Spare Part Sepeda Motor Sering Rusak dan Ganti Baru

Spare Part Sepeda Motor Sering Rusak dan Ganti Baru

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Spare Part Sepeda Motor – Sobat otorider hampir setiap hari pasti mengendarai sepeda motor karena bisa bepergian dengan cepat dan lebih efisien dalam menghemat biaya transportasi, namun dari semua pengendara pasti pernah mengalami kerusakan atau kendala pada motor masing – masing, untuk itu brader harus rajin – rajin melakukan perawatan pada onderdil motor yang sering rusak, tahukah sobat otorider onderdil sepeda motor yang sering rusak saat digunakan? jika masih bingung jangan khawatir, crew otorider.net sudah merangkumnya khusus buat brader.

Namun pada kenyataannya banyak pengguna motor yang menyepelekan hal tersebut, Mungkin karena kini sudah banyak bengkel-bengkel khususnya bengkel pinggir jalan yang menyediakan berbagai jenis spare part sepeda motor dengan harga yang murah, namun kualitasnya tidak terjamin, berikut ini ada beberapa jenis spare part sepeda motor yang memang harus diperhatikan agar ketika kita datang ke bengkel untuk service berkala tidak akan keluar banyak uang.

Spare Part Motor yang Sering Diganti

Busi

Busi Denso Iridium

Spare Part Sepeda Motor adalah busi karena umurnya pendek, selain itu busi juga mudah rusak saat terkena air yang menyelip ke rongga busi atau cairan lain seperti oli mesin yang naik ke ruang pembakaran, jika sudah basah, maka busi tidak bisa memercikkan bunga api.

Saran buat brader, agar busi tidak cepat rusak pakailah busi yang sesuai dengan kondisi motor brader, selain itu hindari berkendara saat banjir atau banyak genangan air (jika terpaksa pelankan laju motor).

Kampas Rem

Kampas Rem

Pastinya setiap pengendara motor selalu mengerem, kampas rem baik pada cakram maupun tromol memiliki umur yang relative singkat karena memang selalu dipergunakan saat berkendara.

Untuk memperpanjang usia kampas rem, brader harus memastikan setelan rem tidak teralu kencang dan juga posisi velg atau disk cakram jangan sampai speleng atau tidak rata.

Laher/ Bearing Roda

Bearing FAITO

Walaupun terbuat dari besi yang tebal, jangan dikira onderdil ini awet, pengaruh medan jalan seringkali menjadi penyebab hancurnya bola – bola penahan bearing, saat motor brader melaju menerjang lubang di jalan, tekanan goyangan motor ini lah lama – lama bisa menghancurkan bearing, nah kalau sudah oblak atau aus, laher atau bearing roda bisa membuat velg bergoyang – goyang.

OLeh karena itu gunakan laher atau bearing roda dengan kualitas terbaik, sedikit lebih mahal tidak apa – apa karena sepadan dengan kekuatannya.

Bearing Komstir

Laher Komstir

Nah seperti laher, part ini pun juga cepat hancur saat motor brader menghajar lubang jalanan, apalagi jika salah dalam memasang komstir, umurnya bisa semakin pendek.

Harga komstir orisinil cukup menguras kantong, oleh karena itu sayangilah komstir brader dengan cara melaju pelan di jalanan tidak rata, jika terlanjur rusak, brader bisa mencoba komstir jenis bambu, kualitasnya setara dengan orisinil namun harganya lebih terjangkau.

Bohlam

Bohlam Lampu Motor

Lampu motor memang sering putus, baik itu lampu utama, sein, rem maupun bohlam speedometer, seringkali hal ini dikarenakan kelistrikan motor brader sedang tidak stabil dan bermasalah, bisa juga karena kualitas bohlam yang buruk.

Brader bisa mengecek dulu kelistrikan motornya, jika masih bagus berarti kualitas bohlam lah yang jadi masalah, agar awet brader bisa mengganti bohlam standar dengan bohlam LED karena watt-nya memang lebih kecil dan umurnya lebih panjang.

Aki

Aki Basah dan Aki Kering Motor

Aki motor memang sering bermasalah, biasanya memang karena tekor, hal ini terjadi akibat motor brader kelebihan beban listrik atau ketinggian air aki tidak sesuai (aki basah).

Sebagai pencegahan brader bisa mengurangi beban listrik atau mengubah sistim kelistrikan motor standar menjadi fullwave agar pengisian ke aki lebih besar dan tidak cepat tekor.

Seal Karet

Karet Seal Motor

Seal yang paling cepat habis ada dibagian shockbreaker, kruk as dan pompa oli, seal rusak biasanya akibat goncangan yang besar dan suhu mesin terlalu panas sehingga seal memuai.

Gunakan seal asli agar lebih awet, selain itu berkendaralah dengan santai guna mengurangi guncangan hebat dan bisa sekaligus mengatur napas dari motor agar tidak overheat.

Kabel Kopling

Kabel Kopling

Khusus motor kopling, kabel ini lumayan sering putus atau agak seret, hal ini terjadi karena kabel berkarat karena kehujanan dan seiring dimakan waktu, apalagi jika kualitasnya jelek.

Berikan pelumas pada kabel kopling agar tidak mudah berkarat.

Gearset dan Rantai

Gear Set Motor

Sebenarnya onderdil ini umurnya agak lama, namun karena penyetelan yang buruk mengakibatkan umurnya jadi pendek, biasanya penyetelan terlalu kencang membuat beban motor semakin berat sehingga part ini mudah aus dan kendor.

Sebagai pencegahan gunakan gearset berkualitas dan pastikan setelannya pas, agar lebih kuat brader juga bisa menggunakan chain tensioner agar rantai tidak mudah kendor.

Ban

Ban Motor

Komponen ini kalau tidak sering bocor ya kempes atau terepes, penyebabnya bervariasi bisa karena tertusuk paku (kalau ini memang nasib) atau setelan komstir yang oblak sehingga posisi roda tidak center, selain itu beban berlebihan juga menjadi penyebab ban mudah kempes, penyebab lain karena ukuran ban terlalu kecil dan tidak sesuai antara ban luar dan ban dalam.

Agar ban awet, gunakalah ban berkualitas, selain itu pastikan beban motor jangan berlebihan (bawa barang/ bonceng terlalu berat/ banyak), pastikan juga ukuran ban dalam dan luar seimbang.

Oli Mesin

Jenis Oli Motor

Oli juga sangat vital, karena oli adalah pelumas bagi mesin sepeda motor, jika olinya saja sudah encer dan hitam, tentu ini akan merusak mesin apalagi jika motor tersebut untuk perjalanan jarak jauh maka ini akan membuat mesin menjadi aus, jika terjadi seperti itu maka mesin akan rusak dan macet seketika dan ini bisa berpengaruh pada komponen lainnya, oleh karena itu usahakan selalu mengganti oli minimal 1 bulan sekali untuk menjaga mesin tahan

Demikian ulasan mengenai Spare Part Sepeda Motor semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

spare part motor yang paling laku, jenis jenis sparepart motor, spare part motor yang sering diganti, nama nama onderdil motor dan gambarnya, spare part motor matic, macam macam onderdil sepeda motor, spare part motor yang cepat laku, serpis dan ganti onderdil nya bisa gk di deler motor, jenis sparepart motor, onderdil motor yang cepat laku
Spare Part Sepeda Motor Sering Rusak dan Ganti Baru | Sabian | 4.5