Cara Mudah Membuat Sim Online untuk Pemula

Cara Mudah Membuat Sim Online untuk Pemula – Sebagai seorang warga yang taat terhadap hukum, sudah seharusnya bila kita mempunyai surat izin mengemudi atau disingkat dengan sim bila Anda sering mengendarai sepeda motor ataupun mengendarai mobil. Namun, untuk bisa memilikinya ini dibutuhkan sebuah perjuangan yang ekstra keras. Karena Anda harus melewati sejumlah proses yang cukup ribet.

Cara Mudah Membuat Sim Online untuk Pemula

Apalagi bila Anda tinggal pada kota yang berbeda. Maka Anda wajib kembali lagi ke kota asal Anda untuk membuat sim ini berdasarkan domisili dari ktp Anda. Ini adalah peraturan dulu. Untungnya sekarang ini Korlantas telah menciptakan inovasi baru dengan memberikan layanan pembuatan sim online. Sehingga, ini sangat membantu sekali untuk orang-orang yang ingin membuat sebuah sim baru ataupun memperpanjang simnya.

Baca juga: Hati-Hati Ganti Lampu HID dan LED Motor, Jangan Sembarangan!

Jadi, kini Anda tidak harus pulang kampung agar bisa memiliki sim, karena sekarang ini Anda hanya harus mengunjungi situs simnya saja. Yaitu di sim.korlantas.polri.go.id. setelah itu, langsung saja isilah semua form yang tersedia. Selanjutnya, Anda tinggal mengunjungi satpas paling dekat agar segera dilakukan ujian teori dan praktek. Lebih lengkapnya akan kami berikan informasinya di bawah ini:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Pastikan Anda telah mempunyai e-ktp. Karena hanya mereka yang punya ktp jenis ini yang bisa membuat sim online dari situsnya langsung.
  2. Sesudah itu, pilih saja menu pendaftaran SIM. Sehingga, akan muncul sejumlah informasi pendaftaran. Barulah lanjutkan klik lanjut hingga Anda menemukan form permohonan sim baru dan perpanjangannya. Anda bisa menyesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda. Misalnya ingin membuat sim, maka pilih saja sim baru.
  3. Sehingga, akan ada email muncul berisi kode booking yang harus di print out untuk dibawa ke satpas yang sudah Anda pilih.
  4. Setelah itu, lakukan pembayaran dari ATM, teller bank BRI, ataupun dari EDC. Namun buat dulu keterangan sehat dari dokter dan siapkan ktp beserta 2 foto kopinya.
  5. Jika sudah disiapkan semuanya, datang saja ke lokasi satpas ini. Sehingga, pihak kepolisian akan memverifikasi data Anda. Kemudian, Anda akan diminta melanjutkan sesi pengambilan foto, tanda tangan, dan sidik jari.
  6. Setelah itu, lanjutkan dengan ujian praktek dan ujian teori. Jika sudah lulus, maka sim online telah jadi dan siap dicetak.

Biaya Pembuatan Sim Online

Untuk biaya pembuatan sim ini bisa bervariasi, begitu juga untuk perpanjangannya. Dimana lebih lengkapnya akan kami sampaikan di bawah ini, antara lain:

SIM A   

Biaya untuk pembuatan baru senilai 120 ribu rupiah, sedangkan perpanjangannya senilai 80 ribu rupiah.

SIM B1

Untuk biaya pembuatannya senilai 120 ribu rupiah, sementara untuk perpanjangannya senilai 80 ribu rupiah.

SIM B2 

Untuk biaya pembuatannya senilai 120 ribu rupiah, untuk biaya perpanjangan senilai 80 ribu rupiah.

SIM C

Untuk proses pembuatannya senilai 100 ribu rupiah, sedangkan untuk biaya perpanjangannya senilai 75 ribu rupiah.

SIM D

Untuk biaya pembuatannya senilai 50 ribu rupiah, sedangkan untuk biaya perpanjangnnya senilai 30 ribu rupiah.

SIM internasional

Untuk biaya pembuatannya senilai 250 ribu rupiah, sedangkan biaya perpanjangannya senilai 225 ribu rupiah.

Nah, itu tadi adalah sejumlah langkah yang harus Anda jalani dalam membuat sebuah sim online. Sebenarnya caranya sangat mudah sekali. Hanya saja Anda tetap harus mendatangi satgas setempat untuk verifikasi data dan mengikuti ujian dalam pembuatan sim itu sendiri. Sehingga, prosesnya pun menjadi semakin simple.

Cara Mudah Membuat Sim Online untuk Pemula | Sinta Rizki Fadila | 4.5