadap kompetensi Anda, dan sebagai data forensik kepolisian, dan juga alat kontrol untuk seseorang yang sudah lulus dalam ujian mengemudi kendaraan.

Baca juga: Yamaha Force 155 Kapan Masuk Indonesia

Karena SIM begitu penting, maka dari itulah sanksi yang diberikan bila melakukan pelanggarant erhadap peraturan ini menajdi sangat berat. bahkan, bila sampai tidak memiliki SIM atau tidak membawa SIM saat sedang berkendara itu juga bisa membuat Anda terkena banyak sanksi. Entah itu, untuk hukuman denda ataupun hukuman tindakan yang lain yang memang dianggap harus untuk para petugas yang memang ingin melakukan sebuah pemeriksaan.

Sim Hilang

Tentu saja hal ini sangat penting sekali!lalu, bagaimanakah bila sampai sim hilang/. Atau bahkan ternyata masa berlaku  SIM Anda telah habis tanpa Anda sadari?  Berbeda sekali dengan SIM yang telah hilang. Sim yang mati itu adalah SIM yang sudah tidak dapat dipakai lagi seperti seharusnya. SIM ini umumnya bisa dalam kondisi rusak atau memang sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Beberapa hal yang membuat SIM itu menjadi tdak berlaku lagi adalah sebagai berikut ini:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Masa berlaku sudah habis.
  2. Sim rusak, karena tulisan yang telah tertera pada permukaan sim tersebut tidak dapat dibaca lagi.
  3. Sim didapatkan dengan cara yang tidak sah atau salah.
  4. Terjadi perubahan data diri dari sang pemegang SIM.
  5. SIM telah dicabut secara hukum karena keputusan dari pengadilan.

Maka dari itulah, bila sim hilang, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini:

Pertama, sebaiknya segera laporkan kehilangan Anda segera pada pihak yang berwajib. Mintalah surat kehilangan ini yang menerangkan sebuah kejadian dan berbagai macam barang yang hilang ketika kejadian. Datangi Satpas terdekat berdasarkan area tempat tinggal Anda. namun, sebaiknya jangan lupa juga untuk membawa KTP atau fotokopinya, dan harus ada fotokopi SIM juga.

Kedua, buat surat kesehatan di bagian pemeriksaan kesehatan yang ada di Satpas. Anda bisa mengusur AKDP sendiri di loket asuransi yang ada di Satpas ini. Lakukan pendaftaran segera pada loket pendaftaran setelah itu serahakn semua persyaratan yang diminta. Misalnya saja seperti surat keterangan hilang, AKDP, surat kesehatan, kartu asuransi, dan formulir yang Anda dapat sebagai tanda bukti untuk pengambilan SIM.

Ketiga, jangan lupa untuk segera membayar biaya formulis yang ada di bank di Satpas. Anda bisa mengambil foto secara langsung, beserta sidik jari, tanda tangan, dan melakukan verifikasi diri ulang kembali untuk kelengkapan dari data diri Anda. ambil SIM dengan membawa bukti pengambilan SIM yang sudah Anda daapt sebelumnya.

Untuk biaya sim hilang ini bervariasi. Untuk SIM A, biasanya mencapai 130 ribu rupiah. Sedangkan, untuk SIM C, sebesar 125 ribu rupiah. biaya itu harus dibayarkan ketika Anda kan melakukan sebauh pengurusan SIM ke dalam Satpas. Jadi, pastikan Anda telah mempersiapkan baiya itu ketika Anda ingin mengurus SIM. Sehingga, Anda tidak perlu lagi harus bolak-balik untuk mengurus SIM Anda yang baru tersebut. namun, bila Anda ingin mengurus untuk SIM C dan SIM A sekalian, maka Anda wajib membayar tes kesehatan dan biaya asuransinya sekalian.

Biaya Mengurus Sim Hilang 2018 | Sinta Rizki Fadila | 4.5